Rezeki dari Gagal Isi Token Listrik



Teman-teman pengguna listrik prabayar, pernah beli token tapi nggak bisa diinput di meteran? Bukan karena kurang angka atau salah tekan, tapi memang gagal karena kesalahan sistem?

Saya mengalami gagal isi token listrik untuk kedua kalinya pada Desember 2022 lalu. Ini adalah pengalaman gagal isi token yang kedua kali. Pada kejadian pertama, token gagal diinput karena meteran harus diganti. Padahal sebelumnya kami sempat  curiga sama petugas rekanan PLN yang mau mengganti meteran hehehe. 


Pada pengalaman kedua, posisi meteran sudah diganti sekitar dua atau tiga bulan sebelumnya. Jadi meterannya masih relatif baru kan…

Pembelian token listrik memang biasa jadi urusan saya. Di pagi hari, saya beli token via toko ijo senilai Rp 500.000 karena alarm meteran di teras sudah bunyi. Sewaktu memasukkan kode, saya nggak memerhatikan tulisan "BENAR" yang biasa muncul di layar meteran ketika input token berhasil.


Saya sudah biasa isi token. Saya ingat dengan pasti,  bunyi alarm berhenti setelah saya input token. Tapi memang, saya tidak cek and ricek saldo stroom. Kalau berhasil, kan harusnya nambah.

Lewat tengah hari, listrik mati. Berhubung merasa sudah isi token jadi saya pikir emang mati listrik dari PLN dong. Waktu berlalu tanpa listrik tapi kami masih tenang. Se-jam, dua jam.. lha kok ga nyala-nyala? Ya udah lah sabar dulu aja.. Saya nggak nanya ke grup WA ibu-ibu kompleks. Soalnya masih berpikir kalau mati listrik semua.

Kebetulan saya ke warung deket rumah. Eh lah, kok kipas AC tetangga sebelah rumah bunyi? Artinya listrik di rumah beliau nggak mati dong. 

Baru deh ketahuan kalau mati listrik cuma di tempat kami. Berarti pengisian tadi pagi gagal? -Seingat saya, selain tidak ada tulisan BENAR,  pas input pagi itu tidak ada tulisan gagal seperti kalau salah atau kurang angka. So saya coba input kode lagi, eh meterannya nggak respon.

Tenaaaaang...tenang..

Nggak usah panik dulu. Kan ada layanan kontak PLN. Soal gangguan listrik memang sudah ada beberapa pengalaman sih. Pengalaman pertama malah agak mendebarkan. Yakni duluuuu ketika tinggal di Medan, meteran listrik di rumah kontrakan mau dicopot sama petugas gara-gaa indikasi pencurian arus. Si penghuni sebelumnya mengutak-utik meteran sehingga pembayaran bisa muraaaah. Kasus berujung pada denda sekian juta yang akhirnya dicicil sama pemilik rumah.


Sore itu juga, saya langsung kontak layanan PLN. Nggak lama kemudian ada petugas datang. Mereka coba input token, eh nggak bisa juga. Terus, saya diminta beli token 20 ribu dan tokennya diinput sama petugas. 

Eh bisa!

Akhirnya petugas bilang kalau kasus seperti ini harus dilaporkan ke kantor layanan PLN. Yaaah…mau nggak mau saya pergi ke kantor layanan PLN Gowa (sekitar 9 km dari tempat tinggal). Di sana, saya dilayani petugas dengan janji akan dihubungi via WA kalau masalah token sudah beres. 

Oh ya, saat pengecekan nomor pelanggan, saya dikasih tahu kalau di meteran saya masih ada saldo stroom sekitar 80 KwH. Saldo itu berasal dari penggantian meteran. 

Eh…agak bingung sih. Soalnya dulu pas ganti meteran, setahu saya stroomnya pas habis (dan  nggak bisa diisi). Tapi ya sudah deh…toh itu keterangan dari petugas PLN. Saya pulang sembari membawa kertas berisi kode token saldo 80 KwH tadi. Kode berhasil saya input.

Sehari kemudian, saya WA bapak petugas PLN untuk follow up kode token bermasalah itu. Namun beliau menjawab, masalah masih diproses. Paling cepat tiga hari kerja, katanya.

Oke deh..

Lewat tiga hari, saya nggak WA petugas lagi. Saya langsung coba masukkan kode token yang gagal input itu. Berhasil!


Saya WA bapak PLN untuk berkabar, tapi hanya dibaca (tidak dibalas). Ya sudah nggak apa-apa. Puji Tuhan. Case closed. 

Eh ternyata masih ada lanjutannya.

Di Januari, sehabis mudik nataru, saya mendapat WA dari nomor asing dengan profil picture PLN. Di pesannya ada foto selembar kertas berisi kode token baru sebagai jawaban dari pengaduan bulan Desember.

Eh lho? Kok?

Tapi oke deh, saya coba input kode baru itu. Wao...bisa masuk dooong.

Seneng…pastiiii. Tapi juga bingung. Kan waktu itu sudah berhasil input? Ini gimana sih?

Selama dua mingguan saya sempat diamkan hal ini dalam kebimbangan. Antara mau diam saja (dapat rezeki nomplok) atau bilang ke PLN? Kalau diam aja kok rasanya nggak fair gitu lho…Saat ada masalah cepat-cepat komplain/lapor. Giliran ada keuntungan seperti ini diem saja.

Keputusan terakhir, saya WA bapak petugas yang menangani masalah itu. Sambil siap-siap kalau mesti bayar. Eh ternyata jawaban bapak petugas simpel dan melegakan 😀:



Rejekita, kalau dalam percakapan di Makassar artinya rezekimu (ta adalah penyebutan kamu yang halus/sopan).

Waaaaah....

Btw, menurut beberapa sumber, berikut beberapa penyebab kegagalan input token listrik :

⚡️Salah/kurang angka saat input kode token. Tapi kalau kejadian seperti ini biasanya akan muncul tulisan "gagal" di layar.
⚡️Salah ID saat membeli token listrik. Ini bisa saja lho, mesti cek kecocokan ID dengan nama ID tiap beli token yaa..
⚡️Kerusakan pada meteran.
⚡️Over limit pada meteran. Saya baru tahu kalau ternyata tiap meteran ada limit stroom yang bisa diisikan.
⚡️Server PLN error.

Entah deh, apa penyebab gagal input token yang saya alami pada kali kedua. Kemungkinan terbesar sih karena poin terakhir.

Finally case closed. Entah sih kalau habis post tulisan ini akhirnya malah ada tagihan 😀😀😀. At least, sekarang bisa tidur nyenyak menggunakan token sekian ratus ribu misterius itu. 

Benar-benar rezeki yaa… (*)

36 komentar untuk "Rezeki dari Gagal Isi Token Listrik"

  1. Aku tuh kadang jual token listrik dan pulsa ke temen2 mba, tapi memang selama ini blm ada yg punya masalah tokennya ga berfungsi. Setidaknya kalo nanti ada, aku bisa kasih tau ke orangnya utk hubungin PLN yaaa.

    Listrik di rumahku sendiri masih yg paska bayar 😄. Suami ga mau ganti ke token, ribet katanya, biar aja paska kayak skr, tinggal bayar billingnya pas due date. Padahal sbnrnya pengen juga ganti, biar hemat . Soalnya takjub ini temen2 kok pada bisa beli token bulanan cuma 500, 800 paling banyak 🤣. Billingku exceed Mulu dari sejuta tiap bulan 😅. Tapi kalo kata suami, ya jelas karena aku pake AC aja wajib yg suhu terendah. Blm dispenser dll.

    Tapi PLN bagus juga nih, ada kompensasi dari kesalahan yang memang dari mereka 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jd di kalangan pengguna sndiri ada beda pendapat kan ya mbak..ada yg bilang pra bayar lebih hemat, ada yg sebaliknya. Pernah baca kalo PLN emang terus akan mengganti msemua meteran jd pra bayar. Dari sisi bisnis kan jd ga ada yg bisa nunggak ya hehehe. Kalo au sejak awal pindah ke Mks emang uda naik ketimbang di Medan..lha wajar skrg Ac siang pun nyala krn misua work at home kalo ga ke lapangan.

      Hapus
  2. gagal jadi rezeki ujungnya wahhhh, alhamdulillah. Pelanggan yg bhaique inih ^^... Tapi aku belum pernah ganti meteran, apa aku lupa yaaa. Yg jelas sekarang kalau isi 500 rb, kwhnya nggak kayak dulu ya mbaaa. Pokoknya apa2 bukan naik tapi pindah harga euy. Karena gesernya lumayan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jujur aku malah ga hafal lho brp kwh per sekian rupiah wkwkw. Pokoknya sejak awal di Mks ya sekitar segitu sebulan, belum pernah berubah yg drastis

      Hapus
  3. Alhamdulillaah, memang rejeki gak ke mana yaa. kalau kemungkinannya karena terjadi kesalahan server, hal yang dilakukan PLN untuk mengganti ini oke banget sih. hitung-hitung mereka juga "membayar" kerepotan yang harus dilakukan. (merasakan listrik mati berjam-jam, telpon petugas, datang ke kantor PLN, dlsb). hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha..semoga mmg penggantian ya...jujur aku sempat ga nyaman pakainya krn kok misterius hihihi

      Hapus
  4. Wah, saya juga pernah gagal masukin token begitu, akhirnya langsung telepon PLN lah. Kebiasaan saya isi token sebelum ada alarm, hahaha sekitar sisa 7 atau 8 udah beli token baru. Sekarang pelayanan PLN memang lebih baik, cepat respon dan solusinya ada. Rezeki beneran itu bisa dapat token gratis ehehe..

    BalasHapus
  5. Waaa aku jadi paham nih mba

    Soalnya d rumah pakai pasca bayar.
    Jadi baca cerita dikau, makin ngerti soal prabayar

    BalasHapus
  6. Saya selalu minta bantuan suami atau anak untuk mengisi token. Abis meterannya tinggi bener. Saya gak berani manjat-manjat hehehe. Selama ini sih belum ada masalah. Mudah-mudahan jangan sampe kejadian. Tapi, setidaknya jadi tau kalau ada masalah lebih baik langsung lapor PLN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku sih mau mbak kejadian gini lagi...mayan kan dapat double token hahahaha

      Hapus
  7. alhamdulillah dari gagal memasukkan no token sebelumnya, berujung mendapatkan rezeki ya mbak. Allah memberikan hadiah lagi karena kita sudah mencoba dan berusaha. Untung petugasnya responsif ya mbak. Ini juga jadi pengalaman nih untuk teman-teman yang menggunakan token ya bisa langsung kontak PLN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup bener...skrg lapor PLN tu ga bikin gemas kok. Respon cepat.

      Hapus
  8. Di rumah molly gak pake token. Ternyata ribet juga ya.. hampir sama kayak meteran biasa bisa rusak juga alatnya..baru tahu ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pas error aja ribetnya...jarang2 itu hehehe

      Hapus
  9. Maksud hati rajin isi token mumpung punya duit eh ternyata ada limit . Jadi bisa gagal. Ya sudah tinggal call center 123 aja

    BalasHapus
  10. Shalom Lisdha. Aku baru 5 tahun pake token listrik pas pindah ke rumah baru. Kebetulan memang belum pernah gagal masuk, mengapa? secara masukin nomor token gak pernah aku sendiri yang kerjain. Sadar diri deh punya masalah di mata plus alias gak jelas lagi melihat angka kecil-kecil seperti nomor token

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe..kalau aku minus kak. Jd lihat jauh yg masalah.

      Hapus
  11. Oh aku juga baru tahu kalo isian meteran itu ada limit stroom, setahuku diisi berapa aja bisa mba Lisdha. Karena punya adik iparku, rumahnya kan yang nempati anaknya, kadang juga ditinggal kosong. Itu meteran listrik sampai numpuk saldonya sejutaan lebih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga belum pernah mengalami sih mbak. Mungkin limit ini kalau sekali isi ya..bukan akumulasi.

      Hapus
  12. Tahun kemarin ramai nih di daerah saya gagal isi token listrik padahal nomor bener. Nomor token udah bener juga. Rupanya meteran listrikny yg kudu diupgrade.

    Kudu lapor ke PLN, terus datang lah petugas PLN untu cek rumah-rumah yang meterannya eror.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ada juga ya eror berjamaah gini hihihi

      Hapus
  13. Alhamdulillah, aku pernah ngalamin juga mba, persis seperti cerita mba di atas tapi beda nominal, waktu itu isi 200rb dan 100rb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah..ada kawan yang mengalami. Rezeki kita ya mbak..

      Hapus
  14. Wah seandainya gagal lumayan banget 500 ribu mbak. Eh ternyata malah terisi 2 kali ya listriknya jadinya, mbak? Malah untung ya jadinya

    BalasHapus
  15. Wah asik dong rezeki. Tapi deg-degan juga kalo gagal ya. Aku jadi khawatir ngalamin hal yang sama. Gak mau ribet komplen-komplen, soalnya.

    BalasHapus
  16. Ini bisa dibilang salah satu kekurangan kalau pakai token gak sih mbak? jadi kalau isi harus hati-hati ya, makanya saya gak mau pindah pakai token hehe. Tapi lumayan dapat rezekinya dobel akibat gagal isi token listriknya

    BalasHapus
  17. serem sih kalo aku, takut ntar belakangan ada tagihan yang lebih mahal kan repot. Hahahah.

    BalasHapus
  18. Rejekita...
    Ini kalimat yang baru dan aku pelajari dari bahasa kak Lis.
    Alhamdulillah...setiap masalah jadi kudu tenang menghadapinya. BIasanya yang bikin panik karena listrik ini kebutuhan utama, setara dengan air PDAM. Jadi kalau ada masalah, inginnya PLN segera gercep membantu seperti ini.

    BalasHapus
  19. Pernah ngalamin meteran diganti juga, tp mulai dari 0 lagi hihihi.
    Hihihi semoga emang bener2 "rezekita" ya mbak :D Toh udah bilang dan mungkin sebelumnya banyak kasus serupa kalau jawaban bapak PLN-nya selow kek gitu :D

    BalasHapus
  20. Listrik di rumah aku masih yang pasca bayar
    Belum tertarik pindah token, soalnya pengalaman beberapa tetangga token kadi lebih mahal gitu

    BalasHapus
  21. Waaah rezeki banget haha. Agak membingungkan tapi jadi untung, ya. Lumayan itu kalau di rumahku bisa untuk beberapa minggu. Aku sendiri baru pakai token sejak pindah rumah dan nggak pernah ada masalah sama PLN, baik salah input token atau masalah lainnya. Jujur awalnya kagok harus ngisi token, tapi pas pengisian berikutnya sudah nggak gorgi lagi :P

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah ya mbak, gagal isi token malah dapat rejeki nomplok hehe, saya belum pernah mengalami mati listrik karena belum bayar token karena saya langganan yang pasca bayar. takutnya gitu aja sih mbak, takut gagal isi token hhee

    BalasHapus
  23. waaah aku catat nih mba, soalnya aku juga pakai token listrik di rumah Jakarta. Memang kita harus perhatikan banget ya saat pengisian

    BalasHapus
  24. Wah jadi catetang penting nih Mak kalo suatu hari harus isi token listrik. Biar nggak panik emang better langsung kontak PLNnya langsung dengan langkah-langkah yang Emak lakukan.

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya. Mohon tidak meninggalkan link hidup dalam komentar ya :)