Es Buah Less Sugar

Meski tidak ikut ibadah puasa, tapi kami suka terikut euforia bulan puasa. Salah satunya adalah ikut euforia beli/bikin hidangan takjil. Ya memang nggak tiap hari ikut beli/bikin ala-ala sajian takjil. Beberapa sajian yang saya bikin di bulan Ramadhan ini adalah kolak labu, bubur kacang ijo, dan es buah.


Kalau ngomongin es buah, umumnya akan langsung terbayang cita rasa manis. Betul nggak? Sudah larutan dasarnya pakai gula pasir, nanti masih ditambah sirup dan atau susu kental manis. Hmmmh…terbayang akumulasi gulanya yaaa. Orang-orang yang lagi diet gula langsung merasa dilema hehehe.


Nah, di rumah, pak suami sudah lumayan lama menjalani diet gula. Ini karena hasil annual medical check-up sejak beberapa tahun lalu konsisten menunjukkan kadar gula yang lumayan (lumayan tinggi pastinya hehehe). Memang bukan diet yang sangat ketat, tapi pokoknya sebisa mungkin mengurangi asupan gula, baik dari tambahan gula konsumsi maupun gula dalam karbohidrat.


Kalau beli es buah di luar (apalagi sudah siap saji), gulanya tak bisa dikurangi dong. Kecuali beli es yang disiapkan dadakan macam es dawet ayu Banjarnegara (kalau beli es ini, kami pasti minta takaran gula merahnya dikurangi).  


Ketika ng-ide bikin es buah, sebenarnya  saya nggak terpikir bikin less sugar. Mau bikin es buah biasa saja (pakai sirup/gulpas). Supaya manisnya bisa diatur, sirup/gulpasnya tidak akan saya campur ke air+buah, melainkan dituang ketika mau diminum. Khusus buat suami, takaran gula/sirup akan sangat minimal. Pas menuangkan air+buah ke gelas, eh tiba-tiba kepikiran untuk mengganti gulpas/sirup dengan pemanis buatan (gula diabet).


Saya pikir rasanya bakalan aneh (selama ini belum pernah mencoba gula diabet untuk es buah). Tetapi  ketika minum segelas es buah dengan gula diabet, wajah suami kok baik-baik saja. Segelas juga langsung habis. Jadi pengin coba juga (soalnya saya ikutan diet gula meski takaran dietnya lebih ringan ketimbang suami). Eh ternyata rasanya memang nggak aneh. Malah manisnya terasa pas di lidah saya. Belakangan, lidah saya memang jadi sensitif terhadap rasa yang sangat manis. Menu minuman di rumah makan atau minuman kemasan, semua terasa terlalu manis untuk dilupakan.


Berikut resep es buah less sugar versi blog_DW. Ini es buah yang simpel banget karena buah-buahannya pakai yang ada di kulkas. Kalau teman-teman mau bikin, bisa pakai buah yang lebih variatif. Sengaja tidak saya bubuhkan jumlah masing-masing bahan karena bisa disesuaikan dengan persediaan/selera.




Bahan  : 

  • Buah nangka
  • Buah naga (supaya airnya berwarna meski tanpa sirup/pewarna tambahan)
  • Buah lontar/siwalan
  • Biji selasih (direndam air panas)
  • Air matang
  • Pemanis buatan/gula diabet sachet.
  • Sedikit kayu manis (opsional)
  • Fiber creme/santan yang sudah direbus sebentar dengan garam (opsional)


Cara membuat : 

  • Kupas dan bersihkan semua buah, lalu iris kecil-kecil
  • Masukkan buah dan air ke dalam panci, tambahkan kayu manis.
  • Panaskan panci, matikan api sesaat setelah air mendidih.
  • Dinginkan.


Penyajian

  • Tuangkan air ke dalam gelas
  • Tambahkan satu sachet pemanis buatan, aduk rata.
  • Masukkan buah dan biji selasih
  • Masukkan fiber creme/santan (bila suka)
  • Masukkan es batu.

Es buah less sugar siap dinikmati.




16 komentar untuk "Es Buah Less Sugar"

  1. Saya termasuk orang yang jarang beli es buah/perbobaan karena merasa takut gulanya over mbak, jadi mending bikin sendiri dengan takaran gula sedikit (less sugar).

    Pernah nyoba jualan es pas awal puasa kemarin dan tidak lanjut karena konsumen protes esnya nggak manis tapi sayanya lebih milih mundur daripada nyumbang gula berlebih ditubuh orang lain wkwkwkwk

    BalasHapus
  2. Bener banget memang suasana bulan Ramadhan ini tetap tidak bisa diabaikan, mau bagaimanapun jadi ikut kebiasan di bulan tersebut. Soal es memang kebanyakan orang lebih banyak gula, tapi tidak baik kalau dikonsumsi terus-menerus di bulan Puasa.

    BalasHapus
  3. Es buah tuh kalau pas bulan Ramadan gini jadi lebih segar, padahal kalau gak puasa aku tuh gak makan es buah. Tapi kalau Ramadan malah bikin sendiri di rumah buat hidangan di rumah.

    BalasHapus
  4. Sampai sekarang saya belum pernah nyobain gula diabet mbak, jadi nggak pernah tau rasanya. cuma demi keamanan bersama, ngurangin gula ini wajib banget sih hehe.. Esnya simple banget, jadi pengen ikutan bikin deh..

    BalasHapus
  5. wahh terimakasih resep minumannya, nanti bisa aku coba pas buka bersama, apalagi anak anak paling suka sama es buah, hampir setiap berbuka harus tersedia es buah.

    BalasHapus
  6. Saya pun selama Ramadan ini menggunakan buah naga untuk pewarna sirup nya. Jadi alami ya. Pakai susu kental jadi ungunya makin cantik. Gak terlalu pekat gitu

    BalasHapus
  7. Tahun ini aku gak banyak bebikinan, lagi pengen banyak jaga kesehatan badan, tapi lihat resep less sugar. kan jadi mupeng lagi mau bikin

    BalasHapus
  8. Masih 2 jam lagi nih bedug hihi. Aku suka lessa sugar 😍 sering anak2 aku kasi dikit gulanya pas di teh anetnya. Terus suka diprotes deh 😆 sehat2 terus yaaa semuanya. Pak su annual medchecknya di kolesterol PR nya nih

    BalasHapus
  9. Wah, patut dicoba es buah less sugar seperti ini
    Biar buka puasa tetap bisa segar dan sehat ya mbak

    BalasHapus
  10. Oh itu yang warnanya putih, buah lontar/ siwalan ya, kak Lis..
    Aku pikir kolang kaling.

    Enak banget inih...
    Beneran kalau bikin es buah sendiri tuh bisa beneran ngatur kadar gula, campuran buah dan es-nya ya.. Bandung juga lagi panas-panasnya nih, kak Lis.. Butuh banget menu berbuka yang menyegarkan begini..

    Haturnuhun idenya.

    BalasHapus
  11. Boleh juga nih mba... Aku dah juga mengurangi konsumsi gula, jarang banget minum es kayak gini jadi kepikiran buat pemanis buatan ya .

    BalasHapus
  12. Waduhh,, kira-kira bagaimana rasanya ya mbak? heheee
    Karena terbiasa dengan minuman dengan rasa manisnya yang waw
    Kalau Less Sugar belum pernah coba, hihihii

    BalasHapus
  13. Wah, ide bagus nih bikin es buah less sugar. Kalau beli emang luar biasa sih kadar gulanya. Belum lagi dikasih kental manis.

    Kalau lagi diet gula emang cocoknya bikin sendiri.

    BalasHapus
  14. Es buah biasa bening ini bewarna lebih cerah dan menggoda, jadi ingin coba juga less sugar karena aku ada turunan diabetes

    BalasHapus
  15. Kalau es buah itu, pakai less sugar juga tetap enak. Karena, pada dasarnya rasa buah itu udah manis.

    BalasHapus
  16. Musti bisa jaga kesehatan buat diri dan keluarga ya, Mbak. Apalagi kalau emang masalahnya ada pada asupan makanan, kudu siap protekk.

    Btw, enggak beralih ke gula singkong, mbak? Lebih sehaat dan aman. Apa udah stok di rumah?

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya. Mohon tidak meninggalkan link hidup dalam komentar ya :)