Sayur Bening BungaTelang

13 Juli 2022




Ketika dulu menanam benih bunga telang, saya hanya fokus pada bunganya. Saya belum tahu kalau daun telang juga bisa dimanfaatkan. Baru belakangan saya tahu kalau daun bunga telang juga bisa dimanfaatkan untuk bahan makanan.

Clitoria ternatea, demikian nama latin bunga telang. Nama ternatea langsung mengaitkan ingatan pada Ternate, sebuah kota di Kepulauan Maluku. Meski banyak disebut berasal dari Amerika Selatan, nama ternatea pada bunga telang memang merujuk pada Ternate. Ini tidak lepas dari “penemuan” bunga telang di Ternate oleh Jacob Breyne di abad 17. Menurut sistem taksonomi Linnaeus, lokasi penemuan spesimen tanaman bisa disematkan sebagai nama ilmiah.

Baca : Minuman Mojito dari Bunga Telang

Bunga telang tidak hanya berguna untuk hiasan pekarangan. Konten tentang manfaat bunga telang bagi kesehatan mudah ditemukan di dunia maya. Bunga telang juga banyak diperjual-belikan dalam bentuk segar maupun kering. Bunga telang disebut-sebut memiliki potensi farmakologi, antara lain sebagai antioksidan, aktibakteri, antiinflamasi, antioksidan, antihistamin, dan masih banyak lagi.

Bahkan, tidak hanya untuk manusia, tanaman telang juga bermanfaat untuk hewan ternak. Dengan kandungan nutrisinya, tanaman telang bagus untuk diberikan pada hewan ternak, baik sebagai pakan segar, pakan kering, ataupun campuran dalam konsentrat.




Tahun lalu, saya membeli benih bunga telang secara online. Benih itu saya tanam dalam pot di halaman rumah tinggal kami saat ini. Puji Tuhan, si tanaman tumbuh subur hampir memenuhi pagar depan. Akar tanaman pun sudah menembus pot langsung ke tanah. Si telang sangat berbakti, setiap hari memberikan bunga-bunganya untuk saya olah menjadi minuman. Beberapa hari sekali, saya juga memanen daun dan bakal buah untuk saya jadikan sayuran.

Saya baru coba buat sayur bening sih, resep yang praktis karena tinggal cemplang-cemplung. Menurut indera saya sih, setelah diolah daun telang tidak menghasilkan aroma atau rasa menyengat. Teksturnya juga cukup lembut. Agak-agak mirip daun katuk dan daun kelor. Dibikin sayur bening, rasanya segeeer. Berikut resep sayur bening daun telang ala saya :

Bahan :

Daun telang muda. Kalau ada biji telang yang masih muda, biasanya sekalian saya ambil. Biji telang muda rasanya seperti kacang kapri.

Wortel, potong sesuai selera.

Air


Bumbu

Bawang merah

Daun salam

Garam

Gula pasir

Kaldu bubuk/Penyedap rasa (optional)


Cara memasak :

Bersihkan bahan sayuran. Potong wortel sesuai selera.

Iris bawang merah

Didihkan air

Masukkan bawang merah dan salam, disusul daun telang dan wortel.

Tambahkan garam, gula, dan kaldu bubuk. Aduk, koreksi rasa.

Jika rasa sudah sesuai selera, sajikan dalam mangkuk. Sayur bening bunga telang siap dinikmati.

26 komentar

  1. Kemarin bunganya yang keliatan seger dijadikan minuman, eh sekarang daunnya bisa disayur bening wah mantep banget kayaknya ini. Apalagi sayur bening itu makanan sehat yang simple, terima kasih resepnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mb Nisa..Multi manfaat kan ya.... :)

      Hapus
  2. Tanaman telang ini memiliki dobel manfaat ya mak, bunganya bisa buat minuman, daunnya buat di sayur. Rasanya gimana mak? Seperti daun katuk atau daun bayam ga sih?

    BalasHapus
  3. Oalaaaah daunnya juga bisa dimasak ya mba? Di rumah mamaku buanyaaak bgt ini, Krn jadi penghias tembok rumah. Jadi menjalar luas... Selama ini cuma ambil bunganya aja buat teh. Baru tau daunnya enak 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi enak itu relatif memang kan mbak fanny..tp lidahku bisa nerima hehehe

      Hapus
  4. Ini definisi tanaman multi talenan, ehhhh multi talentaaaa

    Beneran berfungsi semuanyaaaaa

    Wis cusss aku jg mau berburu bibitnya ahhhh

    BalasHapus
  5. Kalo baca bunga telang, jadi inget yg bunganya cantik dijadiin teh warna biru itu loh mbak..sama kan ya? Sayur beningnya ikutan jadi biru juga ga? Penasaran mau nyoba

    BalasHapus
  6. Kalau minum olahan bunga telang saya udah pernah nyoba, tapi kalau jadi sayur kayanya bisa buat variasi menu baru nih. Bikinnya juga gamoang yah.

    BalasHapus
  7. Baru tahu sih tentang tanaman telang ini yang ternyata baik bunga maupun daunnya bisa dikonsumsi nih, jadi penasaran pengen nyobain deh sayur beningnya terlihat seger banget

    BalasHapus
  8. Aku sempat mau coba minum teh bunga telang. Pas liat warna airnya biru gelap gitu, mendadak gak jadi, gara-gara kebayang yang gak-gak :)) Mungkin karena gak biasa minum minuman berwarna, termasuk sirup pun aku sebenernya ga suka liatnya jadi minuman, berasa "aneh" dengan warna-warna gonjrengnya, dan takut nanti kenapa-kenapa dengan kesehatan. Padahal kalau yang alami kayak bunga telang, kan aman ya. Mestinya santai aja.

    Kalau daunnya disayur bening gini, aku masih mau mbak. Karena gak ada perubahan warna pada kuah sayur. Keliatannya juga seger. Terima kasih resepnya.

    BalasHapus
  9. Nah kalo minumannya bunga telang aku suka, tapi kalo untuk di sayur bening belom nyobain nih. Aku suka warnanya dari bunga telang ini, banyak manfaatnya ternyata buat kesehatan yaa.

    BalasHapus
  10. Penampakannya seperti katuk..seger sayur beningnya sama nih kayaknya
    Aku penasaran jadinya, secara selama ini cuma tahu manfaat bunganya. Enggak nanam sendiri sih pernah dikasih teman dan beli bunga keringnya.
    Makasih resepnya Mba Lisdha

    BalasHapus
  11. Aku pernah tuh mbak, didemoin buat teh bunga telang, ih satisfying banget ga sih
    ngeliat si teh bisa berubah warna seketika jadi ungu itu cantik banget

    eeeh sekarang pake buat masak jgua ya!

    BalasHapus
  12. Wah aku jadi pengen nanam bunga telang juga, ternyata bisa ya bibitnya dibeli online gitu?
    Aku pertama kali kenal pas ikut kegiatan sbg bloger di Klaten pas itu disajikan sbg minuman, nasi biru, sayur jg keknya. Jd pengen masak pakai bunga telang jg :D

    BalasHapus
  13. Aku punya bunga telang juga, Mak.. Biasanya kubikin minuman, dicampur jeruk nipis supaya warnanya berubah dan rasanya makin segar. Kapan-kapan tak coba bikin sayur bening juga deh.

    Aku dulu dapet bijinya dari souvenir pernikahan. Salut banget sih, karena jarang-jarang dapat souvenir yang eco friendly, hihi...

    BalasHapus
  14. Bentuknya mirip katuk, ya, Mbak. Kalo di sini sepertnya belum pernah lihat.

    BalasHapus
  15. Wah aku baru tahu kalau bunga Telang ini bisa juga dimanfaatkan untuk bikin sayur bening
    Emang banyak khasiatnya ya bunga Telang ini

    BalasHapus
  16. Oh daunnya bisa dijadikan campuran konsentrat pakan hewan ternak? Baru tahu loh, jadinya bermanfaat untuk lebih banyak lagi. Dan aku baru tahu kalo daunnya bisa dijadikan masakan sayur bening. Meski aslinya kalo metik bunga telang, aku selalu berpikir daunnya apa bisa dimasak? Aku penasaran karena mirip dnegan daun katuk, yang juga bisa dibikin sayur bening

    BalasHapus
  17. Wow..ternyata bunga telang bisa diolah menjadi sayur bening yaa. Saya baru coba varian teh dan minuman segar dari bunga telang aja. Itu juga beli, belum sampai tanam dan mengolahnya sendiri. hehehe

    BalasHapus
  18. loh baru tahu kalau daun telang juga bisa dijadiin sayur bening yaa.. ini kayak daun katuk, kecil2 gitu. cara memasaknya pun nggak ribet yaa.. dikasih jagung endes bgt sii

    BalasHapus
  19. Warna bunga talang yang cantik jadi bikin keunikan tersendiri ketika dimasak.
    Aku kemarin pesan salad, dan terkejut karena ada bunga talangnya. Gak ada rasa yang gimana-gimana sih yaa.. Enak-enak aja, hehhee..

    BalasHapus
  20. Aku baru tahu kalau daun telang enak disayur. Selama ini cuma pakai bunga saja. Bijinya juga tak biarin sampai tua baru ditanam lagi. Ternyata kalau bijinya masih muda enak juga dimakan ya. Aku punya tanaman telang di rumah. Tumbuh subur banyak daunnya. Terima kasih banyak infonya Kak.



    BalasHapus
  21. wah enak nih nampaknya,daunnya subur gitu ya mbak. Belum pernah nyobain daun telang di sayur, kalau saya tahunya daun telang itu yang ungu apa biru gitu, suka saya pakai teh yang keringnya.

    BalasHapus
  22. Ternyata tak hanya bunganya ya bisa dimanfaatkan, daunnya pun bisa dibikin sayuran berkhasiat, memang mirip ya dengan daun kelor...

    BalasHapus
  23. Jadi pengen cobain..unik sih suka sama warnanya yang jadi biru keunguan gituh.. bunga telang sering dibuat minuman juga ya..

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya. Mohon tidak meninggalkan link hidup dalam komentar ya :)