DIY : Samsak dari Kain/Pakaian Bekas

Bikin Samsak Sendiri
🥊😁Samsak kembang-kembang😁🥊


Sandsack alias karung pasir adalah alat olahraga yang lazim digunakan untuk latihan kekuatan tangan dan kaki (pukulan dan tendangan). Tapi, ketimbang sandsack, lidah orang Indonesia sepertinya lebih sering melafal sebagai samsak yaa… 

Belakangan, saya baru tahu istilah lainnya, yakni sand bag dan punching bag. Apapun istilahnya, semuanya merujuk pada alat untuk sasaran tinju dan tendang.

Tahun lalu, saya beli samsak untuk anak-anak. Kan waktu itu masih pandemi, jadi beli samsak untuk olahraga di rumah. Alat samsak rasanya cocok buat dua anak cowok di rumah kami. Dua anak yang sedang dalam masa bertumbuh, baik fisik maupun emosi. Ada kalanya bercanda riang-ria, tapi ada juga masa bertengkar satu sama lain. Kadang nggak cukup pakai mulut, tapi juga pakai anggota badan yang lain. 

Bersyukur si Mas cenderung bertahan tiap adiknya emosi tinggi. Kata si Mas, “nanti Adek nangis kalau dibalas beneran.” Duuh…bersyukur, untuk alasan bijak si Mas. Puji Tuhan, sejauh ini belum pernah sih sampai baku pukul yang parah. Masih dalam batas wajar. 

Mungkin ada yang berpendapat : “Kok malah dibelikan samsak? Apa malah nggak jadi suka mukul-mukul?”

Kalau saya sih mikirnya malah sekalian jadi alat edukasi buat anak-anak lanang. Mereka, mahluk maskulin yang dicitrakan “wajar saja” kalau berantem fisik. Saya sih selalu bilang kalau kekerasan fisik is not good. Berantem-lah kalau buat bertahan, tapi jangan dilakukan sembarangan. 

Tapi namanya manusia ya... dalam situasi tertentu,  mungkin sekali ada emosi tinggi, bahkan sampai timbul dorongan untuk melampiaskan secara fisik. Kalau memang harus demikian supaya lega, pilihlah obyek mati dan aman, contohnya samsak hehehe. Judulnya validasi emosi hihihi

Tahun lalu, saya beli samsak ukuran anak di toko oren. Samsaknya model berdiri dan isinya udara (dipompa). Lupa harga tepatnya, sekitar Rp 150.000 (sudah termasuk ongkir). Saya beli samsak satu paket sama pompa anginnya (pompa listrik). 

Samsak untuk Anak
Gambar dari Shopee


Cara mendirikan samsaknya dengan cara mengisi bagian dasar menggunakan air/pasir. Sebenarnya lebih mudah kalau isiannya air. Namun, dengan pertimbangan kalau-kalau bocor bikin becek, maka suami memilih isian pasir. Lumayan sih, untuk beberapa saat, anak-anak cukup antusias dengan samsak pompa itu. 

Masalahnya

🥊Samsak terlalu ringan. Ya namanya juga isi udara, berapa sih volume udara untuk kantong seukuran tinggi kurleb 100 centimeter dan diameter lingkaran sekitar 30 centimeter. Gara-gara terlalu ringan, jadi terasa kurang nendang. Eh kurang mukul heheh. 

🥊Kudu rajin pompa ulang. Karena sering dipukul-pukul, volume udaranya berkurang. Meski tak ada yang bocor, tetap saja lama-lama kantongnya mengempis. Mungkin udaranya bisa keluar lewat pori-pori yang sangat halussss yaa.. The problem is, pompa bawaan samsak ini kecil. Meski pompa listrik, tetap butuh sabar tiap kali mompa.

🥊Makan tempat. Memang bukan makan tempat yang luas sih. Tapi karena posisinya mesti berdiri, jadi butuh space tersendiri, even sedang tidak dipakai.

Alhasil, lama-lama si samsak angin itu kami pensiunkan. Masih pengin sih punya samsak, tapi yang agak berat gitu lho. Biar terasa mantap pas buat sasaran mukul atau nendang. Tapi, saya mikir panjang kali lebar kali tinggi untuk beli samsak beneran. 

Samsak yang memenuhi standar sudah pasti jelas kualitasnya, tapi jelas pula harganya hahaha. Selain itu, setiap kali mau beli barang yang berukuran besar/berat dan pricey, kami selalu menimbang urusan pindah rumah. Ya kan sejauh ini kami masih terhitung keluarga semi nomaden.

Samsak Kain

Sampai beberapa waktu lalu, saya tuh selintasan baca tentang samsak diisi kain perca. Lah, saya baru tahu hehehe… Saya pikir, samsak/sandsack yang betulan itu isinya mesti pasir. Eh ternyata kagak. Selain pasir, bahan isian samsak itu bisa macem-macem, seperti angin (seperti yang pernah saya beli), air, tekstil, dan bahan sintetik.

Ternyata bisa ya isian bahan tekstil. Nah, pakaian bekas termasuk tekstil dong.

Saya coba cek di Youtube, eh ada dong yang bikin sandsack (beneran isi pasir) dengan kantung dari pipa celana jeans. Saya sih nggak tertarik kalau  isi pasir, soalnya berat beneran. Kalau bocor juga bikin lantai kotor. 

Nah, kalau kain kan lebih ringan dan kalaupun kain luarnya jebol, nggak masalah. Jadi saya ikutan berkreasi membikin samsak ala-ala menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Itung-itung reduce, reuse, and recycle yaaa… 

Berikut bahan dan cara bikinnya. Mudah bangeeet pokoknya.


Bahan
🥊Sarung bantal guling bekas pakai (bisa juga pipa celana)
🥊Pakaian-pakaian bekas tak layak bagi (kalau masih layak, biasanya saya kasihkan orang).
🥊Tali

Cara bikin
🥊Simpul erat satu sisi sarung guling, bisa dijahit atau diikat.
🥊Masukkan pakaian-pakaian bekas hingga padat. Kalau bentuknya susah rapi/bulat, nggak masalah. Nanti akan membulat sendiri seiring pemakaian.
🥊Ikat bagian atas dengan tali, gantungkan di tempat yang memungkinkan.

Ciaaaaaat…samsak siap buat jadi obyek mukul-mukul dan nendang-nendang.

Mudah bukan??

Di tempat tinggal kami, kebetulan ada pull up bar punya si Mas yang dipasang di pintu. Jadi deh, si samsak ala-ala ini dipasang di situ. Meski isiannya kain, tapi karena dipadatkan jadi lumayan mantap lho buat dipukul dan ditendang. Tidak se-ringan samsak isi udara tapi tidak sekeras samsak isi pasir. Pas deh sesuai keinginan.

Saya timbang beratnya enam koma sekian kilogram. Memang ada beberapa bahan jeans, jadi lumayan bobotnya. Masih kurang tinggi sih. Nggak masalah, nanti bisa pilah-pilih baju lama untuk menambah volumenya.

DISCLAIMER : samsak ini jelas jauh dari standar. Tapi buat kaum mendang-mending seperti saya, samsak ini sudah mending banget buat meres keringat (dan melampiaskan emosi #eh). Catet ya : buat kaum mendang-mending hehehe.

Nanti kalau bosen atau pindah rumah, samsak ala-ala ini bisa dibongkar buat lap. Wow, jadi panjang banget ya masa kerja si kain-kain itu. Dari pakaian - sasaran pemukulan dan tendangan - lalu alat kebersihan. Pengabdian paripurna.

Saya juga jadi cari-cari video home woman boxing di Youtube, eh ada dooong. Pengalaman beberapa hari ini, bak-buk-bak-buk 10-15 menit aja sudah bikin banjir keringat. Sudah pasti, kudu pemanasan dulu untuk menghindari cedera yaaa…



Buat amatiran macem saya dan anak-anak, samsak ala-ala ini cukup aman kok. Posisi di antara tiang pintu memang tidak ideal, tapi anak-anak bisa diarahkan. Oh ya, biar tangan nyaman, bisa dibungkus dengan handwrap ala-ala pakai syal tenun  (haha, beneran kaum mendang-mending yang paripurna ga siiih). 

Meski sering digunakan untuk latihan atlet tinju/beladiri, samsak juga bisa dipakai untuk olahraga awam. Olahraga menggunakan samsak punya beberapa manfaat, seperti : 

🥊Melatih koordinasi, keseimbangan, dan stabilitas.
🥊Meningkatkan kepadatan mineral tulang, dan:
🥊Mengurangi stress
🥊Kalau di keluarga kami sih ada satu tambahan manfaat lagi, yakni bonding dengan anak.😇

Mamak bar-bar😀


Bonus swafoto saat saya bak-buk-bak-buk. Sudah cukup tampak bar-bar belum? 

Tertawa dipersilakan.. (*)
  


Referensi :
https://nodokter.com/mengenal-jenis-jenis-punching-bag-alias-samsak
https://www.sfidnfits.com/samsak-101-manfaat-jenis-dan-tips-menggunakannya

37 komentar untuk "DIY : Samsak dari Kain/Pakaian Bekas"

  1. Seru memang main samsak, bisa untuk melampiaskan emosi salah satunya. Hehe, daripada guling kasihan atau manusia bisa bahaya. Kadang ada keinginan untuk beli, tetapi terlalu mahal sekarang hemm. Mantep idenya bisa ditiru ini, terima kasih informasinya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mb Nisa..ini tuh jadinya guling versi padeeet hehehe

      Hapus
  2. Isinya juga kain ya jadi tak terlalu keras ya. Wah, kalau aku dibuat tempat duduk santai seperti yang suka ada di kafe2 itu, luarnya kain dan dalamnya kain bekas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup bun..jd mediun gitu deh. Keras banget enggak, ringan bgt jg engga

      Hapus
  3. akoh nggak ketawaaaa kok :p. Ah ini mah kreatif rajinnya..seru punya ini kayaknya.
    Anak lanang cuma 1 tapi ada 2 wece2 yg gahar kalau lagi berantem yakan.. mikir nyari tiangnya, di toko orens ada ya kayaknya ya mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gantungannya aku beli di toko orens mba..kokoh kok. Suka buat pull up sama anak lanang

      Hapus
  4. 😄😄😄 Mbaaa aku jadi terinspirasi jugaaa 🤣. Bener sih drpd beli samsak yg beneran, mahaaal, mending dari bahan2 kain yg ga kepake yaa. kebetulan itu mah banyaaak di rumah.

    Aku juga lagi seneng workout boxing, tapi selama ini pake pemberat di tangan latihannya. Pengen yg bener mukul pake samsak gini.

    Tengkiuuuu cara2nya mbaa. Buatku yg suka praktis2 ini pasti bisa sih dibikin 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Workout boxing itu ternyata emang asik yaa...dulu kadang liat cewe2 latian muathay di video dan kayak asik gitu. Tapi kalau beneran latihan di klub mah kayaknya aku malu hahaha

      Hapus
  5. ya ampuun kok kepikiran aja sih Mba bikin samsak sendiri? sebenernya ini bagus sih daripada bingung ya baju2 belel sobek mau diapain, mending jadiin samsak aja yaa.. hihihi..
    kalau aku ya jujur drpd anak mukul yg lain2 sih malah mending mukul samsak aja, jadi dia jg tahu kalau mau mukul carinya samsak bukan yg lain2, hehehe..

    bagus jg ini buat olahraga mamanya, bonus sehat >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kan mbak..jd edukasi buat nak ana hahaha

      Hapus
  6. Kita segrup Mbak Lisdha, Kaum Mendang Mending kwkwk...Keren bener bikin samsak FIY dari kain pakaian bekas. Ini sih enggak cuma buat olahraga apu kalau lagi kezel sama siapa gitu bisa jadi pelampiasan eh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo kaum mendang-mending...hihihi asik ah ada temen sekaum wkwkwk

      Hapus
  7. Kreatif banget sih mbak. Kece nih idenya anak2 bisa tersalurkan energinya, baju2 yg ga layak pakai ga terbuang percuma, emaknya juga bisa pake buat olahraga atau pas lagi emosi jiwa kan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ntar bosan atau rusak jg bisa dilanjut buat lap..warbyasah pengabdian si kain ya hehehe

      Hapus
  8. Maaf.. maaf aku ngakaaaak .. gagal fokus sama kalimat "emak barbar memang"
    bahahaa sangaaat inspiratif ini, daripada dibuang tu baju bekas, dikasih orang juga pada ga mau, kaaan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga perlu maaaf lho mak neng ..waktu dan tempat utk tertawa sudah aku persilakan :D

      Hapus
  9. Ini kreatif banget bikin sendiri di rumah ya mak, lumayan soalnya selain memang lebih irit kalau beli samsak yang samsak anak atau misal pergi ke gym. Lumayanlah ya olahraga mukul2 guling, eh samsak ;)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe..begitulah dasar pemikiran kaum mendang-mending Mak :)

      Hapus
  10. Mamak kreatif banget ini!
    Seru juga punya samsak di rumah. Kalau lagi marah daripada banting piring lebih baik pukul samsak. Bagus lho buat menyalurkan emosi.

    Aku jadi mikir nih digantungkan ke mana soalnya ga ada pull up bar atau lubang ventilasi di atas pintu.

    Samsak ramah lingkungan memperpanjang usia kain. Cool!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasih pakubdi atas pintu kalau memungkinkan :D

      Hapus
  11. Lihat samsak gelantungan malem2 serem gak sih mbak? Mirip pocong hehe. Moly kalo liat samsak jadi inget kdrama yg cowok2nya latihan tinju gitu hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ga dipake dicopot biar ga ngalangin pintu :D

      Hapus
  12. Mak, aku jadi terinspirasi bikin sand bag alias samsak juga, buat menemani anak lanang di rumah untuk bertumbuh secara fisik maupun emosi. Thank you, Mak!

    BalasHapus
  13. Aku juga udah beli samsak yang ke digambar tuhhhh buat anak-anak dannnn.. ngga bertahan lama dong. Kayanya mending bikin sendiri kaya tutorial mba nih. Selain bisa memanfaatkan bahan2 yang ada di rumah, ngga mahal dan bisa dipake terus.

    BalasHapus
  14. emang lebih awet bikin sendiri ya, ketimbang beli, dan bisa manfaatin bahan-bahan yang ada di rumah

    BalasHapus
  15. Mumpung diijinkan ngakak, hahahaa
    Iya sih KMM emang pilih yang enak lah, cocok dan murah aja. Aku inget banget tuh dulu bikin samsak isinya kain perca. Kebetulan ibuku kan penjahit, kain perca ada banyak banget. Yang bikin luarnya juga ibu, saya bagian isi dengan kain perca. Aku dulu bikin biar anak-anak anteng di rumah aja, mba. Anak cowok emang butuh pelampiasan tenaga berlebih mereka, kalo saya mah pelampiasan esmosi, agar tetap waras, hahahaa

    BalasHapus
  16. Keren banget mbak idenya. Bisa jadi tempat nyembunyiin baju yang udah gak dipakai lagi yaa hehe dan tentunya bahagia banget bisa ninjuin samsak kain itu kalau lagi kesel atau lagi pengen olahraga yang agak ekstrim, haha

    BalasHapus
  17. Ahaha salam juga dari salah satu member KMM.
    Kok kyknya seru punya sansak sendiri, apalagi ini bikin sendiri :D
    Kirain ikutan diisi pasir mbak ternyata diisi kain2 bekas yaa. Iya ya kalau ada jeans enak bisa jadi lebih berat dan keras.
    Sansak gak cuma bagus buat anaknya,tapi buat emaknya jg kalau pas lagi butuh pelampiasan esmosi hehehe.

    BalasHapus
  18. Kreatif dan ini bisa masuk kategori peduli lingkungan loh. Daripada pakaian lama yang sudah tidak layak pakai langsung dibuang, mendingan dialihfungsikan seperti ini. Ini lebih ok drpd lagi2 jd keset ;)

    BalasHapus
  19. seruu banget ya mba punya beginian satu di rumah hehehe. Bisa buat healing and stress reliever juga.. dan bagus juga buat dari percaaa ya

    BalasHapus
  20. Wah, idenya boleh juga. Di rumahku belum ada nih samsak tinju, belum pernah main juga. Kalau beli yang angin, kayanya malah jadi mainan bocah nih

    BalasHapus
  21. Wow kreatif banget mbak! Jujur, baru tau namanya samsak. Aku selalu nyebut ini matras tinju aja wkwk. Mayan nih bisa buat olahraga sekaligus ngeluarin uneg-uneg yang terpendam. 🤣
    Aku kalau punya di rumah yang ginian, keknya habis dicakar kucing deh. Secara kucingku melatih ketajaman kukunya di semua perabotan rumah. 🙃

    BalasHapus
  22. Oh...iyaya..ide kreatif kak Lis menginspirasi sekali..
    Ini tuh semacam menyalurkan energi gitu yaa.. Abis ini beneran ikut kelas boxing sih ya.. Selain untuk olahraga yang bikin langsing. Eh, kok emaknya yang ikut, hehhee..aku pingin euuii~

    BalasHapus
  23. udah lama pengen beliin samsak buat anakku, belum kesampaian sih. nemu postingan ini, bisa ditiru nih bikin sendiri. selain buat olahraga, bisa kan ya buat nyalurin esmosi dari pada marah-marah atau asal memukul barang. heheh

    BalasHapus
  24. Mantap sekali mba samsak bunga2. Seneng deh bisa DIY dengan leluasa.. aku ingin lagi deh DIY tapi masih ada baby nih jd belum leluasa. Anak pertamaku akan seneng banget pasti dikuatkan samsak gini

    BalasHapus
  25. Menarik ini idenya mbak, kalau di tempat ibu saya, kain pakaian bekas dibungkus dibikin guling, nah kadang buat becandaan sama adik buat pukul-pukulan ya semacam samsak tapi tidak digantung tapi langsung dipegang waktu mukul hahaha

    BalasHapus
  26. waduh sayang bener samsak yang belinya akhirnya pensiun mba hahaha..tapi lebih mantap juga bikin sendiri ya mba :)

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya. Mohon tidak meninggalkan link hidup dalam komentar ya :)