1 Mil Berapa Kilometer?

Pamer sepatu aja sih ini 😀😀


Setiap membaca artikel atau menonton film dengan latar Amerika/Eropa, rasanya sering deh ketemu jarak dalam satuan mil (mile). Sementara, satuan jarak yang lazim dipakai di Indonesia adalah kilometer (km). 

Jujur, aku nggak hafal satu mil sama dengan berapa km. Jadinya, ketika di cerita/film disebut sekian mil, aku nggak langsung bisa mengerti sejauh apa jaraknya. 

Misalnya saja si tokoh dalam film bilang dia baru saja lari marathon sejauh 50 mil dengan senyum-senyum santai dan ceria. Berhubung nggak tahu berapa jauh itu 50 mil, aku tak mempertanyakan ekspresi wajah si tokoh. 

Beda semisal kita tahu satu mil sama dengan berapa km. Atau di film tersebut memang digunakan satuan km. Ketika si tokoh berkata kalau dia baru selesai lari marathon sejauh 50 km, kita bisa membayangkan seberapa jauhnya. Lalu kita akan kagum/heran atau sebaliknya meragukan pernyataan si tokoh. 

Masa lari 50 km tapi masih cerah ceria santuy senyam-senyum gitu? Si tokoh ini superhero? Atau sutradaranya nggak bener kasih arahan?

Kayaknya sih dulu sudah pernah cari tahu, tapi lupa lagi😀. Nah, biar infonya lebih nempel di ingatan, aku buat blogpost deh hehehe. Siapa tahu ada yang singgah di mari.


Kata mil berasal dari bahasa Latin “mille passus” yang artinya “seribu langkah.” Mille passus menunjukkan taksiran jarak sepanjang 1.000 langkah yang ditempuh oleh para prajurit Romawi. Namun, ternyata mil dibedakan menjadi dua jenis pengukuran, yakni mil darat dan mil laut. Kita bahas satu per satu yaaa..

Mil Darat

Sesuai namanya, mil darat (selanjutnya disebut mil saja) digunakan untuk perhitungan jarak di darat. Berdasarkan standar internasional (SI), 1 mil sama dengan 5.280 kaki (feet). Standar internasional juga menetapkan 1 kaki = 30,48 cm. 

Jadi, konversi mil → kaki → cm → akan menghasilkan perhitungan sebagai berikut :

1 mil = 5.280 kaki  
5.280 kaki = 5.280 x 30.48 cm = 160.943,4 cm = 1,60934 km

Duh, ada 5 angka di belakang koma, kok berasa susah untuk dihafal ya.. (kecuali kalau daya ingatnya masih canggih). Jadi, menurut kaidah pembulatan, satu mil adalah 1,6 km. 

Hmmh, kayaknya aku mau mempermudah ingatan dengan mendekatkannya ke taksiran terdekat, yakni 1 mil = 1,5 km. Ingat, ini hanya untuk mempermudah ingatan. Juga supaya lebih mudah ketika ngitung tanpa kalkulator hehehe. Kalau sekadar membuat taksiran kasar kan nggak perlu tepat-tepat amat. Tapi, kalau buat ngitung yang serius jangan dipakai ya taksiran kasar ini..

Mil Laut

Mil laut atau nautical mil adalah satuan panjang yang lazim dipergunakan untuk mengukur jarak perjalanan laut dan udara. 

Aku baca dalam situs kabarpenumpang.com, satu mil laut berarti busur satu menit dari garis lintang di sepanjang garis bujur. Satu busur lintang, pada gilirannya, dibagi menjadi 60 menit. Dengan demikian, satu NM sama dengan 1/60 derajat lintang. Namun, pada Konferensi Hidrografi Luar Biasa Internasional Pertama di Monako, pada tahun 1929 silam, mil laut internasional ditetapkan sebagai 1.852 meter (1,8 km) atau 1.151 mil.

Mil laut merupakan dasar dari satuan kecepatan perjalanan kapal, yaitu knot. Satu knot berarti satu mil laut per jam. Misal, sebuah kapal memiliki kecepatan maksimal 30 knot. Artinya, kapal tersebut memiliki kecepatan 30 mil laut per jam. Dalam kilometer, kecepatan itu setara dengan 55,56 km/jam.(*)


Referensi dari beberapa sumber

2 komentar untuk "1 Mil Berapa Kilometer?"

  1. Memang penggunaan satuann yang berbeda agak bikin bingung, kadang malah terabaikan yang penting ya begitulah. Tapi setiap muncul film barat dengan satuan mil atau di dalamnya terdapat satuan tersebut jadi gagal paham. Apalagi mil laut dan darat agak beda, terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Aku juga suka bingung kalo pake satuan mil 🤣. Langsung ga mudeng. Kalopun sempet cari di Gugel, trus lupa lagi, Krn jarang sih Yaa kita pake satuan ini. Tapi aku mau coba mulai inget2 deh mba 1 km = 1.6 mil

    Intinya lebih jauh drpd km Yaa 😄

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya. Mohon tidak meninggalkan link hidup dalam komentar ya :)