RABAS : Arti CMIIW, LOL, FYI, dan lain-lain

Dalam dunia maya, banyak percakapan ataupun tulisan yang menggunakan singkatan-singkatan, baik singkatan dari Bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia. Saking banyaknya singkatan, aku kadang sampai nggak ngerti, “ini maksudnya apa ya?” Sebaliknya, ketika aku menggunakan singkatan, ternyata lawan bercakap atau pembaca tulisan tidak tahu arti singkatan tersebut.

Minggu lalu, aku membawakan singkatan-singkatan beserta artinya dalam live Rabas (Rabu Bahasa) di Facebook. Tentang latar belakang live ini, sudah aku tuliskan di Join Monetisasi Facebook. Berhubung live, kan nggak bisa tuh kasih teks seperti kalau video rekaman. Jadi, materinya aku tulis di blog kalau-kalau ada yang mau baca ya kan 😀

Oh ya, sama seperti di live, di sini aku juga kasih disclaimer dulu. Bahwa live Rabas itu bukan karena aku sudah pintar dalam hal bahasa. Aku juga tidak punya latar belakang pendidikan formal bahasa. Aku hanya menyukai kata-kata dan menulis blog juga kan yaa.. Jadi, live Rabas itu lebih buat aku belajar sih.. Syukur-syukur kalau ada manfaat.

Oke, langsung ke singkatan-singkatan yang aku bawakan di Rabas (dan ada juga yang tidak aku sebutkan di sana sih 🙂) : 

ASAP, bukan asap kendaraan atau asap bakar sampah tentunya, tapi As Soon As Possible (secepat mungkin). Biasanya kita pakai kalau ada janji mengerjakan tugas/kegiatan atau sejenisnya. 

AFK,  singkatan ini pertama kali aku dengar dari anakku yang suka main game Roblox. Kalau disuruh sesuatu di saat main, biasanya dia jawab, “bentar Bun, aku AFK dulu.” Apa’an sih AFK…oh ternyata Away From Keyboard, yang kalau dalam game kurang lebih berarti pemain tidak aktif beberapa saat tapi masih dalam game. Mungkin sering dipakai di dunia kerja juga kah?

AKA, kalau ini aku sudah sering pakai untuk kata kata ganti alias. Ya kan kepanjangannya Also Known As.

BION =Believe It Or Not, jujur aku jarang pakai singkatan ini dalam percakapan. Tapi kadang ketemu di beberapa artikel, terutama ketika menyangkut peristiwa, fakta, data yang aneh atau di luar nalar. 

BTW = By The Way,  singkatan satu ini sudah umum sekali penggunaannya. Dalam penggunaannya malah sering diperpanjang jadi btw on the way busway. Tentu saja hanya untuk permainan kata tanpa tujuan mengubah maknanya  😂

BTT alias Back To Topic. Aduuh, jadi inget komedian Tukul yang hit banget dengan kalimat “kembali ke laptop” di acara Empat Mata.

CMIIW = Correct Me If I’m Wrong. Nah, singkatan ini aku sematkan jadi stiker dalam video live karena aku bisa saja salah dalam menyampaikan sesuatu. Jadi, silakan “koreksi aku bila aku salah.”

FAQ = Frequently Asked Question. Ini sih sering banget ketemu di mana-mana yaaa. Terutama kalau menghubungi Customer Service via online, sebelum kontak langsung, biasanya sudah dihadang dulu sama FAQ dan kadang malas baca, memilah pertanyaan yang sesuai dengan masalah pribadi 😂

FYP = For Your Page (konten masuk halaman rekomendasi dan bisa langsung dilihat oleh pengguna media sosial). Nggak heran kalau orang-orang seolah berlomba buat masuk FYP. Atau seolah dapat durian runtuh ketika sebuah konten tanpa terduga bisa FYP. Berhubung aku sangat amat jarang main Tiktok, aku termasuk lambat tahu arti FYP. 😂

GWS = Get Well Soon alias semoga cepat sembuh. Ada temenku yang memelesetkannya jadi GOWES... lagi sakit malah sepedaan dong hehehe. Tapi lebib parah lagi pelesetan yang aku tahu dari anakku. GWS yang berupa doa dan harapan positif malah jadi dark banget karena diartikan sebagai "Ga Wafat Sekalian." Upsss.

IMO = In My Opinion atau menurut pendapatku. Singkatan ini untuk memperjelas bahwa sesuatu yang kita sampaikan adalah opini pribadi.

IMHO = In My Humble Opinion atau In My Honest Opinion. Pengunaannya sama dengan IMO tapi dengan menekankan kerendahan hati (humble) atau jujur (honest).

IRL = In Real Life atau dalam kehidupan nyata. Hmmmh, ungkapan yang pastinya muncul setelah adanya dunia maya yaaa.. Tahu kan, ada orang-orang yang bisa pembawaannya bisa beda 180 derajat di antara dunia nyata dan dunia maya.

LOL = Laugh Out Loud atau tertawa terbahak-bahak. Sebagai ungkapan yang sangat populer, stiker maupun emotikon LOL sangat mudah kita temukan saat berinteraksi di media sosial. Tapiiii.... aku pernah menemukan satu kesalahpahaman dalam penggunaan LOL. Yakni, ada orang-orang yang menggunakan LOL sebagai kata T.O.LOL #ups... Kan jadinya toksik yaaa, padahal singkata LOL itu nuansanya lucu dan ceria.

LMAO = Laughing My Ass Off. Penggunaannya sama dengan LOL, yakni ungkapan untuk menanggapi sesuatu yang lucu. Namun LMAO punya "intensitas" lebih tinggi. Jika LOL adalah tertawa terbahak-bahak, maka LMAO kurang lebih bisa diartikan tertawa terpingkal-pingkal "sampai p*ntat terasa hilang dari tempatnya." 

LMFAO = Laughing My F**king Ass Off. Ini pemegang kasta tertinggi dalam urusan tertawa. Jika LMAO tertawa terpingkal-pingkal, maka ini mungkin kondisi tertawa sampai terjungkal-jungkal atau malah kepuyuh-puyuh (keluar air p*pis). Hihi, ada kan yang demikian.

Sementara itu dulu.. Sengaja bahannya dipecah-pecah biar live Rabas-nya panjang usia. LOL


16 komentar untuk "RABAS : Arti CMIIW, LOL, FYI, dan lain-lain"

  1. Kalau CMIIW aku udah sering pake, lah kalau IMAO loh, emang boleh yaaaa searogan itu kalo misal berpendapat? hihi.... emang boleeeeh

    BalasHapus
  2. astaga baru tahu ternyata ada singkatan untuk level tertawa. mungkin aku belum ketemu istilah itu karena jarang berkeliaran di konten lucu :D
    thanks penjelasannya... biar emak ga ketinggalan obrolan sama gen z hihihi

    BalasHapus
  3. Hahaa.. bisaan aja nih postingannya, kayaknya itu singkatan dari bahasa inggris semua ya. biasa nemu di internet di kalangan komen bule2 gitu.

    BalasHapus
  4. Iya singkatan dunia maya tuh kadang buatku suka bingung awal-awal ya, tapi semakin kesini sih ya terbiasa. Waktu ada singkatan tentang AFK ini juga bingung, terus Googling deh cari apa maksudnya, karena dulu pernah main game juga dan ada istilah AFK ini.

    BalasHapus
  5. Oh em jiiiii 🤣🤣🤣 beberapa singkatan aku baru tauuu loh. kayak AFK itu baru ngehhhh setelah baca postingan ini
    seru juga yha klo kita update ama singkatan giniii. berasa si emak paling gahooolll 🤣

    BalasHapus
  6. Hahaha, aku seperti teringat chat di YM deh mbaa. Sering aku gunain tapi masi sampai hari ini di postingan blog juga😄 trus anak aku tau misalnya aku tau, dia heran. Ih ini kan emang udah dr duluuu keles 😭 tapi dulu gada keles ya

    BalasHapus
  7. Rabas keren banget 🤩 Semoga terus menyala yaa, pastinya bermanfaat buat audince dan ternyata dari sekian banyak singkatan, banyak yang aku jarang pakai nih 😆 Jadi nambah kosa kata singkatan deh..yang familiar banget itu : FYP, CMIIW, BTW, AFK, IMHO, AKA..

    BalasHapus
  8. weee ternyata banyak ya, saya seringnya pakai ASAP sama BTW aja.
    Mesti di catat nih, daripada nanti kalau ada yang wa pakai beberapa singkatan ini, terus saya tanya "Ini maksudnya apa, salah ketik ya?"

    BalasHapus
  9. Anak-anak muda sekarang ya memang banyak banget ucapan yang disingkat-singkat. Aku juga kalo ada apa-apa yang aneh, pasti langsung nanya anak-anak. Biar gak kudet :D

    BalasHapus
  10. Banyak anak zaman sekarng yang gak ngerti juga beberapa singkatan, waku aku bilang ASAP mereka bingung apa artinya.

    BalasHapus
  11. Aku jadi pingin nambahin, ka Lis..
    MVP (most valuable player), ini juga sering nih dipakek anak-anak gamers kalok uda all kill. Hehhe, anakku suka banget main games modelan gini.

    BalasHapus
  12. Sering banget nemuin kata singkatan seperti itu, beberapanya udh tau tp ada juga yg baru denger. Awal dulu msh ga ngerti perihal kata singkatan gitu aku pernah sampe ke mesin pencari google karna scrolling2 ga nemu jawaban

    BalasHapus
  13. Kalau anakku suka ngomong IDK alias I dont know zzzz. Anak2 zaman sekarang ada ajaaa kosakata barunya.
    Aku malah tahunya tu kyk gtu2 dari X mbak, karena genzi dan gen Alpha suka ngetwit gtu dan aku ngikutin aja nambah kosakata wkwk.
    Wah rajin ngelive di FB yaa, semangaaattt.

    BalasHapus
  14. Beberapa istilah singkatan itu udah sering saya dengar, maklum anak-anak udah gede dan suka pakai bahasa begituan. Tadinya juga bingung, jadi harus nanya dulu ke anak-anak

    BalasHapus
  15. Akhirnya jadi tau artinya LMFAO...hihihi...
    Ada beberapa singkatan yang baru aku tau juga kayak AFK dan BION...
    Msih jarang yang pakai ditempatku...

    BalasHapus
  16. Beberapa ada yang sudah aku tahu dan ada juga yang baru tahu kayak AFK dan BION. Aku malah sempat kepikiran AFK itu sama dengan wtf yang kepanjangan ya what the f***

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya. Mohon tidak meninggalkan link hidup dalam komentar ya :)