Bolehkah Memandikan Anak Saat Demam?


Bolehkah memandikan anak saat demam? Dulu, saya memahami “boleh tidak mandi” atau bahkan “dilarang mandi” sebagai privilese kalau sedang sakit. Sependek ingatan tentang masa kecil, saat sakit (yang ditandai dengan gejala demam), memang biasanya boleh tidak mandi. Bahkan, sepertinya memang dianjurkan supaya tidak mandi saat demam.

Jadi berusaha mengingat-ingat deh, pernah nggak ya waktu kecil pura-pura sakit gara-gara males mandi? 😆😆

Hingga menjadi ibu baru di era internet, saya masih menganut kebiasaan itu lho. Ketika anak sakit, saya tidak memandikannya. Membersihkan badan anak ketika sakit bisa dilakukan dengan cara mengelap menggunakan kain basah (atau malah tissue basah…waduh, kok nggak go green yah?)

Namun, kebiasaan itu berubah setelah kelahiran si anak kedua, Elo. Terutama setelah dia bersikap anti-pati terhadap minum obat. Saya jadi bertanya pada tenaga kesehatan, juga mencari informasi di internet seputar “bolehkah anak mandi saat demam?” Penolakan Elo minum obat juga pernah saya ceritakan di sini. Saking embuhnya, bisa deh dia disebut drama-prince soal minum obat. 

Eh, kayaknya jarang ya istilah drama untuk kaum maskulin? Kata drama biasanya menyambung dengan perempuan… noh drama-queen. Nah kalau buat anak-anak bisa kali ya dipakai istilah drama-princess. Tetapi, Elo kan anak cowok, masa dibilang drama-princess.

Sebelum kasus gagal-ginjal pada anak-anak, sirup paracetamol adalah obat penurun panas yang umum sekali dipakai ibu-ibu nusantara. Hhmm.. sekarang bagaimana sih kelanjutan cerita sirup-sirup obat berbahaya ini? Saya belum update lagi.

Masalahnya, Elo itu antipati sama segala jenis obat, termasuk paracetamol sebagai pertolongan pertama pada demam. Waktu itu, sepertinya saya belum pernah mencoba ibuprofen. Belakangan, saya curiga kalau dia alergi ibuprofen. Soalnya wajahnya bengkak sesaat setelah di-tes injeksi ibuprofen ketika opname di sebuah rumah sakit.  

Jadi, dulu pas masih fase anti-obat, upaya menurunkan demam saya lakukan dengan tindakan non-oral. Upaya menurunkan demam tanpa obat ini pastinya sudah biasa dilakukan oleh banyak orangtua. Tetapi, ada lho tips yang  berbeda 180 derajat dari tindakan yang banyak dilakukan orangtua di zaman dulu. Berikut beberapa tips menurunkan demam tanpa obat yang saya peroleh dari berbagai sumber : 

♥️ Menggunakan ramuan tradisional. Ramuan di sini jelas yang non-oral, seperti membalur tubuh anak dengan minyak kayu putih dan parutan bawang merah. Saya sering melakukan ini sambil bercanda ke anak : “yuk badannya Bunda bumbuin.” Lagi sakit perlu dong diajak bercanda, kan hati yang gembira adalah obat.
 
♥️ Perbanyak konsumsi cairan. Kenaikan suhu tubuh saat demam membuat anak rentan dehidrasi. Pada anak yang masih sangat kecil, demam satu - dua hari saja sudah bisa membuat matanya tampak cekung. Masalahnya, ketika demam, kadang anak saya malah malas minum. Supaya mau minum, air putih saya ganti/variasi dengan cairan lain, seperti air kelapa muda atau minuman isotonik.

♥️ Memberi makan hangat dan bergizi. Memberi makanan hangat seperti sup ayam dengan sayuran bisa membantu menurunkan demam. Dalam sup ayam dan sayuran terkandung protein dan vitamin untuk pemenuhan kebutuhan gizi. Kalaupun anak sangat-malas-makan bagian padat, setidaknya ada cairan (kuah) yang membantu mengurangi dehidrasi. 

♥️ Istirahat yang cukup. Ada anak-anak yang maunya masih beraktifitas (main fisik) walaupun badan sudah menunjukkan gejala demam. Mengajak dan menemani anak untuk beristirahat akan membantu menurunkan demam.

♥️ Mengenakan pakaian yang tipis, menyerap keringat, dan nyaman. Dengan mengenakan pakaian yang tipis dan menyerap keringat, panas tubuh jadi lebih mudah keluar. Hal ini adalah ilmu yang baru saya peroleh setelah saya menjadi orangtua. Sependek ingatan saya, dulu ketika kecil, kalau demam justru dikenakan baju hangat, juga selimut. Alasannya, biar keringat keluar sehingga cepat sembuh. Padahal, dengan mengenakan pakaian tebal (apalagi ditambah selimut yang juga tebal), panas tubuh malah jadi terperangkap dan sulit keluar. 

♥️ Kompres dengan air hangat. Kompres hangat akan membuat tubuh mengirim sinyal pada otak untuk menurunkan suhu. Ini juga merupakan langkah yang saya tahu setelah menjadi orangtua. Dalam kenangan masa kecil, untuk demam diberikan kompres air dingin. Bahkan, kalau ada sih dikasih kompres air es. Dulu saya juga hanya tahu kompres ditaruh di bagian dahi. Sepertinya, kalau ada komik orang sakit kan ditaruh kompres di dahi yaaa… Setelah berurusan dengan anak sakit, baru deh update pengetahuan kalau kompres demam sebaiknya menggunakan air hangat. Selain di dahi, kompres hangat juga akan lebih efektif ketika diletakkan di beberapa bagian tubuh lain, yakni leher, ketiak, dan area selangkangan.

Memandikan Anak Saat Demam

Lalu, bagaimana dengan memandikan anak saat demam? Haha, jawaban pertanyaan di awal tulisan malah ada di bagian paling akhir. Ini seperti kalau makan dengan lauk kesukaan, tapi makan nasinya dulu sampai habis, baru pelan-pelan menikmati lauknya di sesi terakhir. Save the best for the last. 

Seperti saya tulis di atas, awalnya saya menganut kebiasaan lama, yakni tidak memandikan anak ketika mereka demam. Namun, langkah kompres di beberapa bagian tubuh malah sering mengakibatkan pakaian, bahkan selimut dan kasur, jadi ikutan basah. Nah, kenapa nggak dimandikan sekalian pakai air hangat sih? 

Saya pun bertanya pada orang yang kompeten plus mencari informasi dari internet. Eh, ternyata boleh lho memandikan anak saat demam.

Namun, ada hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memandikan anak saat demam, yakni : 

💕 Perhatikan kondisi anak, apakah memang masih memungkinkan untuk dimandikan. Jika anak terlalu lemas, sepertinya sih cukup lap saja.

💕 Gunakan air hangat, bukan air dingin atau air panas. Seperti kompres, air hangat akan mengirim sinyal pada otak kalau tubuh perlu didinginkan. Air dingin akan bekerja dengan cara sebaliknya dan mengakibatkan badan semakin menggigil. Sedangkan air yang terlalu panas bisa membuat kulit anak terluka.

💕 Jangan mandi terlalu lama. Durasi 10-15 menit sudah cukup untuk mandi saat demam. Saya juga tidak mengeramasi anak karena rambut akan kering lebih lama.    

💕 Selesai mandi, gunakan handuk sampai benar-benar kering, lalu kenakan pakaian yang kering dan nyaman.

Sekarang sih, Elo sudah bisa minum obat (Praise The Lord). Namun, mandi saat demam tetap akan menjadi kenangan masa kecil yang layak diingat ketika nanti ia besar. Oh ya, waktu itu, dia kadang nggak sekadar mandi deng, tapi sampai berendam sebentar.😁😁

Bonus foto foto lama, sebentar berendam air hangat saat demam :









17 komentar untuk "Bolehkah Memandikan Anak Saat Demam?"

  1. Aku waktu dulu masi belum tau kalau ternyata mandiin anak saat sakit tuh boleh2 aja. Pas lagi nggak kedinginan dan air hangat yaa. Itu asyik banget yg berendem deek..
    Oh ya dulu itu kalau sakit pasti jaketan semua tebal padahal pakaian yg senyamannya aja ya yg betul

    BalasHapus
  2. eh saya pun penganut itu lho mbak, tidak memandikan anak saat demam, memberi kelonggaran pada anak yang lagi sakit untuk tidak mandi. Gara-gara ini pernah berantem sama suami, karena menurut suami biarpun sakit anak tuh mesti tetap jaga kebersihan, alias mesti mandi.

    Kalau anak lelaki, mungkin pakai istilah drama king aja mbak

    BalasHapus
  3. Aku juga salah satu korban doktrin ortu yang bilang jangan mandi saat sakit atau demam wkwkwkw. Padahal kalo sama dokter jaman now malah direkomendasikan berendam dengan air hangat lho. Tapi ya sama banyak minum air putih itu.

    BalasHapus
  4. Saya pun begitu Mba, anak Demam seringnya waslap aja jarang mandiin. Kecuali kalau udah mau sembuh baru dimandiin air anget biasanya. Nah kompres pun kadang pakai air dingin padahal lebih baik kompres air anget ya, Mba

    BalasHapus
  5. ini molly banget. dulu pas masih SD dilarang mama mandi kalo lagi demam. Tapi pas udah SMA, bau dong ya bin gerah, jadi tetep dipaksain mandi kalo gak pusing kepalanya.

    BalasHapus
  6. aku salah satu ibu yang tetap memandikan anak saat demam mak, tapi kalau pas demam hanya 1x sehati dan itu menggunakan air hangat. Selain buat dia nyaman juga sekalian bersih-bersih juga.

    BalasHapus
  7. Aku tim memandikan anak sejak awal, mungkin krn jauh dr ortu jd suka mutusin sendiri ya sesuai pengetahuan yg didapat. Soalnya mikirinya malah kasian anaknya sakit ntr makin banyak kuman nempel, sakitnya gak sembuh2 donk. Jalan keluarnya mandiin pakai air anget, lumayan juga buat meredakan demam. Apalagi kalau zaman bayi dulu kan malah berendam di bak mandinya.

    BalasHapus
  8. Kalau aku tetap mandi mba ketika anak demam. Minimal badan anak jadi lebih bersih. Dan tentu airnya jangan pas dingin dingin banget. Anak juga berasa dari segar

    BalasHapus
  9. Akutu kalo baca tulisan kak Lis berasa relate banget.
    Suka gini juga sih.. pake alesan save our earth tus gak mandi, alalaaa... hahaha.. Itu hanya buatku.
    Kalo sama anak-anak aku suka ajakin mereka mandi. Kan masih cimit-cimit ya... gaboleh males.

    Kalau anak demam, kalo masih rawat jalan aja, aku biasain mandi.
    Tapi kalau uda demam yang sampe tidur banget di rumah sakit, suka aku sibin siih.. di lap-lap aja.
    Asal gak ada jaring laba-labanya ((hihi..istilah aku kalo anak gak mandi suka ada mini-mini daki yang ada di selepitan jari jemari atau leher)).

    BalasHapus
  10. justru kalo anak demam aku tetap mandiin dia mba, biar seger gitu, ternyata gapapa ya

    BalasHapus
  11. Lucu amat si Elo masuk ember gitu. Di sekitarku masih percaya kalau demam tuh malah selimutan. Kalau aku sekarang, malah kipas-kipas. Kalau sakitnya sampai kaki dingin, baru kaki doang yang diselimutin

    BalasHapus
  12. Aku penganut resep tradisional slm 3 hari kalau ga sembuh baru ke dokter atau obat....kalau kata ibuku dulu urusi anaknya bos yg di arab dimandiin kalau demam.

    BalasHapus
  13. Katanya anak demam malah bagus kalo berendem air hangat ya maaaak, malah bisa nurunin panasnya ya kaaaan.. Tapi aku juga liat liat situasi nih kalo mandiin anak pas demam, kalo lemes banget sih fix aku waslap ajaaa.. wehehe

    BalasHapus
  14. Aku juga tetap mandiin anak saat demam
    Biar badannya bersih dan nggak lengket lengket gitu
    Anak juga jadi lebih segar

    BalasHapus
  15. foto penutupnya chill banget! hihi ...
    nah anakku juga menolak minum obat. Udah dipegangin 2 orang, obat tetap ga masuk, bisa dia lepeh. Huhu ...
    jadinya ku usahakan untuk cara di atas kecuali dibumbui *LOL
    kalau mandi, lihat dulu sih demamnya berapa. Di bawah 38 biasanya masih ku mandikan.

    BalasHapus
  16. Saya sih condong ke nggak mandiin anak saat demam ya, soalnya ya kasihan mereka, kedinginan kalo kena air. Tapi suami suka mandiin aja.

    BalasHapus
  17. Iya dulu anak demam gak berani mandiin, tapi sejak anak kedua baru tahu boleh dimandikan dan memang perlahan demamnya bisa turun meskipun minum obatnya susah

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya. Mohon tidak meninggalkan link hidup dalam komentar ya :)