Cara Bermain Game Solitaire untuk Pemula


Game solitaire dan nostalgia.

Bagi sebagian besar orang, dua hal ini mungkin padanan yang cocok. Generasi millenial mungkin bisa menambahkan sederet hal lain untuk melengkapi nostalgia di sekitaran era itu, seperti wordstar dan lotus juga rental komputer dan warung internet. Hayooo..ada yang langsung terbayang?

Faktanya, permainan solitaire memiliki sejarah yang jauh lebih panjang ketimbang komputer. Beberapa sumber menyebutkan, solitaire sudah terlacak sejak abad 17. Memang, pada awalnya, permainan solitaire masih menggunakan kartu fisik. Kepopuleran solitaire meningkat pesat di era 1990-an seiring dengan alih wujud ke dunia digital.

Adalah Wes Cherry, pegawai magang Microsoft yang memiliki ide untuk membuat permainan solitaire di komputer. Konon, ide cemerlang itu muncul karena rasa bosan. Di era itu, tren game memang belum seperti sekarang. Solitaire yang menjadi game bawaan sistem Windows segera merebut perhatian banyak orang.

Eh…tapi ada lho yang baru bisa atau bahkan belum bisa main solitaire…

Aku termasuk orang yang baru bisa main solitaire lho. Itu juga karena diajarin suami (haha, thanks pak misyua…❤️❤️). Jadi, kalau teman_DW punya nostalgia memainkan solitaire, nostalgiaku sih sebatas lihat keasyikan orang memainkannya di rental komputer. Terutama si mas-mas penjaga rental sih, kami yang ng-rental mah cepat-cepat pakai kompi-nya biar hemat.๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Entah kenapa dulu aku sama sekali nggak tertantang untuk belajar memainkannya. Kalau ada acara kumpul-kumpul dan pada main kartu, aku juga nggak tertarik join. Aku sudah merasa ribet duluan sih. Padahal, setelah tutorial singkat, ternyata cara dasar bermain solitaire itu sederhana lho. Dan ketika bisa memahami tutorial itu, ada semacam perasaan hepi dan bangga karena “menguasai ketrampilan baru." Haha, lebay ya… Tapi kesenangan dan kebanggaan memang bisa tumbuh dari hal sederhana bukan?

Aku memang belum bisa dibilang mahir, tapi setidaknya aku sudah beberapa kali menang (haha..syombooong). Bocilku yang baru kelas dua SD malah lebih cepat paham ketimbang aku. (Ya iyalah…umumnya generasi Z sih sudah kenal game digital sejak dini). Kami bermain berama lho... Bermain solitaire yang sering dimainkan sendirian, ternyata juga bisa jadi sarana bonding dengan anak.

Aku nggak ngerti, saat ini game solitaire masih jadi bawaan Windows atau tidak. Di laptopku sih dulu sempat ada aneka games (termasuk solitaire) tetapi aku hapus karena alasan kapasitas memori. 

Kalaupun tidak ada di sistem komputer/laptop, kita tetap bisa memainkannya di www.solitaire.org. Dengan basis web, kita bisa  memainkan game ini di handphone tanpa harus mengunduh lebih dulu. Cocok banget kalau kita bermasalah dengan kapasitas memori atau memang tak mau mengunduh game karena alasan tertentu.

Nah, barangkali ada teman_DW yang pengin bisa bermain solitaire, aku bagikan tutorial dasarnya : 

▶️ Buka www.solitaire.org

▶️ Pahami tujuan permainan. 
Permainan solitaire bertujuan untuk mengurutkan kartu menjadi empat kelompok berdasarkan gambar (♠️, ♥️, ♦️, ♣️),  angka (2-9), dan warna (merah dan hitam). Hasil akhir dari game ini adalah kelompok kartu di masing-masing gambar dengan susunan AS, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, Jack, Queen, dan King (tak ada joker) sesuai warna masing-masing. Gambaran susunan akhir kartu adalah seperti ini : 



Begitu kita memulai permainan, akan tampak beberapa bagian kartu, yaitu : 

▶️ Goals yang merupakan empat kotak kosong untuk mengurutkan kartu sejalan tujuan permainan.
▶️ Piles, yakni tumpukan kartu tertutup yang harus diturunkan/disusun.
▶️ Column, yakni tujuh kolom untuk penyusunan sementara. Pada saat membuka game, di kolom sudah ada barisan kartu acak yang nantinya harus disusun bersama dengan kartu dari piles.

game-solitaire
tangkap layar game solitaire


Cara menyusun kartu : 

Perhatikan kartu di muncul di layar gawai. Kartu AS adalah prioritas untuk ditempatkan di masing-masing kotak goals. Kalaupun kartu AS belum ada di tampilan awal, kita tetap bisa mulai bermain dengan cara menurunkan kartu dari piles. Pada kolom, kartu boleh disusun tanpa memperhatikan kesesuaian gambar. Namun, kartu harus disusun selang-seling warna dengan urutan mengecil (King paling atas). Kira-kira seperti ini ketika permainan tengah berlangsung (belum selesai) : 

game-solitaire
Tangkapan layar game solitaire


Strategi permainan :

Namanya game, tentu butuh strategi dong. Nah, bagian inilah yang mengasyikkan dari permainan solitaire. Karena aturan selang-seling warna dan nomor mengecil tadi, tidak semua kartu dari piles bisa langsung diturunkan ke kolom. Bahkan, di urutan tertentu, kita bisa saja menyusun urutan tanpa menurunkan kartu dari piles. Saat bermain solitaire, kita harus bisa melihat keseluruhan susunan kolom untuk memutuskan sebuah kartu diturunkan atau tidak.

Dari pengalaman beberapa kali menang (haha, setidaknya sudah pernah menang ya kan..), aku mengambil pelajaran untuk tidak selalu buru-buru menaikan kartu ke goals. Sebab, bisa jadi kartu tersebut masih diperlukan untuk membantu menyusun urutan kartu-kartu yang lain. Teman-teman yang sudah suhu bermain solitaire bisa berbagi tips and trick di kolom komentar yaa…

Permainan selesai ketika semua kartu sudah terbuka di kolom maupun di piles sudah terbuka (habis). Nggak perlu repot-repot menyusun ke goals kok, sebab ketika di kolom sudah tersusun, maka kartu akan otomatis terangkat ke goals.

Hmmh… ternyata memang mengasyikkan.  Pantesan dulu banyak yang betah main solitaire. Mana nggak perlu top-up seperti games zaman sekarang. Permainan solitaire juga bisa dihentikan kapan saja, nggak seperti games online yang bisa bikin partner main protes kalau kita tiba-tiba stop.

Games lain

Web solitaire.org tidak hanya menyediakan permainan solitaire klasik lho. Di sini ada banyak variasi permainan kartu seperti klondike (yang sama aja sih kayak solitaire klasik, cuma beda warna), spider, freecell, pyramid, dan lain-lain. 

Tangkap layar game spider 


Aku sudah coba game spider yang level easy. Dasar permainannya sama, yakni menyusun kartu sesuai urutan. Bedanya pada spider hanya ada satu kotak goal yang akan langsung menampung urutan kartu yang sudah tersusun. Selain itu hanya ada lima kali kesempatan untuk menaikkan barisan kartu yang tersembunyi di piles. Kalau sudah bisa main solitaire, mudah kok memahami cara permainan spider. Memahami bukan berarti mahir yaaa…hehehe.

game-freecell
tangkap layar game freecell


Permain lain yang juga sudah aku coba adalah freecell. Pada dasarnya ini juga menyusun empat kartu berdasarkan gambar, warna, dan urutan angka. Tapi entah deh, belum berhasil menang main freecell. Butuh tambah jam main kali yaa..hehehe.

Oh ya, web ini juga punya banyak permainan yang tidak berbasis kartu lho. Aku sudah mencoba main hidden object yang sesuai namanya yakni mencari obyek tersembunyi. Permainan sederhana tetapi butuh ketelitian dan mata yang awas. 


Ketelitian dan ketajaman penglihatan juga diperlukan kalau bermain Word Search. Tampaknya sederhana, yakni hanya mencari kata tersembunyi di antara barisan huruf. Macem pelajaran anak TK ya kan… Eh tapi ternyata butuh effort juga lho… Asiknya sih bisa sambil belajar menambah kosakata Bahasa Inggris juga. 

word-search
Word Search


Aku menyukai permainan-permainan di atas karena dibilang rumit ya memang rumit, tetapi dibilang simple ya memang simple. Haha..agak susah ya deskripsinya. Lumayan sih untuk mengusir bosan dan mungkin bagus juga untuk mencegah demensia. 

Bagaimana dengan teman_DW, sudah mahir main solitaire? Atau baru bisa main? Atau bahkan belum bisa main solitaire? Bisa cerita di komentar yaaa….


 








57 komentar untuk "Cara Bermain Game Solitaire untuk Pemula"

  1. Mainan aku dulu mbaaa.. Jaman belum ada game online di hp. Game masih donlot. Skrg mah udah dipermudah yaa ada web solitare. Bener balik nostalgia lagi nih.. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. samaa.. kalo dulu molly main di komputer pas SD. Trial and error, lama2 ngerti dan sering menang. Soalnya cara mainnya mudah banget ternyata,

      Hapus
  2. Permainan yang tak lekang oleh masa ini mah, tetap dimainkan di masa sekarang apalagi sudah bawaan laptop. Bagaimana pun tetap tertantang untuk memainkannya. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ga bosenin ya, Mba. Mainannya evergreen. Ga lihat usia. Anakku suka banget nih main solitare

      Hapus
  3. paporit game waktu punya komputer yang ukurannya gede itu. sambil melepas stress ngerjain tugas, pindah bentar deh main game solitaire :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss
      Saya juga suka permainan ini
      Makanya sangat suka mainkan kalau anak anak pas tidur semua

      Hapus
  4. Solitaire tu salah satu game yang ada di komputer dan kumainin jaman kuliah dulu, selain zuma. Haha, ada yang suka main zuma juga ngga?

    Paling seneng kalau berhasil trus muncul kembang apinya. Nostalgic! :)

    BalasHapus
  5. Solitaire ini legend ya
    Emang asik gamenya
    Sekarang kalo pengen main tinggal buka web nya aja ya

    BalasHapus
  6. Hwaaa jadi inget banget dulu sering main solitaire di kelas pas masih SMA. Sekarang enak ya bisa main online. Eh di situs ini juga bisa main games lainnya yaaa, aku juga udah coba kok. Seru deh!

    BalasHapus
  7. Game legend ini, mainanku dulu zaman masih kuliah, kalau lagi bete langsung deh main solitaire, semangat lagi. Paling seneng kalau udah menang, berasa jadi ahli main kartu wkwkwk. Ya ampun, jadi ingat dulu monitor komputerku gendut banget zaman itu, pernah kelamaan main game ini, mama masak nasi eh listriknya langsung jeblok.

    BalasHapus
  8. Ini game kesukaan molly banget pas SD. Mainnya dulu otodidak akhirnya ngerti sendiri dan sering bgt menang hahaa

    BalasHapus
  9. Aku bisa main solitaire, mbak Lisdha. Kadang menang, kadang kalah. Paling sebal kalau main lawan komputer wkwkwkwkwk dia akan selalu menang :D Asyiknya kita bisa me time main solitaire gratis di website tanpa perlu mengunduhnya ya :D Abis ini mau main lagi ah. Yuk, kita battle kapan2 wkwkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata di Solitaire.org ini masih banyak jenis games online gratis lainnya. Barusan aku bermain The Palace Hotel, Candy House dll, mak. Main kartu Solitaire itu bikin gemas dan makin penasaran kepengen selalu menang lawan komputer ya hahaha :D

      Hapus
  10. terima kasih atas tutorialnya mba, aku termasuk yang gak jago main game ini, jadi kalo main sekdar washing time aja, hahaha

    BalasHapus
  11. Aku dulu banget suka main solitaire, jadi ketika kemarin nyari game online yang nggak perlu install aplikasi, seneng banget nemu game solitaire ini. Dan kesukaanku sama dengan mba Lisdha, main game Hiden Kitchen, gemes sih kalo nyari barang yang bersembunyi, ahahaahaa

    BalasHapus
  12. Wuih solitaire ini adalah game online pertama (selain tetris, eh gak keitung ya?) yang aku mainin di PC

    BalasHapus
  13. Meskipun game solitaire ini game lama. Kadang-kadang saya memainkannya juga. Hal itu biar bisa mengurangi stres di otak setelah seharian full mikir di kantor.

    BalasHapus
  14. Permainan solitaire ini udah sering aku mainkan sejak kecil dulu. hampir tersedia di semua pC. lumayan bisa jadi hiburan. sekarang lebih mudah ya mbak karena di website solitaire bisa main beragam permainan ga perlu install app

    BalasHapus
  15. Saya dulu sukanya main solitaire saja di komputer, Mbak Lis. Makin senang pas tahu ada solitaire.org ini, macam2 modelnya.

    BalasHapus
  16. zaman kuliah aku juga maen games yang kartu itu sekarang ternyata lebih keren euy, bolehlah entar mampir ke games solitaire

    BalasHapus
  17. Aku main solitaire. Ingatnya ya K, Q, J, 10 sampai As. Waktu zaman dulu main di komputer kayanya gampang. Pas nyoba online, butuh strategi juga ya. Mungkin karena udah lama gak main. Jadi agak-agak

    BalasHapus
  18. Aku main solitaire. Ingatnya ya K, Q, J, 10 sampai As. Waktu zaman dulu main di komputer kayanya gampang. Pas nyoba online, butuh strategi juga ya. Mungkin karena udah lama gak main. Jadi agak-agak

    BalasHapus
  19. aku sukanya main solitaire yang klasik mbak, lebih mudah dan familiar hehe sampai sekarang juga kalau udah nulis mentok, aku asah otak dengan main solitaire jadi refresh lagi

    BalasHapus
  20. Main games seru jaman dulu tuh gini ya..
    Main solitair yang banyakan kalahnya daripada menangnya. KZL tapi masih terus lanjoott main, hihihi.. Kalo diinget-inget lucu juga.
    Mari kini kita mulai main di Solitaire.org

    BalasHapus
  21. Game pertama saat pertama kali kenal komputer
    Itupun komputer yang layarnya masih kayak box
    Berat dan jadul wkwkwk

    BalasHapus
  22. Aku main ini dulu nggak pernah menang, dulu main ini komputer masih paket disket, layar gede lagi

    BalasHapus
  23. Belum pernah main game solitaire. Ternyata cukup legend ya. Dan sekarang bisa diakses lewat website ga perlu download jadi ga repot

    BalasHapus
  24. Wah rupanya aku termasuk gen Z yang kudet juga ya ๐Ÿ˜† Karena sejujurnya aku baru tahu ada game yang namanya Solitaire. Makanya jangankan memainkannya mendengar namanya pun baru kali ini.
    Tapi kalau untuk permainan kartu, aku sering melihatnya walaupun tidak pandai main. Kalau game online-nya aku baru tahu

    BalasHapus
  25. Ini game kesukaan aku dulu karena game ini selalu mengingatkan aku dengan lagunya The Carpenters yang judulnya sama Solitaire.

    BalasHapus
  26. Jadi teringat, dahulu pergi ke rental komputer hanya sekedar untuk main Solitaire. Sekarang ga perlu lagi, karena bisa kita akses secara mudah berbekal internet. Saya suka main Hidden Object dan Daily Word Search juga, Kak

    BalasHapus
  27. Aku ingat permainan ini, tapi gak pernah paham caranya, hahahaaa.... Thanks for sharing tapi ya, Mbak, meski aku tetep bingung. *dasar aku :D

    BalasHapus
  28. Ini game nostalgia banget, jadi teman pas bikin tugas selama kuliah kalau lagi bete, langsung buka Solitaire. Aku belajar main kartu dari game ini lho wkwkwk padahal sebelumnya ngak bisa main kartu, pas menang rasanya bangga banget hahaha

    BalasHapus
  29. Game pertama yang kukenal pas punya komputer, tahun 2002. Jenuh nugas, main solitaire dulu biar refresh. Segitu udah seneng banget loh waktu itu.

    BalasHapus
  30. Aku malah belum tahu yang mana solitaire itu, Mbak. Kemana saja aku selama ini, xixixi. Tapi memang aku tidak bisa main game juga.

    BalasHapus
  31. Dulu saat masih awal kerja, saya suka main solitaire, lomba sama teman kerja, menang dengan langkah paling sedikit. WAh seru deh pokoknya

    BalasHapus
  32. Game favorite aku nih Solitaire ini. Aku main game itu sejak zaman kuliah. Sampe sekarang gak pernah ada bosennya. Kalo sekarang mah banyak variasi dan banyak situs yang nyediainnya. Aku dulu main di PC jadul ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  33. Solitaire tuh permainan yang bikin gemes. Bisa dibilang perpaduan antara benci dan cinta. Game INI bikin kecanduan banget tapi juga bikin kesel kalau nggak bisa nyusun kartunnya.

    BalasHapus
  34. Sama mba, saya pun pas diajari suami baru paham permainan kartu Solitaire ini. Ternyata Solitaire banyak jenisnya ya sampe bingung saya kalau dipelajarin semua hihi. Selain itu di dalam websitenya ada banyak permainan non Solitaire yang bisa dimainkan ya :) (iidyanie.com)

    BalasHapus
  35. mainan legendaris banget sejak windows masih unyu, hahaha ... bikin kecanduan bahkan pas lagi sibuk-sibuknya kerja. Tengkiyu untuk tipsnya.

    BalasHapus
  36. zaman internet masih mahal dulu sukanya aku main ini dulu. sekarang udah makin banyak pilihan game online, ya

    BalasHapus
  37. solitaire, game legend ini mbak.
    Game pertama yang saya kenal dan mainkan.
    Seneng banget klo bisa sukses menyusun kartu-kartunya.

    Baca ini terus daku mengingat-ingat kapan terakhir main solitaire. Di laptop udah nggak ada game ini.
    Wih asyik nih kalau bisa main solitaire lagi tanpa perlu install, bisa lewat web saja

    BalasHapus
  38. Ya ampun, gim komputer yang jadi mainanku sejak kenal komputer pas jaman SMP ini... hahaa seru banget sih ya, strateginya mesti jitu supaya bisa menang terus.. mungkin anak jaman now gak pernah ada yang mainin ini kali yaa?

    BalasHapus
  39. Waah dejavu ini, main game solitaire emang cocok deh buat emak kayak aku yg gak bisa main game yang was wes wos bikin tegang hahaha

    BalasHapus
  40. Yaampun udah lama banget gak main solitaire, hahaha. Seru sih emang mainan ini, tanpa terasa bisa bikin lupa waktu. Dan bener, emang harus pakai strategi supaya kartu bisa habis. Paling puas kalau sisa kartu masih banyak, tapi sudah bisa selesai, jadi kartunya yang pindah sendiri karena jalannya memang sudah terbuka semua, ihihi

    BalasHapus
  41. Ini jaman tahun 1990 an aku main ini. Dan emang bikin happy banget karena bisa memaksimalkan bermain tanpa ribet. Permainannya juga seru ya mba

    BalasHapus
  42. Mainan lama ini, legend tapi tetap asik dimainkan sekrang ya mba, seru kalo lihat kawan2 main ini

    BalasHapus
  43. waaah ini permainan klasik banget yaaa mba. Aku masih suka main juga kalau ada waktu dan iseng hehe, Memang asyik mainnya

    BalasHapus
  44. Cocok banget ini untuk mengisi waktu, apalagi kalau antri ya biar enggak bosan main games dulu deh

    BalasHapus
  45. yang klasik memang selalu asik buat dikulik ya, dan yes solitaire adalah games pertama yang aku mainkan di PC sih

    BalasHapus
  46. Game andalanku banget ini, Solitaire. Dulu bisa betah banget main game ini kalau pas ada waktu luang. Karena memang seru dan bikin ngasah otak juga sih. Mikir strategi gimana bisa menang dengan cepat juga biasanya aku. Sampe sekarang juga kadang masih main kalau pas sempat.

    BalasHapus
  47. Aku sampai sekarang belum bisa main Solitaire, hehehe. Kalaupun masuk ke solitaire.org, aku nyari game lain yang aku bisa. Aku suka main game di Solitaire ini karena tidak harus install sih, lebih praktis.

    BalasHapus
  48. solitaire ini game sukaanku banget. kalau butuh yg santai gitu. heheh..
    ga perlu banyak mikirnya ini kaann

    BalasHapus
  49. Serasa nostalgia baca postingan ini. Solitaire itu games paling favorite pas aku lagi ngerjain skripsi. Rehat sejenak main game untuk refresh pikiran yang mentok ide

    BalasHapus
  50. Mpo main Solitaire diajarin sama mama . Dulu mah main pakai play station .favorit mpo nih permainan

    BalasHapus
  51. Nostalgia banget sih main di Solitaire.
    Asiknya gak perlu instal apps jadi bisa lebih ringan main di website. Seru kalo mainnya pas lagi jenuh ato bareng anak-anak.

    BalasHapus
  52. Saya kalau solitaire seneng mainnya spider Solitaire. Game lain suka candy House, Zuma Legend ama The Hotel Palace. Meski game lama tetep suka mainnya Kaya Zuma ama Spider Solitaire

    BalasHapus
  53. wah saya juga suka main games ini dari kecil dan enak ya sekarang bisa main games ini secara online

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya. Mohon tidak meninggalkan link hidup dalam komentar ya :)