Resep Garlic Bread Roti Tawar

Garlic-bread-roti-tawar
Edisi superminimalis,
tanpa seledri maupun oregano


Tempo hari post foto dan resep garlic bread roti tawar di IG @lisdha_dw. Jadi pengen deh bikin versi cerita agak panjangnya di blog ini. Sekali-sekali bikin tulisan resep masakan, biar (blog) gado-gadonya makin rame. 

Apa kabar niche blog? Kabar kabur dong hehehe.

Saya memang sangat jarang menulis resep masakan di sini. Habis gimana, saya termasuk golongan ibuk-ibuk rumahan yang nggak hobi masak. Memang, hampir tiap hari saya uprek di dapur untuk mengolah bahan pangan. Namun, itu bukan karena hobi, melainkan karena harus. Kalau tiap makan beli dari luar, boncos dong bujet rumah tangga. (Kecuali belinya di warteg  dengan menu sayur plus tempe tahu melulu😀)

Jarang bukan berarti sama sekali tidak pernah, ya kan? Saya pernah posting cerita membuat sayur daun ubi tumbuk yang saya pelajari sewaktu tinggal di Pematangsiantar. Saya juga pernah menulis cara membuat ikan asin tanpa jemur dan bandeng presto. 

Kayaknya cuma tiga itu sih. Menulis resep juga karena sekadar ingin cerita, bukan menjadikan si resep sebagai bintang utama. Dulu saya suka baca cerita Mbak Endang di justtryandtaste.com. Suka menikmati dongengnya tapi jarang eksekusi resepnya wkwkwkw.

Jadi, monmaap kalau tulisan ini ngalor-ngidul-ngetan-ngulon dulu sebelum sampai pada resepnya yang pendek saja. Haha..jelajah penjuru mata angin dulu dong...

***

Garlic bread bukan nama makanan yang saya kenal sejak lama. Sebagai rakyat jelata, masa kecil saya tidak kenal makanan-aneh-aneh. Definisi makanan aneh-aneh jelas subyektif ya...pokoknya yang tidak pernah atau jarang dikonsumsi lah. Lha, roti tawar kok dioles pakai bawang. Ora umum…(alias nggak lazim).

Samar-samar, saya ingat suatu hari di masa kanak-kanak. Saya bersembunyi di bawah meja untuk mencoba makan roti tawar dengan cara diisi irisan pisang dan susu kental manis cokelat. Waktu itu, cara makan roti tawar yang saya kenal adalah dengan cara dicelupkan ke SKM yang sudah diseduh dengan air (jadi segelas SKM gitu loh..susah amat bilangnya hehehe). Makan dengan cara yang berbeda potensial mengundang reaksi “kowe ki pancen aneh-aneh wae” dari orangtua dan anggota keluarga lainnya. (Artinya : kamu tuh memang aneh-aneh saja).

Siapa related dengan gaya parenting semacam itu? 

Sepertinya, memanggang roti tawar dengan meses dan keju juga tidak saya kenal di rumah. Sepertinya ya…saya lupa sih kapan pertama kali melakukannya hehehe. Yang jelas, roti panggang meses dan keju tidak biasa jadi sarapan masa kecil saya. Mungkin, saya kenal lalu akrab dengan makanan itu setelah jadi anak kos.


Lebih lambat lagi perkenalan dengan si garlic bread. Saya baru mencicip roti oles bawang itu setelah kenal Pizza Hut. Resto ala Italia yang dulu sering saya lihat iklannya di Majalah Bobo (hasil pinjam dari sepupu). Saya masih ingat, iklan itu membuat saya bertanya-tanya, “kayak apa sih rasanya pizza?” Perlu belasan tahun, yakni hingga saya bekerja, untuk akhirnya bisa makan di Pizza Hut.

Hihi, ada jugakah yang related dengan ini?

Ada kan orang kita yang nggak doyan bangsa pizza-pasta? Wajar dong, namanya juga bukan makanan yang biasa dikenal lidah sedari mula. Kalau ada istilah “bahasa ibu”, untuk makanan bisa kali ya digunakan istilah “menu ibu”. Pizza-pasta bukan menu lokal yang lazim diperkenalkan oleh kebanyakan ibu-ibu nusantara. Kalau saya doyan, itu karena lidah saya cuma bisa mencecap dua jenis rasa : enak dan enak banget

Hehehe, itu gurauan yang dulu sering dipakai dosen saya untuk para mahasiswa berkantong cekak. Ngenes..tapi kok benar yaaa. Kalau kantong terbatas, makanan ala kadar pun bisa terasa enak kan? Lha gimana, kan pilihan terbatas hehehe.

***

Suatu hari, ketika berselancar di dunia maya, saya ketemu resep garlic bread roti tawar. Hmmh, resep yang simpel surimpel. Ibuk-ibuk yang nggak hobi masak pun rasanya bisa mengeksekusi dengan mudah. 

Berikut resepnya : 

Bahan : 
🍴Roti tawar
🍴Mentega/margarin
🍴Bawang putih, haluskan/parut
🍴Daun seledri, iris halus (kalo lagi nggak ada, saya juga nggak pakai hehehe)
🍴Daun oregano (opsional)
🍴Susu kental manis (opsional ~ saya nggak pernah pakai karena jadi ada manis-manisnya)

Cara membuat : 
🥄Campurkan mentega/margarin dengan bawang putih, oregano, dan seledri.
🥄Oleskan campuran bahan di atas ke permukaan roti tawar. Potong roti kalau mau ukuran yang lebih kecil.
🥄Panggang roti di oven atau di teflon hingga kecoklatan.

Sudah gitu aja…simpel banget kan? Saya mah sukanya resep yang simpel-simpel wkwkwk.

Sebenarnya saya lebih suka hasil panggangan yang lebih kering (pakai oven). Masalahnya, meja dapur di tempat tinggal saya tuh terbatas. Sehari-hari oven nggak selalu stand by untuk digunakan. Kalau mau pakai oven tuh mesti mengeluarkannya  dari tempat persembunyian. Jadi, saya pakai oven hanya kalau bersedia repot memasang dan mengembalikan. Kalau lagi mau cepet, cukup pakai teflon hehehe.

Bentuk dan rasa variasi olahan roti tawar ini memang beda samai garlic bread beneran. Tapi sudah mending lah buat sarapan, bekal, atau ganjal lapar (haha, dasar KMM alias kaum mendang-mending).

Di rumah, anak-anak tidak menyebutnya sebagai garlic bread melainkan roti bawang. Secara literal nggak salah sih… Tapi dasar mental inlander kali ya, ketika disebutkan dengan bahasa Indonesia, kok kesannya jadi beda wkwkw..

Ampuni sahaya wahai para pendiri bangsa.(*)








 

26 komentar untuk "Resep Garlic Bread Roti Tawar"

  1. Roti favoritku 😄. Apalagi kalo aroma bawang putihnya kuat. Paling suka utk appetizer kalo sedang bikin sup krim mba 😄.

    Tapi memang aku blm pernah bikin sendiri. Palingan beli creamngarlic dari supermarket trus oles ke roti dan panggang.

    Pengen sih bikin sendiri, kebetulan ada oregano dan bawang putih. Tapi aku juga bakal skip SKM. Malah aneh ah kalo ada manisnya

    BalasHapus
  2. Kendalaku di oven
    Padahal bisa pake teflon
    Cuma rasanya pasti akan beda kalau pakai teflon dan oven
    Coba ah nanti buat pake oven tangkring

    BalasHapus
  3. garlic bread Pizza H*t sdh tidak seenak duluu... Mendingan kayak gini, coba browsing resep dan bikin sendiri. Terlihat lebih enak deh, dan sepertinya bakal skip skm nih ^_^

    BalasHapus
  4. Barusan kemarin aku pesen menu garlic bread di paparons hehehe. Simpen ah resepnya

    BalasHapus
  5. penasaran pingin nyoba, tp agak ragunya bakalan aku doang yg makan gak sih. bocah2 tuh agak gimana roti sm bawang putih, klo yg beli dijamin enak, klo yang bikin ibunya gak janji deh hahaha. Ibunya sih suka banget yg serba garlic

    BalasHapus
  6. Boleh juga nih aku coba. Karena jujurly akupun tidak pandai di dapur. Terutama kalau yang berbau kue/ roti. Tetapi sepertinya cara buatnya mudah ya? next time aku coba deh. Garlic bread aku suka

    BalasHapus
  7. Di sini apa cuma aku yang nggak doyan garlic bread? Rasanya tuh gimana ya.. hehe, tapi mungkin kalau bikin sendiri pake resepnya Mbak Lisdha beda cerita kali ya..

    BalasHapus
  8. Ka Liiiss..
    Ini bawang putih, oregano sama seledrinya pas dicampur ama mentega perlu dilelehin dulu atau dicampur dalam keadaan mentega kental biasa?

    Uuh...aku juga jatuh cinta sama makanan ra umum ngene ki..
    Rasanya sederhana, tapi kok bikin nagiiih... Aku mau cobaiiin, kak Liis.. Nuhuuunn~

    BalasHapus
  9. Kok aku gak kepikiran ya bikin garlic bread dari roti tawar, seringnya suka beli rotinya dulu terus baru olesin deh si garlicnya, biar ala-ala kayak toko bakery favoritku gitu.

    BalasHapus
  10. Aku juga bukan tipe ibu-ibu yang demen masak, Mak. Sekalinya masak, cuma bisa fokus masak aja, jarang banget bisa ambil foto-foto buat masukin ke blog beserta resepnya. Padahal kan lumayan ya nambah-nambahin traffic. Hihi.

    Tapi serius, deh, aku baru tahu kalau garlic bread kita bisa buat dari roti tawar aja. Hihi. Kirain harus bikin rotinya dulu yang gimana-gimana itu kan repot yaaa. Kebetulan nih anakku menu sarapannya keseringan roti, kadang bingung mau diapain lagi rotinya.

    Baiklah, besok mau kucoba deh bikin garlic bread yang simple banget ini.

    BalasHapus
  11. Kesukaan molly nih garlic bread. Molly dari kecil udah biasa makan pizza jadi ya gak aneh lagi sama roti ini. Skrg bisa bikin sendiri pake roti tawar

    BalasHapus
  12. Gak punya oven.. wkwk paling Banten pakai teflon sih.. tapi pengen coba deh makannya aja hehe karena buat masaknya butuh effort buatku yang gak suka masak wkwk

    BalasHapus
  13. enaaaak ini mba.. aku juga suka soalnya memang pas buat kapan aja dan buatnya juga gampang ya. Anak - anak pasti sukaaa

    BalasHapus
  14. Bikin begitu Bikin bread garlic Enak sih jadi alternatif sarapan.kadang bosen makan sama selai melulu

    BalasHapus
  15. Sungguh sangat simple mbak. Sampai aku terbengong bacanya, tau-tau udah jadi dan siap dimakan wkwkw.

    Nah iya mbak, dulu waktu meja dapurku masih kecil, segala peralatan masak yang jarang dipake, disimpen erat-erat dan rapat. Kalau mau keluarin, mesti siap masukin dan beresin. Kadang, lebih lama beresinnya daripada pakainya haha

    Sejak meja dapur diperluas, segala oven, microwave, airfryer, ricecooker, blender semua bejejer biar mudah tinggal pakai. Padahal rajin masak juga enggak wkwk. Turun ke dapur buat bikin sarapan aja. Siang dan malamnya beli/catering hahahha

    BalasHapus
  16. Ini kayaknya mudah dan praktis banget ya, Mak. Bisa pakai teflon juga, kapan -kapan bisa dicoba. Kebetulan orang rumah juga doyan garlic bread sih, ntar bikin yang ala-ala. Hehehe

    BalasHapus
  17. Saya setuju dengan anaknya Mbak Lisda, itu tuh roti bawang, namanya juga pakai bawang kan yah? Tapi, saya tidak suka kalau roti dicampur yg aneh-aneh gitu. Roti tawar saja deh kasi mentega dan mesis yah sudah. Kalau pakai bawang, hm...lidah rakyat jelatahku masih kuat untuk menolak wkwkwk.

    BalasHapus
  18. Tos, ku masak karena biar ga boncos, bukan lantaran hobi hihihi..Tos juga kaum mendang-mending daripada ga bikin mending bikin. Btw, aku juga kalau bikin garlic dewe ga pake SKM , Mbak...enakan gitu aja, mau nyontek ah yang ala Mbak lisdha

    BalasHapus
  19. Yaampun aku berniat bikin ini dari kapan tau gak pernah jadii, ahaha. Gak pernah jadi karena gak nyari nyari resepnya juga sih xp
    Kapan-kapan aku cobain nih, udah aku save caranya, ihihi

    BalasHapus
  20. Tau ngga, Mak? Aku tu hobi nyimpen resep, tapi jarang praktek. Haha... Udah rencana pengen bikin ini itu, tapi gagal melulu karena terkendala waktu. Eaaa, bilang aja males, Riiiin, wkwkw...

    Aku jadi pengen beli oven deh gara-gara lihat resep ini. Sekalian mau eksekusi resep-resep lain tentunya. :D

    BalasHapus
  21. jadi inget pertama kali makan garlic bread disebuah restoran pizza dan langsung suka.. abis itu browsing cara bikinnya.. ternyata gampang... sekarang suka bikin karena anak anak suka.. bahannya juga mudah dan praktis

    BalasHapus
  22. Hihi aku kalo mau bikin garlic bread tuh kayak nunggu ke PH deh padahal home made gini lebih praktis juga ya ternyata mau recook ah

    BalasHapus
  23. Ingetnya Garlic Bread emang pas di Pizza Hut. Belum pernah bikin sendiri sih. Kayanya nggak terlalu susah ya bikinnya, asal ada niat Dan langsung praktik deh. Trims sharing resepnya ya Mba

    BalasHapus
  24. langsung ta save nih resepnya. soalnya aku suka menu2 praktis kayak gini. bisa nih untuk sahur kalau besok puasa

    BalasHapus
  25. Terimakasih ya mb resepnya, aku suka banget garlic bread cuma belum pernah bikin sendiri, coba nanti aku bikin pakai resep ini.

    BalasHapus
  26. Garlic bread pizza hut itu memanh favorit banget, mbak. Saya pernah nyoba beli garlic bread olesan ini eh nggak kepakai. Kayaknya mau coba cara praktis ini deh nggak perlu mahal-mahal bahannya. Hehe

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya. Mohon tidak meninggalkan link hidup dalam komentar ya :)