Sudah Berapa Pulau Kau Jejaki?

3 November 2022




Jika setiap hari, bisa mengunjungi satu pulau di Indonesia ini, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menuntaskan misi menjejak seluruh negeri?


Pernahkah mengajukan pertanyaan di atas pada orang lain? Atau pernah bertanya pada diri sendiri? Jujur, baru minggu lalu pertanyaan random itu muncul di kepalaku. 

Bermula dari mau ikut sebuah lomba blog. Temanya kontribusi_brand _penyelenggara_lomba bagi Indonesia. Sebagai prolog, aku menulis tentang pengalaman pindah-pindah tempat tinggal yang ternyata cukup membantuku mengenal sedikit bagian Indonesia yang lu(w)aaas ini.

Sayang sekali, hingga deadline tulisannya gagal matang jadi pemirsah... Aku batal ikut lomba dong. Tapi sayang ya kalau adonan tulisan yang gagal selesai itu terbuang tersimpan begitu saja. Jadinya aku rombak ulang jadi tulisan ini deh. Mending kan buat update blog hehehe

Sudah duluuuu sekali, seseorang (entah guru, entah orangtua, entah siapa) atau sesuatu (entah buku pelajaran, entah majalah anak-anak, entah apa) memberi tahu aku tentang jumlah pulau di Republik Indonesia tercinta. Konon jumlahnya sekitar 17.000 pulau. 

Kupakai kata konon karena aku belum pernah ngitung sendiri hihihi. Meski Indonesia bukan negara dengan jumlah pulau terbanyak, angka 17.000 itu buanyaaak lho...Aku juga belum pernah lihat tampilan peta yang memuat 17.000 pulau.  Terbayang gak petanya bakalan selebar apa biar semua titik pulau bisa kelihatan? Si kartografer alias ahli peta-nya pusing gak ya? Hehehe


Buatku, jawaban dari pertanyaan di atas cukup mindblowing. Entah kalau bagi yang lain. Terasa mengejutkan karena selama ini aku belum pernah iseng  ngitung. Terus, begitu utek-utek kalkulator.... kok hasilnya uwow yaaa..

Kalau jadi soal matematika ala buku pelajaran, kira-kira seperti ini :

Indonesia terdiri dari 17.000 pulau. Budi (hai Pak Budiiii JR πŸ₯°) memiliki misi mengunjungi semua pulau-pulau tersebut. Jika Budi bisa mengunjungi satu pulau setiap hari, berapa tahun yang dibutuhkan Budi untuk menyelesaikan misi?

Haha...ketawa dulu ah sebelum menuliskan hasil kerjaan iseng.πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

Diket :
Jumlah pulau (P) : 17.000
Jumlah hari dalam setahun (H)  : 365

Ditanya :
Lama tahun untuk menyelesaikan misi (T)

Note : ini simbol-simbolnya aku ngasal aja ya..aku sesuaikan dengan nama bendanyaπŸ˜€πŸ˜€

Dijawab :

T = P : H
-->> T = 17.000 : 365 = 46,57 tahun

Nah...gimana jawaban di atas? Cukup wow tydack? Bagiku sih wow! Seumpama di usia 40 aku mulai menjelajah, misi baru kelar saat diriku sudah nenek-nenek bau tanah (itu pun kalau selamat selama perjalanan hehehe).

Itu cuma hitungan random nan iseng aja ya man-teman... Bisa aja didebat dengan "jangan satu pulau per hari dong..minimal dua atau tiga pulau per hari deh. Trus jangan melulu pakai kapal, pakai pesawat supersonik lah." 

Ya boleh aja kalau memang mau coba seperti itu. Cuma terbayang kalau mau ke pulau-pulau yang mblusuk di tengah lautan (bukan mblusuk di tengah hutan). Pulau yang butuh perjalanan ber-jam-jam naik kapal (belum lagi kalau cuaca buruk) dan pastinya tak ada landasan pesawat di sana.

Haha.. kok jadi makin absurd sih..

Btw, menurut teman_dw, menjejak semua pulau di Indonesia itu possible atau mission impossible? (Ada yang langsung ingat wajah ganteng Tom Cruise di masa film itu? Kalau sekarang kan Mas TC juga udah menuaπŸ˜€πŸ˜€)

Faktanya, memang ada orang-orang yang berkesempatan menjelajahi pulau-pulau di Indonesia. Entah itu karena pekerjaan, pendidikan, jalan-jalan, keluarga, atau alasan lainnya. Tapi tak semua orang punya kesempatan seperti itu.  Lagipula, apakah ada yang tuntas menjejak seluruh pulau?

Aku jadi berpikir, ada tidak rekor MURI untuk orang dengan jumlah pulau terbanyak di Indonesia yang pernah dikunjungi?

Mari berhenti membaca sejenak. Lalu, coba hitung berapa pulau di Indonesia (besar maupun kecil) yang sudah kita kunjungi?

Tik-tak-tik-tak-tik-tak-tik-tak-tik-tak....

Hore..hitunganku selesai. Ternyata jumlah pulau yang sudah kujejaki masih muat pakai jari tangan :D. Jelas cuma seujung kuku dibandingkan jumlah seluruh pulau di Indonesia. Namun sejumlah kecil itu pun sudah mampu membangkitkan ketakjubanku pada entitas politis bernama Indonesia. (Diriku belum pernah ke Kepulauan Seribu sih...coba pernah, kan setidaknya jadi sudah mengunjungi sedikitnya 1000 pulau πŸ˜€πŸ˜€).

Belum terlalu lama lewat dari 28 Oktober yang merupakan Hari Sumpah Pemuda. Buatku pribadi, tulisan ini mengingatkan rasa cinta pada tanah air seperti semangat Sumpah Pemuda. 

Meski diriku tak lagi termasuk usia muda berdasarkan undang-undang, nggak masalah dong mengaitkan tulisan ini dengan sumpah pemuda (dan pemudiπŸ₯°). Sekarang, aku memang bukan mahmud (mamah muda) lagi. Namun, di usia "mamah paruh baya" ini justru makin terasa tanggung-jawab mendidik anak-anak yang tak lama lagi bakal jadi pemuda generasi bangsa. Mereka adalah anak-anak yang sedari sekarang sudah akrab dengan istilah "konoha, wakanda" dan satir sejenisnya. Di masa jauh yang akan datang, sejauh mana nasionalisme masih akan relevan? 

Tulisan ini berakhir dengan lagu dari Sabang sampai Merauke karya R Suharjo. Lagu dengan lirik sederhana tetapi mampu menggambarkan kondisi geografis Indonesia serta janji untuk menjaganya.

Dari Sabang sampai Merauke
Berjajar pulau-pulau
Sambung-menyambung menjadi satu
Itulah Indonesia

Indonesia tanah airku
Aku berjanji padamu
Menjunjung tanah airku
Tanah airku Indonesia

Salam (DW)

_______________________
Sumber gambar : www.peta-hd.com


25 komentar

  1. Iya juga yhaaa, butuh waktu lamaaa dan struggling spirit yg WOW klo mau jelajah Indonesia.

    Makanya aku encourage anak utk yaaa isi hidup dgn traveling k mana aja, kid! Dalam negri OK...luar negri juga hayuk.

    Karena kita ga tau jatah Hidup kita ampe berapa thn d dunia yg fana ini...jadi optimalkan aja πŸ‘ŒπŸ˜‰

    BalasHapus
  2. MasyaAllah banget jumlah pulaunya, kalau dihitung gitu aja masih belum bisa menjejaki semua pulau karena umur orang tidak menentu. Apalagi ini enggak mungkin kunjungi satu pulau dalam sehari, udah di umur sekarang saja masih berpijak di pulau Jawa tanpa pernah berpindah. Semoga bisa ke pulau yang diimpikan saja, lah. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  3. Hihihi... mengunjungi kepulauan seribu, dalam sehari udah dapat 1000 pulau ya mbak.

    Pulau-pulau besar sebagian sudah saya kunjungi, karena urusan kerjaan sih.

    BalasHapus
  4. Wadaw aku teringat wajah TC. Iya pada masanya TC heiitz banget, yaampun udah jadul ya kitaaa ehhh. Mau sih muterin pulau di Indonesia, mau banget. Ih aku nggak hafal ada 17rb yaa πŸ˜„
    Btw baru sdikit nih aku, masih bisa dihitung oleh jari

    BalasHapus
  5. Aku ingin ke pulau Kalimantan, mba. Sungguh luar biasa dan luas ya tanah air Indonesia ini mba :) Alida

    BalasHapus
  6. Sayang sekali ya mom tulisannya tidak diikut sertakan lomba. Tulisannya oke banget loh. Aku belum banyak pulau yang aku jejaki. Baru 2 Sumatera, Sulawesi dan Jawa. Dikit ya

    BalasHapus
  7. Kak Lis.. beneran deh aku salut.
    Sampe beneran dihitung yaa.. Namanya target memang kudu jelas, spesifik dan terukur yaah.. Termasuk keliling Indonesia.

    Tapi semisal sehari 3 pulau, kalau kaya di Lombok, bisa kali yaa.. kak Lis.
    Ke Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air.

    Hehhe, auto coret 3 pulau dan kalau ke Pulau Seribu, juga bisa membabat habis beberapa pulau dalam sehari.

    Eh, aku jadi halu kemana-mana juga jadinyaa..

    BalasHapus
  8. Aaakk.. Banyak banget ternyata yaa. Ini sih keliling Indonesia dulu aja udah puas ya sebelum keliling dunia. Aku juga baru seitungan jari nih pulau pulaunya 🀭

    BalasHapus
  9. Wow, 1.700 pulau. Ku tak sanggup menjelajahi semuanya haha..Yang pasti diusiaku yang sudah 40 plus plus ini baru bisa berkunjung di Pulau Jawa, Bali dan Kalimantan. Lainnya belum huhu..Pengin kalau ada kesempatan bisa ke Sumatera, Sulawesi, NTT, NTB, Papua, Lombok dan lain sebagainya. Jika semesta merestui hehe..

    BalasHapus
  10. Kalo beneran ingin menjelajahi seluruh pulau di INdonesia, nggak hanya butuh durasi waktu lama. Tapi biayanya juga buanyaaak banget, hihiii... Karena sarana perhubungan atau transportasi antar pulau makin ke timur makin mahal, mba. Meski kepengen road trip ala campervan, tapi mengingat biayanya segitu banyak padahal cuma pulau besar aja yang disambangi

    BalasHapus
  11. Hasil googling ada yg berhasil keliling Indonesia selama 3 tahun mak kayaknya belum ke semuaa pulau kecil kecil deh. Pernah lihat tv butuh puluhan tahun bisa keliling pulau2 di Indonesia

    BalasHapus
  12. Sungguh wow! Lama juga ya waktu yang dibutuhkan biar kita bisa mengunjungi seluruh pulau di Indonesia. Kayaknya memang harus dimulai sejak remaja nggak sih mbak? Jadi ikut random mikirnya ~

    BalasHapus
  13. Empat puluh enam koma tujuh tahun baru bisa terjelajahi seluruh pulau! Wooowwww

    ingat, satu pulau bisa beberapa propinsi loh, jadi bisa saja satu pulau didatangi selama ... sekitar 10 harian ya dan itu pun belum terjelajahi total!

    BalasHapus
  14. Itulah sebabnya, ketika aku cerita 2 tahun tinggal di Amerika bisa mengunjungi 48 states/negara bagian, banyak yang keheranan. Padahal ya karena yang kukunjungi itu states yang di daratan, jadi sambung menyambung bisa via darat berkunjung. Total hampir 8 minggu (dalam waktu berbeda) bisa kelar semua. Lha kalau Indonesia 17.000 pulau, berapa tahun bisa semua dijejaki. Atau enggak usah pulau, 37 provinsi Indonesia pasti butuh effort untuk mendatanginya.
    Btw, kalau pulau aku baru ke pulau huhuhu

    BalasHapus
  15. kalau pulau gede lumayan sih Jawa, kalimantan, sumatera, lombok, sumbawa, Bali. kalau yang kecil2 nih kayaknya harus masukin list

    BalasHapus
  16. Kalau benar-benar jelajah satu persatu pulau di Indonesia, kayanya agak impossible ya mengingat uang perbekalan juga medan ke sananya. Kecuali kalau dimulai dari bayi, atau bisa pakai pintu ke mana saja milik Doraemon, hehehe

    BalasHapus
  17. Wah bakal lama juga kalau harus mengelilingi semua kepulauan di Indonesia ya mbak
    Saya cuma pulau Jawa, Bali, dan madura saja mbak

    BalasHapus
  18. Satu pulau kecil bisa dikunjungi dalam waktu singkat. Kalau mau hitung benar bisa kok sehari 1-4 pulau. Menginap di pulau terakhir. Jadi ga sampai 46 tahun.
    Yah,,malah ikutan ngayal......

    BalasHapus
  19. Apalagi akuuuu masih dikit jugaaa. Kalau aku gak menikah dengan org luar Jawa mungkin hidupku masih seputaran Jawa nambah Madura wkwk. Kalau ke Bali pernah beberapa kali zaman masih ikut ortu. Ke NTT dibayarin kampus. Ke Kalimantan krn mertua. Selebihnya blm ke mana2 lagi hehe. Moga ada kesempatannya keliling lbh banyak pulau di Indonesia aamiin.

    BalasHapus
  20. Berapa pulau ya selama ini yang udah saya kunjungi? Kalau di kepulauan Seribu pernah ke Pulau Tidung aja. Ke luar kota dan lintas Pulau, dulu pernah ke Bali.

    BalasHapus
  21. Baca tulisanmu ini jadi teringat diriku yang jarang kemana-mana. Baru berapa pulau yaaa yang kusambangi. Palingan Jawa, Bali dan Sumatera aja. Semoga bisa nambah ke pulau2 lain deh kalau ada rejeki.

    BalasHapus
  22. Aku pun penasaran mba, apalagi 17k pulau itu ga semua tercantum di peta . Lokasi ya ntah di mana2, mau datangin 1-1 udah rempong search dulu 🀣.

    Jangankan pulau, itungan propinsi aja aku masih dikiiiiit. Malah kalo diitung2, lebih banyak aku visit propinsi di Jepang daripada propinsi negara sendiri πŸ˜…πŸ˜‚. Krn memang selama ini target travelingku kebanyakan LN. Bukannya kenapa2, tapi Krn tiket kesana memang lebih murah drpd muterin Indonesia πŸ˜….

    Semoga nanti lah, bisa ngedatangin lebih banyak lagi pulau dan propinsi di sini 😁

    BalasHapus
  23. Aku selama 30 tahun hidup baru menelusuri Jawa, Bali, dan Korea Selatan aja wkwkwk. Pengen banget Mak bisa pergi travelling dan mencoba tinggal nomad di berbagai pulau. Semoga suatu hari nanti ada rejeki untuk bisa dapet kesempatan tersebut :))

    BalasHapus
  24. mbak tau gak Negara yg Jumlah Terbanyak Sultan/Raja di Dunia?
    btw, sy udah sampe ke Pontianak (pulau Borneo), pulau Bali, Tanjung Balai (pulau Karimun), pulau Batam, pulau Bintan, pulau Jawa .. alhamdulillah
    ps. salam dari seberang

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mbak, aku terlupa.. kemaren aku baru aja pulang dari pulau Tidung (kepulauan seribu) itu jugak., ;p

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya. Mohon tidak meninggalkan link hidup dalam komentar ya :)