Macam-macam Kue Putu

19 September 2022

kue putu
photo : IG @bjluther

Kalau ngomongin kue putu, mungkin kebanyakan orang akan langsung merujuk putu bambu. Kue berwarna putih/hijau dan berbentuk lonjong karena dicetak dengan bambu. Bahannya utamanya tepung beras diberi gula merah, lalu disajikan dengan parutan kelapa.

Satu hal yang mudah diingat dari kue putu ini adalah bunyi uap air yang muncul saat proses pemasakan. Alhasil, konon nama putu merupakan singkatan dari Pencari Uang Tenaga Uap. Kayaknya kepanjangan ini hasil cocoklogi ya...hehehe.

Baca : Main ke Pembangkit Listrik Tenaga Angin di Sidrap

Gara-gara tinggal di Makassar, saya jadi tahu nih kalau putu bambu punya nama alias, yakni putu cengeng dan putu menangis. Sudah pasti, nama itu diambil dari bebunyian saat proses pembuatannya. Menangis melulu kayak orang cengeng hehehe.

"Kue putu berarti kue cucu dong," kata si bocil yang masih belajar Bahasa Jawa. Dalam Bahasa Jawa, putu memang berarti cucu. Ada-ada aja si bocah. Nggak setiap nama bisa dialihbahasakan, kali... Eh tapi, jangan-jangan memang ada kaitannya dengan cucu? Entah deh, saya belum menjelajah sejarah kue putu.

Baca : Mengajarkan Bahasa Daerah pada Anak, Pentingkah?

Yang pasti, kue putu bukan hanya putu bambu. Di negeri ini, ada aneka kue putu lho. Yuk kita ulas singkat satu per satu :

1. Putu bambu

putu bambu
Photo : IG @wawawiati

Sudah disebut pertama tadi ya.. Teman DW pasti sudah tidak asing dengan kue ini. Sayangnya, saya belum pernah nemu penjual putu bambu yang buka kios. Adanya di pedagang keliling yang jadwal jualannya tidak saya tahu. Jadi, seringnya untung-untungan deh dapat kue putu bambu. Btw, meski namanya putu bambu, bisa lho dibikin tanpa cetakan bambu. Seperti foto di atas, meski namanya putu bambu, cetaknya pakai daun pisang lho.. Kreatif!

2. Putu ayu

putu ayu
Photo : @endeus.TV

Berbeda dengan putu bambu, putu ayu berbahan dasar tepung terigu. Biasanya berwarna hijau (saya belum pernah ketemu warna lain) dan disajikan dengan parutan kelapa. Jenis putu ini mudah saya temukan di pedagang/toko kue. Kenapa disebut putu ayu ya? Sama-sama penasaran nggak?

3. Putu mayang

putu mayang
Photo : resepkoki.com

Dari segi penampakan, putu satu ini paling berbeda dengan saudara-saudaranya. Bentuknya seperti mie kenyal warna-warni dan disajikan dengan kuah manis. Buat pemula, pasti butuh ketelatenan untuk mencetaknya satu per satu. Beda cerita kalau sudah expert.๐Ÿ˜€ Saya sudah lama nggak makan putu mayang...hadeeeh, kok jadi pengin yaaak..


4. Putu cangkir

putu cangkir
Photo : by me


Saya baru tahu putu cangkir setelah pindah ke Makassar. Pertama tahu saat perjalanan ke Malino. Nah, di jalan poros Makassar - Malino, tepatnya di Desa Lonjo Boko, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, berderet pedagang putu cangkir. Putu cangkir merupakan kue khas Bugis. Mungkin dulu cetaknya pakai cangkir, maka disebut putu cangkir. Namun, saya lihat sekarang sih, proses pembuatannya pakai corong plastik. Di Makassar, pedagang putu cangkir relatif mudah ditemukan.


5. Putu Tongka


putu tongka
Photo : IG @riolo.ku

Saya baru tahu jenis putu tongka dari ibu penjual putu cangkir. Pertamanya, saya dengar sebagai tongkang. Hah, kok nama kapal? Ternyata tongka, tanpa -ng. Putu tongka terbuat dari tepung ketan. Berbeda dengan putu lain yang berasa manis, putu tongka tawar cenderung asin. Bahkan, bisa dimakan pakai sambal lho... Jangan kaget, kalau di Makassar kan aneka rupa makanan dicocol sambal. Pisang goreng saja pakai sambal...

6. Putu Pesse

putu pesse
Photo : Ummy ulfa (cookpad.com)

Ini adalah satu-satunya kue putu yang belum pernah saya cicipi. Putu pesse juga termasuk makanan khas Bugis lho. Putu pesse paling berbeda dalam proses pemasakan. Terbuat dari tepung ketan, putu pesse tidak dikukus. Namun, beras ketan disangrai, dibuat tepung, dicampur dengan gula dan parutan kelapa, baru dicetak.

***
Ternyata cukup banyak juga ya jenis kue putu. Jangan-jangan masih ada jenis putu yang lain lagi? Jujur, saya belum pernah memasak kue putu, satu jenis pun belum. Tiap makan kue putu, pasti dari beli atau sajian acara๐Ÿ˜€. Bener-bener #timtinggalmakanaja. Bagaimana dengan teman-teman? (DW)


Terima kasih telah berkunjung.๐Ÿ™
Cara cepat cek daftar tulisan, klik SITEMAP


31 komentar

  1. Ya ampuuuun ternyata banyak juga yaaa jenis kue putu ๐Ÿ˜„. Ga nyangka loh. Aku penasaran Ama putu yg rasanya asin dan bisa dicocol sambel. Kayaknya bakal cocok sih Ama seleraku mba ๐Ÿ˜„.

    Aku sbnrnya biasa aja Ama kue putu. Mungkin Krn buka penggemar kue manis kali yaaa. Tapi masih mau kok icipin. Cuma utk putu bambu, aku jaraaaaaang Nemu yg enaaaak. Dulu pas di Aceh ada yg jual putu bambu ENAAAK bgt. Lembuuuut, kayak melted gulanya. Tapi di JKT ini, yg lewat jual kue putu sih banyak, tapi udh aku cobain, ga enak semua. Kuenya itu berasa kering dan ga lembut mba. Makanya aku jarang beli di JKT.

    Kec kalo ke toko kue yg udh punya nama, dan kebetulan jual putu bambu, biasanya aku beli. Pernah liat waktu itu di salah satu bakery shops Deket rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah ada ya bakery yg jual putu bambu. Sampai detik bales komen ini aku blm pernah nemu putu bambu kecuali dr jualan keliling. Aku bbrp kali makan putu tongka, tapi blm coba cocol sambel hihihi..

      Hapus
  2. Kalo ngomongin putu aku kepikirannya emang putu bambu yang sering beli di abang2 sih, tapi ternyata aku pernah juga lho makan putu mayang dan putu ayu. Sering banget disajikan kalo di arisan RT sih, nah kalo yang dua terakhir aku belum pernah nyicip tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi bener banget mba...dua itu sering buat snack acara ya kan. Eh kok jd terpikir kalo bikin acara ngundang kang putu bambu. Tp suaranya ganggu acara kali ya.. hehee

      Hapus
  3. Aku baru coba sampe list ke 3. Dan paling favorit putu ayu. Utk putu bambu sekarang juga agak jarang banget di jumpai. Semakin langka pedagangnya
    Yg dari makassar unik-unik ya..tapi kalau liat bentuk aku malah jadi keinget sama kue apem

    BalasHapus
    Balasan
    1. Putu cangkir mmg mirip apem bentuknya yak..tp beda sih rasanya heheh

      Hapus
  4. Sumpah baru tahu kalau semua yang di atas itu kue putu, putu mayang ini yang ada di angsle bukan putu nyebutnya kalau di sini. Putu ayu juga sering dikira apem kalau enggak roti padahal hampir di setiap berkat yang datang ke rumah itu ada. Kalau putu yang pertama baru tahu sering dijual juga enak rasanya pas hangat. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi nama lokal emang bisa beda2 kan mba... jd ragam budaya kuliner juga :)

      Hapus
  5. Kalau tukang putu bambu sering lewat di depan rumahku mbak. Sedangkan tukang putu ayu agak jauh dari sini. Putu mayang juga udah lama aku beli hihihihi.... Enak2 semua ya camilan tradisional. Mesti dilestarikan nih jangan sampai punah. Putu cangkir dan di bawahnya itu kayaknya aku belum nyobain deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang tiga terakhir aku juga baru tahu gara2 tinggal di sulsel sih mbak.. tdnya jg cuma tau putu bambu, mayang, dan ayu.

      Hapus
  6. Ternyata banyak ya, saya hanya baru tahu Putu Bambu, Putu Ayu dan Putu Mayang. Ternyata asa lainnya juga. Pengen nyicipin semuanya buat camilan atau buat hidangan tamu.

    BalasHapus
  7. Oh yang bentuknya bunga namanya putu pesse ya, aku baru tahu. Di Semarang sama aja namanya kue putu ayu. Kalo putu cengeng atu nangis itu dinamakan putu bumbung karena cetakannya dari bambu. Mirip yaa namanya. Dulu masa kecil kalo ada penjual putu bumbung lewat, bapakku selalu bilang,"Tuh tukang jual putu bumbung datang. Sana beli kasihan tuh nangis karena nggak ada yang beli," hahahaaa... Lucu banget si bapakku

    BalasHapus
  8. Ternyata ada beberapa jenis kue putu ya, saya tahunya putu bambu dan putu ayu saja. Kalau putu bambu pun udah jaraaaaang banget nemu, dulu abang yang jualan keliling masih jauh pun udah tahu bakal lewat karena bunyi khas uapnya itu. Kalau putu ayu sampai sekarang masih sering konsumsi, kalau ke pasar, pasti beli jajan putu ayu

    BalasHapus
  9. Kue putu itu kesukaanku. Semua jenis putu suka, apalagi putu bambu, sampai sekarang masih ada kang putu bambu lewat khas dengan bunyinya. Nah yang belum pernah kayaknya putu cangkir, baru tau bentuknya begitu hehe.

    BalasHapus
  10. Hehe beneran ya nyambung nih PUTU "pencari uang Tenaga Uap" tapi emang putu bambu enak nya beda dibanding dengan putu kukus lainnya

    BalasHapus
  11. dari semua macam putu yang mba sebutkan dalam review ini hanya putu tongka yang belum pernah aku icip heheheh

    BalasHapus
  12. Ishhh samaaaa dgn dakuuu tim tinggal lhweeppppp๐Ÿ˜† blm.pernah masak putu apapunnn

    Bangga yaa dgn khazanah kuliner nusantara tercintaaaaaa

    BalasHapus
  13. Wah, kaya sekali ya kuliner khas Indonesia ini
    Kue putu saja sampai sebanyak ini macamnya
    Aku baru pernah makan yg putu bambu, putu ayu, dan putu Mayang saja
    Lainnya belum pernah

    BalasHapus
  14. Wah, nomor 4 keatas aku baru tau mbak hehe. Wah, menarik sekali ya ternyata banyak juga macam nama kue putu. Favorit putu bambu dimakan anget anget

    BalasHapus
  15. Waah baru tahu aku maak kalau ada macem macem putu yaa....setauku cuma putu menangis nguing nguingg biasanya keliling komplek.

    BalasHapus
  16. Kue Cucu kwkwkw....Banyak macam ternyata kue putu ya Aku sepertinya belum pernah makan yang nomor 4,5,6. Kalau yang Putu Bambu sering karena sore ada yang lewat depan rumah pakai gerobak dorong jualnya...Enak tenan!

    BalasHapus
  17. Putu bambu sampe sekarang masih terfavorit nih...sukak banget sama rasanya..dan cara pengolahannya yang unik..

    BalasHapus
  18. Aduuh, sedapnyaa...
    Aku juga suka pake banget sama kue putu segala rupa. Dan belum pernah makan putu pakai sambel, huhu...jadi gimana rasanya yaa??

    Kalau di Surabaya, putu mayang namanya kue petulo.
    Ini kangen bangeeett... Kok rasanya uda jarang yang jualan kue petulo ini yaa??

    BalasHapus
  19. Putu bambu dan putu mayang jadi kesukaan kami sekeluarga. Apalagi putu bambu. Agak jarang yang jual. Tapi, kalau pas lewat depan rumah biasanya selalu dibeli

    BalasHapus
  20. saya baru tahu hanya 3 teratas mbak, putu bambu, putu ayu dan putu mayang, putu lainnya baru tahu di postingan ini. Makasih mbak, artikelnya membuat saya jadi tahu ada putu-putu lainnya hehe

    BalasHapus
  21. Adududuh, enak banget ini semua. Aku doyan deh. Kecuali satu yang belom pernah aku cicipi. Itu yang dicocolin itu. Uuuh btw aku udah lama gak makan putu. Cus nyari putu aaaah. ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  22. Wah, beragam sekali ya jenis kue putu
    Yang saya sudah pernah nyoba baru putu bambu, putu ayu, sama putu mayang. Selebihnya baru tahu malah.. He3..heran juga ya kok namanya putu. Mungkin dulu dibuat buat para putu (cucu) biar nggak menangis karena lapar... Wkwkwk..

    BalasHapus
  23. Dari semua varian kue putu yang disebutkan di atas, saya tahunya putu bambu sama putu ayu aja. Tapi yang benar-benar saya doyan sih putu bambu. Ditungguin banget tuh penjualnya lewat depan rumah. Dan gak lupa, belinya sambil lihat gimana serunya proses pembuatannya..

    BalasHapus
  24. Aku baru tahu itu yang putu tongkat deh, terus dicocok sambal ya? Kalau aku biasa yang putu manis, tapi karena aku suka rasa putu yang hambar gurih, jadi aku request gulanya sangat sedikit saja

    BalasHapus
  25. Baru ngeh namanya pake putu semua ya hahaha padahal sering makan kecuali putu tongka dan pesse

    BalasHapus
  26. Eh aku baru tau, kue putu punya beragam variasi yaaaa.. paling favorit sih masih putu bambu. Suka banget dimakan anget anget dan ngerasin gula setengah cairnyaaaa. Kue tradisional indonesia memang daebak

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya. Mohon tidak meninggalkan link hidup dalam komentar ya :)