Alasan Harus Servis Motor Secara Rutin


Salah satu tugas harian saya adalah sebagai macan ternak alias mama cantik anter-jemput anak. (Kalau ada yang tidak sepakat bahwa saya cantik, boleh ya kita sepakat untuk tidak sepakat😀). Berhubung saya belum bisa menyetir mobil, maka tugas tersebut saya lakukan menggunakan kereta. 

Ups… K-e-r-e-t-a????


Hehe, meski sudah tiga tahun pindah dari Medan, saya masih sering keceplosan bilang kereta untuk sepeda motor. Just info, di Medan, istilah kereta berarti sepeda motor ya-gess. Nah, kalau motor, biasanya malah untuk menyebut mobil. 


Pada suatu hari, kancil sedang berjalan-jalan di kebun ketika saya menjalankan tugas sebagai macan ternak. Saya mengantar-jemput si  bungsu Elo les Bahasa Inggris. Jadwal les-nya pukul 16.30 - 18.00. Nah, pulang sekitar waktu maghrib berarti harus berjibaku dengan macet di beberapa ruas jalan menuju rumah. Maklum, tempat tinggal kami berada di pinggiran kota. Jam berangkat dan pulang kerja selalu menimbulkan kepadatan lalu lintas di beberapa titik.


Berkendara di jalan padat menuntut kehati-hatian. Terlebih, orang-orang seolah berlomba, bergegas sampai rumah. Jalan yang tak sepenuhnya mulus membuat saya abai pada sebuah pertanda. Saya pikir, laju motor sedikit tidak nyaman akibat jalan yang berlubang di beberapa bagian. 


Lama-lama saya curiga dan langsung minggir untuk mengecek ban. Waduuuh, ternyata ban belakang sudah lumayan kempes. Tambal ban terdekat memang hanya sekitar 500 meter. Namun, dengan kondisi ban saat itu, 500 meter pun sudah riskan kalau tetap dinaiki.


Terpaksa deh, saya dan Elo turun dari motor. Lalu, saya menuntun motor diikuti Elo berjalan di belakang. Lampu jalan tak sepenuhnya terang. Di keremangan petang, seorang ibu menuntun sepeda motor diikuti seorang bocah di belakang. Pasti terlihat sebagai pemandangan yang mengibakan. Buktinya, kami beberapa kali mendapat tawaran bantuan. 


Mereka mengira motor kami mogok mesinnya, jadi mau di-step (didorong pakai kaki sembari dinaiki) sampai mendapat bengkel. Tawaran kebaikan yang mesti saya tolak karena masalahnya bukan pada mesin, melainkan di ban. Kalau di-step, kan motor harus dinaiki. Salah-salah, ban dalam-nya robek atau malah velg motor jadi peyok.


Bersyukur, tambal ban yang saya tuju masih buka. Setelah dicek, ban dalam sudah terlanjur robek 😁. Terlambat sadar sih...Alhasil ban dalam harus diganti dan masalah pun beres. Masih bersyukur karena selama ini, motor saya belum pernah rewel parah. Paling-paling ban bocor akibat saya nggak peka seperti kejadian di atas. 


Nggak cuma hubungan dengan pasangan, hubungan dengan kendaraan pun butuh kepekaan. Eaaaaa….


Tidak peka sama ban bocor sudah jelas kesalahan saya. Di luar masalah itu, si motor merah yang sudah cukup berumur itu masih memberikan layanan optimal pada saya. Sudah seharusnya, saya juga memberikan servis yang baik padanya. Timbal - balik gitu lhooo…  Meskipun motor tidak mempunyai ruh/jiwa, tetapi dia adalah berkat berupa alat yang nyata-nyata mendukung mobilitas sehari-hari. In my humble opinion, menyervis motor adalah salah satu wujud syukur atas fasilitas yang sudah kita miliki.


Apa itu Servis Motor?


Mungkin, pertanyaan ini terasa aneh. Ngapain coba, nanya “apa itu servis motor?” Namun, jangan-jangan kita bingung kalau disuruh menjelaskan artinya. Servis motor adalah pengecekan kondisi motor secara rutin yang biasanya dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu. 


Meski tidak ada keluhan, sebaiknya motor tetap dibawa ke bengkel untuk servis rutin. Apalagi jika kita adalah pengguna yang tidak ahli soal mesin. Mending menggunakan prinsip dalam dunia kesehatan, yakni mencegah lebih baik ketimbang mengobati. Percaya deh, bajet servis rutin lebih ringan ketimbang servis motor yang sudah terlanjur rusak.


Kapan Harus Servis Motor?


Meski pertanyaannya kapan, servis motor tidak didasarkan pada satuan waktu. Ini masuk akal karena intensitas dan jarak pemakaian motor bisa berbeda satu sama lain. Oleh karena itu, banyak pegiat motor yang menyarankan waktu servis motor berdasarkan jarak (kilometer) yang sudah ditempuh. 


Ada lho panduan jarak untuk servis, yakni sebagai berikut : 


●Servis setiap jarak 2.000 km untuk sepeda motor keluaran lama. Ibarat manusia sudah lansia, harus rajin mengunjungi pelayanan kesehatan.


●Servis setiap 4.000 - 5.000 km untuk sepeda motor keluaran baru. Tenaga muda, masih prima.


●Servis setiap jarak 6.000 km untuk motor sport dan 12.000 km untuk motor gede (moge). 


Tentu saja, ini “aturan” dalam kondisi motor normal. Kalau ada kasus yang segera butuh perbaikan, nggak perlu menunggu jarak terpenuhi untuk servis yaa…


Apa Saja yang Perlu Dicek Saat Servis Rutin?


Sejujurnya, saya termasuk tipikal emak-emak yang tidak ahli soal mesin. Justru karena itu, saya menjunjung tinggi "asas" servis rutin untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara. Selain itu, ada baiknya  kita tahu sedikit-banyak soal motor. Supaya tidak sama sekali blank gitu lho.. Manfaatnya, kita bisa menyampaikan keluhan/permintaan pada teknisi dengan jelas. Kita juga bisa nyambung kalau teknisi menyampaikan sesuatu.


Berikut penjelasan sekilas tentang bagian-bagian yang perlu dicek saat servis rutin :


Oli Mesin dan Oli Gardan


Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Dengan dilapisi oli, gesekan mesin menjadi lebih lembut sehingga terhindar dari lecet dan aus. Oleh sebab itu, kita perlu rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang disarankan. Rata- rata pabrikan merekomendasikan penggantian oli setelah pemakaian  2500 Km. 

Namun, beberapa tahun terakhir, sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5.000 km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalau retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

Sebelum diperkenalkan ke masyarakat luas, teknologi ester diperuntukkan untuk kebutuhan  balap dan pesawat. Keduanya membutuhkan oli khusus karena mesin selalu berada pada putaran tinggi dan membutuhkan suhu yang stabil. Nah, pada motor harian dengan mobilitas tinggi, pemakaian oli dengan teknologi ester akan memberi kenyamanan dan jarak tempuh yang lebih panjang.

Untuk ganti oli, biasanya kita hanya perlu membayar harga oli dan biaya jasa ganti oli. Harga oli motor bervariasi tergantung merk dan jenis motor. Namanya teknisi kendaraan, pasti sudah paham mana oli motor bebek, oli motor matic, oli motor trail, dan oli motor trail. Biasanya, mereka akan memberikan pilihan merk dan harga oli.



Sedangkan oli gardan berfungsi untuk melumasi gear yang ada di bagian Continuously Variable Transmission (CVT). Tanpa adanya lapisan oli, gesekan antar komponen di bagian ini akan menimbulkan panas berlebih (overheat) pada motor. Oleh sebab itu, pengguna motor matic wajib rutin ganti oli gardan. Waktu penggantian oli gardan menggunakan rumus 2x jarak ganti oli mesin.

Aki dan Busi

Dua komponen ini sangat penting untuk menyalakan motor. Busi adalah part atau bagian di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Kerusakan busi menyebabkan motor ngadat, tak mau menyala meski sudah distarter atau diselah pedalnya. Busi yang rusak wajib diganti.

Sedangkan aki berfungsi untuk menyimpan daya dalam sistem kelistrikan mesin. Jika aki rusak, busi tidak dapat memercikkan api sehingga tidak terjadi pembakaran. Selain itu, aki juga menjadi sumber energi listrik dari komponen kendaraan lainnya, seperti lampu dan klakson. 

Tegangan ideal pada aki berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Jika mesin menyala, tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Saat servis, mekanik akan mengukur tegangan aki. Jika tak sesuai ketentuan, maka mekanik mekanik akan melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar motor tetap bisa digunakan dengan nyaman.

Kampas Rem

Kita mungkin familiar dengan kasus kecelakaan akibat rem blong. Sistem pengereman memang sangat besar pengaruhnya pada keselamatan berkendara. Performa rem sangat dipengaruhi kondisi kampas rem. Jika kampas rem sudah tipis, rem jadi kurang pakem dan bisa menyebabkan kecelakaan. Inilah alasan penting kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.

Filter Udara

Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran. Jika filter rusak, kotoran yang terdapat dalam udara bisa masuk lalu menyumbat sistem injeksi dan karburator. Akibatnya, yang pengendara rasakan dari kerusakan ini adalah motor ndut-ndutan atau mbrebet. Kondisi seperti ini pasti bikin perjalanan kita terhambat.

Kondisi Ban

Ban yang sudah gundul atau kurang tekanannya akan menyebabkan ketidaknyamanan bahkan bahaya saat berkendara. Oleh sebab itu, pemeriksaan ban juga penting dan perlu dilakukan secara berkala. Ban yang sudah gundul atau banyak tambalan sebaiknya diganti untuk mencegah kerusakan / bahaya saat berkendara.

Tune up Motor Rutin

Tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-komponen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan saat tune up biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, karburator (saringan udara), tegangan rantai, rem, dan klakson. 

Kadang, tune up disertai dengan dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, dan ganti beberapa suku cadang yang rusak / menurun performanya. Mekanik yang bertanggung jawab dan jujur pasti akan memberi informasi dan persetujuan lebih dulu pada pemilik motor. Sebab, tindakan ini akan mempengaruhi total biaya yang harus dibayarkan. 

Tempo hari, pernah ada kasus tagihan bengkel yang di luar dugaan. Si pemilik kendaraan sampai syok dan “curhat” di media sosial. Kasusnya viral dan pasti jadi bad marketing buat bengkel tersebut.

Bengkel Servis Motor Terbaik

Pasti sebel kalau ketemu bengkel yang pelayanannya buruk. Double sebel kalau si bengkel juga tak wajar dalam menentukan biaya. Bersyukur, saya belum pernah sih ketemu bengkel semacam itu. Tetapi, selain dari media, saya juga pernah mendengar keluhan langsung dari seorang teman.

Nah, untuk mendapatkan servis yang bagus, kita harus mencari bengkel servis motor yang bagus juga. Salah satu bengkel yang bisa kita andalkan adalah Planet Ban. Meski pakai embel-embel ban, di ini kita tidak hanya bisa beli/ganti ban yaaa… Di Planet Ban, kita bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru.



Hmm… apa maksudnya servis mesin rasa baru?

Jadi gini :  servis motor rasa baru dikenal juga sebagai sistem servis terpadu. Tujuannya adalah meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru adalah bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis. Karena posisinya, bagian ini termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

So, Apa Sih Manfaat Servis Motor di Planet Ban? 

■ Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet ( jarang rusak).

■Dengan oli yang berkualitas tinggi, kita cukup ganti oli setiap mencapai jarak tempuh 5.000 km (pemakaian normal antara 4-6 bulan sekali). Otomatis biaya servis jadi lebih hemat.

■Jika oli dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, berkendara menjadi lebih nyaman. Sebab tarikan enteng, dan mesin lebih dingin serta tahan lama.

■Oh ya, kita jadi ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena berkurangnya emisi dan polusi motor. 


Perbedaan Servis Motor di Planet Ban


Bukannya menyelesaikan masalah, servis motor di sembarang bengkel malah bisa menimbulkan masalah baru. Kadang masih ditemukan kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di bagian mesin motor. Bahkan, sering juga ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Jika kita servis motor rutin di Planet Ban, seluruh bagian (part) mesin akan tuntas dibersihkan. Kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, dan lain-lain, akan bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu, dan kotoran. Hasilnya : mesin jadi terasa baru! 

Begitu selesai servis, start dan gas deh (tentunya lihat situasi lalu lintas yaa). Karena mesin sudah bersih total, tarikan motor akan terasa lebih enteng, lebih hemat BBM, dan emisi turun lebih dari 70 persen.

Berapa Harga  Servis di Planet Ban?

Jangan khawatir, harga servis di Planet Ban sangat terjangkau. Nih, cek beberapa di antaranya : 

  • service motor injeksi cuma Rp 20.000

  • servis CVT plus rantai hanya Rp 19.500

  • servis throttle body cuma Rp 20.000

Nah, sudah tuntas nih penjelasan manfaat cek motor secara rutin serta bagian apa saja yang perlu diservis. Buat pengguna kereta, eh motor, jawab jujur ya : kapan terakhir servis ke bengkel? Jangan menunggu ngadat untuk menyervis motor ya…

Untuk servis motor, kuy ke Planet Ban terdekat. Dapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru!! (*)


24 komentar untuk "Alasan Harus Servis Motor Secara Rutin"

  1. Ternyata jadwal servis sepeda motor tergantung usia juga, ya. Yang penting servis di Planet Ban biar selalu prima.

    BalasHapus
  2. Benar banget ini Mba, apalagi kalo di pagihari, duh seolah semua ingin cepat sampai ke tempat tujuan, saingan aku kadang karyawan dan anak sekolah di jalan

    BalasHapus
  3. Berasa banget itu Mak, dorong motor 500 meter. Pasti udahannya pegal luar biasa. Btw, ini beneran service CVT di Planet Ban biayanya cuma Rp 19.500? Sangat sangat terrrrjangkau. Kadang kita kalau mau ke bengkel kan udah takut duluan soal biaya, ya. Haha.

    BalasHapus
  4. Bener banget ini mak, jangan sampai gak servis motor, apalagi kalau motor kita sring diajak kerja keras menempuh jarak yang tidak dekat, pasti butuh banget cek motor secara rutin, sekarang ada planet ban yang punya klaim service motor dengan harga murah tapi kualitas tidak murahan.

    BalasHapus
  5. Dulu aku taunya planet ban hanya untuk ban..ternyata bukan. Planet ban tempatnya ada di mana2 yes.
    Oh kereta di sana artinya pedah motor, unikkk, aku baru tauuu.
    Mogok capek banget apalagi kalau lg sama anak2. Auto cari minimarket dulu buat jajan 😆

    BalasHapus
  6. Apa itu service motor? Hahaha...Kalau ditanya ke saya, pastinya juga akan sulit menjawabnya Mbak. Karena aku gak bisa naik motor, bisanya cuma diboncengin. Gimana pulak lah ya kalau ditanya service motor..Jadi kalau ditanya apa itu service motor pasti jawabannya adalah membetulkan motor yang rusak. Pdahal service itu, intinya adalah perawatan ya

    BalasHapus
  7. Emang jadi begitu yang ditakuti yaa mak. Karena kelewat servis rutin, jadi kelewat juga untuk peka terhadap ban deh, hehe. Semoga begitu motornya udah rutin servis bulanan, gak ada masalah macam2 lagi maakk :)

    BalasHapus
  8. Aku kira Planet Ban ini cuma buat ganti dan jual beli ban aja, ternyata bisa servis motor juga ya. Paling sebel memang kalo ujuk ujuk motor mogok dan bermasalah heuheu, bikin bt. Makannya ya wajib banget servis rutin

    BalasHapus
  9. Tos dong mbak, akupun macam ternak, cuma bedanya aku gak bisa naik motor biasanya dibonceng suami aja anter jemput anak hihi btw iya aku juga baru tahu lho motor tuh harus rutin dicek di service, bukan cuma yang rusak doang. Itulah gunanya edukasi yaa

    BalasHapus
  10. Kirain planet ban tuh toko ban aja termyata bisa service motor juga ya. Kebetulan ada 1 gerai dekat rumahku nih mak coba ah next time service motor aku ke sana..thanks infonyq

    BalasHapus
  11. Iya. ya...apa disini berlaku istilah "simbiosis mutualistis?" KL berlaku ya iyala service motor itu perlu banget spy kita nyeplaknya juga nyaman kan? Yuuk bawa aja atuh ke Bengkel Planet Ban.. Abis di sevice serasa naek motor baru deh.

    BalasHapus
  12. Aku jadi ingat pas ke Medan pertama kali, saat ditanya "naik kereta tadi kesini?" terus aku malah jawab "naik pesawat" wakkaakakaa... Iya sih, kalau punya kendaraan bermotor tuh memang harus diservice secara berkala karena agar lebih enak juga saat digunakan ya.

    BalasHapus
  13. Aku tu bisa nyetir tapi entah kenapa malah lebih suka motoran kemana-mana termasuk jemput anak (kecuali kalau hujan). Lebih sat set das des aja gitu rasanya, haha.
    Makanya rewel banget soal servis dsn perawatan rutin.
    Soalnya tarikannya beneran beda sih rasanya. Semakin dirawat, semakin nyaman dibawa jalan pastinya

    BalasHapus
  14. Hahahahaa.. aku setuju banget loh kalo kepekaan tuh ga hanya sama pasangan ato manusia lainnya. Tapi dengan benda mati pun ada chemistrynya, aku sampe kasih nama sering diajak ngobrol hahaha.

    Planet ban memang yaa, servis motor terbaik buat aku jug

    BalasHapus
  15. Kalau punya motor emang harus dirawat secara rutin ya mbak
    Agar performa nya tetap bagus

    BalasHapus
  16. Aku ada beberapa kali ban kempes di jalan. Pas terpaksa banget, akhirnya digladak dengan risiko ban rusak. Sekarang kalau mau pergi ya cek ini itu dulu. Jangan sampai malas nyervise juga

    BalasHapus
  17. Sebagai orang yang nggak ngerti amat soal motor emang penting sik buat service di tempat resmi kayak planet ban biar gak diketok harga dan service motornya bener

    BalasHapus
  18. Oh di stater tuh bahasa lainnya di step ya..
    Huhuh..bener-bener keadaan tak terduga ya.. Di saat perjalanan dan uda petang, malah ada ujian ban bocor.
    Service membuat kendaraan selalu di kondisi terbaik saat digunakan. Seneng banget dapet rekomendasi bengkel Planet Ban.

    BalasHapus
  19. Hahaha jadi keinget awal2 aku malah mengiranya Planet Ban ini kyk jualan ban ternyata bengkel yaa. Trus banyak gtu bengkelnya di mana2 ada. Aku juga pernah nih ngecekin kendaraan di Planet Ban dekat rumah.
    Memang yang namanya kendaraan kudu rutin dicek supaya selalu awet mesinnya.

    BalasHapus
  20. Jadi penasaran saya sama planet ban ini soalnya banyak cabangnya pastinya pelayanannya memuaskan banget ya

    BalasHapus
  21. aku nih mak yang paling buta urusan otomotif, ngertionya cuma ganti oli doang tiap awal bulan. makanya seneng kalau ketemu tempat service yang jujur dan nyaman buat emak2

    BalasHapus
  22. Kemaren saya maksain banget buat ganti Oli, karena KM nya udah lebih belasan kilo. Inget pengalaman yang pernah turun mesin gara2 Oli, saya ganti oli dulu aja, sebelum servis yang lain. Minimal mesinnya aman dulu ya mbak. Kalo udah punya duit baru servis general hehehe...

    BalasHapus
  23. Murah banget servis di Planet Ban. Macan ternak pun bisa merawat motor ya. Jangan cuma tau pakenya aja xixixi

    BalasHapus
  24. aku sebagai wanita kadang masih bingung perihal perintilan otomotif :') butuh banyak pencerahan

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya. Mohon tidak meninggalkan link hidup dalam komentar ya :)