MOJITO Bunga Telang

13 Juli 2022

Bunga telang
Bunga telang dari halaman 


 Bunga telang, rasanya salah satu jenis tanaman rambat ini sudah tak asing lagi. Ketikkan “bunga telang” di mesin pencari. Dijamin banyak sekali konten yang membahas bunga telang, mulai dari budidaya hingga aneka manfaat. Ketik juga “bunga telang” di menu pencarian marketplace. Dengan mudah, kita akan menemukan benih siap tanam hingga bunga telang siap konsumsi.


Clitoria ternatea, demikian nama Latin bunga telang. Nama kedua langsung mengaitkan ingatan pada sebuah tempat di Kepulauan Maluku. Nama ternatea memang berasal dari Ternate. Merujuk pada sistem taksonomi Linnaeus, lokasi penemuan spesimen tanaman bisa disematkan sebagai nama. Namun, beberapa sumber menyebut, bunga telang berasal dari Amerika Selatan.

Merujuk artikel di mongabay.com, asal-usul nama Clitoria ternatea bermula dari pelayaran pedagang sekaligus botanis asal Polandia, Jacob Breyne  di abad 17. Ketika tiba di Ternate, Breyne terpesona pada tanaman merambat dengan bunga berwarna ungu. “Flos clitoridis ternatensibus,” cetus Breyne. Artinya, bunga klitoris dari Ternate.

Manfaat Bunga Telang

Alam menyediakan demikian banyak tumbuhan dan tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Selain dikonsumsi segar atau dimasak lebih dulu, banyak tanaman yang diolah oleh pabrik menjadi berbagai produk industri. Daun katuk, misalnya. Selain dikonsumsi langsung, saat ini banyak suplemen pabrikan dengan kandungan daun katuk untuk ibu menyusui. Belakangan, saya juga kerap menjumpai daun centela (pegagan) dalam daftar ingridients berbagai skincare.

Tapi jujur, sejauh ini, saya belum pernah ketemu produk industri non-pangan yang mengunggulkan kandungan bunga telang. Kosmetik atau obat dengan kandungan bunga telang, misalnya. Mungkin, belanja saya kurang jauh...hehehe. Kalau ada Teman DW yang tahu, tolong kasih tahu saya lewat kolom komentar yaa...

Di internet, banyak publikasi hasil penelitian tentang manfaat bunga telang. Berbagai publikasi menyebutkan potensi farmakologi bunga telang, antara lain sebagai antioksidan, aktibakteri, antiinflamasi, antioksidan, antihistamin, dan masih banyak lagi. Bahkan, tidak hanya untuk manusia, tanaman telang juga bermanfaat untuk hewan ternak. Dengan kandungan nutrisinya, tanaman telang bagus untuk diberikan pada hewan ternak, baik sebagai pakan segar, pakan kering, ataupun campuran dalam konsentrat.

Tahun lalu, saya membeli benih bunga telang secara online. Lalu, saya menanamnya dalam pot di halaman tempat tinggal. Saat ini, entah sudah berapa persisnya usia si bunga telang. Yang pasti, dia sudah merambat hingga hampir memenuhi separuh pagar. Bahkan, sebagian saya potong karena meninggi, merambati dahan-dahan pohon alpukat. Akar tanaman si tanaman telang juga sudah menembus pot, menghujam langsung ke tanah.

Saat ini, tanaman bunga telang di halaman rajin berbunga. Kalau mau, setiap hari, saya bisa panen bunga telang. Banyak lho makanan-minuman yang menggunakan bahan bunga telang. Selain khasiatnya, warna biru yang dihasilkan bunga telang bisa mempercantik tampilan makanan dan minuman.

Saya sempat tidak telaten memanfaatkan si bunga telang. Akibatnya, bunga-bunga berkembang menjadi biji yang ketika jatuh tumbuh di sana-sani. Haduuh, rasanya sayang untuk mencabut tanaman telang kecil. Tapi, nggak mungkin juga saya biarkan tumbuh semuanya:D.

 

Seduhan bunga telang


Belakangan, saya kembali rajin membuat minuman bunga telang. Bikin yang paling praktis, yakni bunga telang segar – cuci – seduh dengan air panas – tunggu suhunya turun – minum. Seduhan bunga telang ini rasanya cenderung tawar sehingga asik saja diminum tanpa bahan tambahan apapun. Namun, bunga telang bisa juga dikreasikan dengan aneka bahan sehingga menjadi minuman kekinian.

Salah satunya, MOJITO BUNGA TELANG yang resepnya saya bagikan di bawah ini :


Bahan :

Segenggam bunga telang, cuci – seduh dengan air panas. Tunggu dingin. Bisa juga menggunakan satu sendok bunga telang kering.

500 ml air matang

Daun mint secukupnya

Jeruk lemon/nipis sesuai selera (makin banyak makin asam, pastinya)

Madu/gula secukupnya (optional)

Air soda secukupnya (saya pakai Sprite)

Sesendok biji selasih (optional), seduh dengan air panas.



Cara pembuatan :

Masukkan air bunga telang dan pemanis dalam wadah. Aduk.

Tambahkan perasan lemon/jeruk nipis (bisa juga dimasukkan dalam bentuk irisan tipis).

Masukkan es batu.

Masukkan biji selasih.

Terakhir, tambahkan soda dan daun mint.

Minuman bunga telang
Mojito bunga telang

 Sudah jadi deh mojito bunga telang yang manis-segar-asam. Praktis bukan?

 

Referensi : 

https://www.google.com/amp/s/www.mongabay.co.id/2020/11/07/mengenal-bunga-telang-si-ungu-dengan-beragam-manfaat/amp/

http://kalteng.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/publikasi-mainmenu-47-47/artikel/1402-mengenal-bunga-telang-si-biru-dengan-beragam-manfaat

26 komentar

  1. Bunga ini astaga bisa dijadiin minuman kayaknya seger banget padahal karena bentuknya dan teksturnya yang lengket di tangan bikin orang lebih memilih potong dan bersihin dari halaman. Kalau kayak gini keliatannya enak, ternyata bisa diolah. Terima kasih resepnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha..lengket to mbak Nisa? Kok aku ga merasakan lengket ya meski ngremes2 bunga ini..

      Hapus
  2. akuu pencinta bunga telang. ga punya pohonnya karena ga ada lahan buat nanemnya. sejak pindah rumah jadi rajin metik bunga telang... di lapangan seberang rumah :D udah dicoba bikin mojito, latte (campur susu), kolang-kaling, campur nutrisari biar jadi ungu, dan paling favorit bikin es telang taleng (campur sereh dan gula pasir). enak semuaa... ni ada di kulkas sebotol telang taleng. minum ahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah....jd pengen coba buat telang taleng juga mbak rin. Tengkiuuuu sharingnya

      Hapus
  3. Wah, baru tau nih ternyata bunga telang bisa dijadikan minuman segar :D Penampilannya aja cantik begitu ya, makin penasaran dengan rasanya hehehe :D Kalau gitu mendingan coba tanam bunga telang aja nih kan sewaktu2 kepengen bikin minuman ini bisa dengan segera :D

    BalasHapus
  4. Aku tu suka sama warna minuman/makanan dari bunga telang..warnanya tuh cakep birunya. Khasiatnya juga banyak ya bunga telang ini... Pengen cobain bikin mojitonya nih...

    BalasHapus
  5. bunga telang ini pas aku masih SD banyak banget di sekitar rumah nyokap, suka aku pakai sebagai tadahan air gitu

    BalasHapus
  6. Khasiat bunga telang banyak yaa, aku pernah minum tehnya di kemasan botol dan enak rasanya jadi pengen nanam juga deh mbak, beli bibitnya ternyata ada online ya..pengen beli ah...

    BalasHapus
  7. Eksplorasi saya dengan bunga telang paling baru dibuat minuman. Warnanya memang cantik tapi rasanya hambar saja. Jadi saya manfaatkan saja khasiatnya dalam minuman. Selain itu saya juga masukkan ke dalam rice cooker saat memasak nasi. Lumayan membuat nasi kurabu ala Malaysia

    BalasHapus
  8. Ibu mertuaku suka berkebun mbaaa

    Ada baiknya beliau coba nanam bunga telang ini kali ya.

    Kan full faedah. Bisa utk kesehatan jg

    BalasHapus
  9. Duh jadi pengen minuman seger2 kyk bunga telang ini. Belakangan naik daun karena emang baik buat kesehatan ya mbak selain bisa menjadi pewarna alami. AKu tu dari dulu pengen sekali nanam tanamannya, moga nanti bisa nyari bibitnya :D
    BTW thanks resepnya :D

    BalasHapus
  10. BUnga telang sekarang jadi primadona ya mbak, banyak banget yang memanfaatkannya. Aku pingin nanam tapi belum beli benihnya. Seger banget ini minumannya

    BalasHapus
  11. Bunga Telang ini lagi hepening ya mbak
    Aku kemarin juga nyoba bikin minuman dari bunga telang

    BalasHapus
  12. Waaah maklis itu minuman seger bangett jadi mupeng pengen, ada ga yaa disini bunga telang.

    BalasHapus
  13. Bunga yang cantik dengan manfaat yang segudang untuk kesehatan. Pengen coba resepnya, kayaknya minumannya seger juga ya..

    BalasHapus
  14. Dennise Sihombing7/16/2022 9:19 PM

    Bulan lalu aku dengan komunitas berkebun, piknik di perkebunan daerah Bogor. Oleh tuan rumah temanku disajikan minuman dari bunga telang + cia sit. Duh enak banget, segeerrr dingin-dingin. Itu kali pertama aku nikmati

    BalasHapus
  15. Waahh...mojitooo...aku paling suka minum mojito.
    Rasanya segar apalagi diminum siang-siang.
    Belum pernah minum bunga telang tanpa pemanis..

    BalasHapus
  16. wah makasih mbak untuk resepnya. aku punya tanaman kembang telang. dan sekarang bunganya itu lagi banyak2nya. sampai kebuang-buang. dimintai tetangga juga nih. jadi pengen bikin mojito ini

    BalasHapus
  17. Kalau bunga telang saya jadiinget jaman anak2 masih kecil. Dimana mata mereka diteteskan air bunga telang biar jernih.. Xixixi.. Itu jaman duli.

    BalasHapus
  18. Mantap nih mba resepnya, biasa nya aku sih minum tdh telang hangat pakai gula gitu aja nggak pakai campuran apa-apa. Ntar mau nyobain pasti segar banget ini.

    BalasHapus
  19. Bunga telang ini memang bagus ya warnanya. Mana kaya akan antioksidan juga. Jadinya pas kalo dipakai untuk pewarna alami untuk makanan atau minuman. Aku kepengen deh nanam bunga ini di pekarangan rumah.

    BalasHapus
  20. asyik niiih mba resepnya.. suka dengan bunga telang yang warnanya unguuuu ya. Seger nih

    BalasHapus
  21. Duh, cantik banget deh bunga teleng, makaya cakep buat bikin nasi ungu bunga teleng. Kalau dibuat minuman aku baru nyoba yang direndam air putih aja tanpa tambahan

    BalasHapus
  22. Terima kasih Mbak infonya Dulu aku pernah dikasih tahu orang bahwa bunga telang bisa juga untuk mengurangi penyebaran kanker

    BalasHapus
  23. Aku tahunya itu tanaman liar aja Mba. Ternyata bisa diolah juga jadi minuman berkhasiat. Jadi pengin coba bikin juga, karena kalo di kampung sering nemu bunga Telang.

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya. Mohon tidak meninggalkan link hidup dalam komentar ya :)