Mengumpulkan Cashback dari Pomona

pic by pixabay


Sudah dari beberapa bulan lalu saya membaca tentang Pomona, yakni sebuah aplikasi advertising tech yang bisa diinstall  di gawai. Baca sekedar baca, meski terbersit keinginan, tapi saya tak juga menginstallnya. Lalu, datanglah masa pandemi Covid-19. Eh apa hubungannya pandemi Covid dengan install aplikasi?

Hubungannya : situasi gabut saat ini membuat sebagian kita merealisasikan niat-niat yang sebelumnya tidak kunjung dilaksanakan. Iya nggak? Toss kalau iya hehehe. Mungkin ada yang berhasil mengeksekusi pekerjaan besar. Atau mungkin sekedar menggenapi niat receh seperti memasang sebuah aplikasi hihihi.


Jadilah, minggu lalu saya menginstall aplikasi Pomona.

Sekilas informasi tentang Pomona. Ini aplikasi advertising tech yang dibesut tahun 2018. Sudah mau dua tahun, tapi saya baru tahu beberapa bulan belakangan.  Selain dengan cara install dari Playstore atau App store, kita bisa mengakses via www.pomona.co.id. Aplikasi ini merupakan salah satu alternatif bagi konsumen untuk mendapatkan cashback dari belanja harian.   

Daftar Pomona gratis, nggak perlu bayar seperti program cashback yang pernah saya tahu dari seorang teman. Sejauh saya tahu, Pomona juga bukan bisnis jaringan. Tidak ada sistem hirarki dan level-levelan. Hehe, merasa perlu menulis bagian ini karena di program yang temen saya ikut, sistemnya seperti (atau mungkin malah memang) bisnis jaringan. Level atas bisa dapat hadiah wow, seperti liburan keluar negeri dan mobil baru. 

Saya nggak bilang bahwa bisnis jaringan itu pasti jelek, wong saya mantan pegiat salah satu bisnis jaringan hehehe. Tapi, dengan sistem hirarki plus bayar pendaftaran dengan nominal cukup besar, saya langsung mikir, bisa aja cashback diambil dari duit pendaftaran (hehehe, maaf langsung suudzon).  Saya lupa berapa biaya daftarnya, tapi dengan “beli titik” (daftar untuk beberapa "nomor usaha") dan hadiah-hadiah wow, mau nggak mau saya langsung kepikiran skema ponzi*. Tapi itu sekedar praduga saya, makanya saya nggak sebut nama. Kalau ternyata tidak demikian, saya bisa kena pasal pencemaran nama baik. :D

"skema ponzi : modus investasi palsu yang membayarkan keuntungan kepada investor dari uang mereka sendiri atau uang yang dibayarkan oleh investor berikutnya, bukan dari keuntungan yang diperoleh oleh individu atau organisasi yang menjalankan operasi/usaha tersebut" (wikipedia.org)"

Sedangkan di Pomona, uang cashback berasal dari kerja-sama perusahaan dengan industri FMCG (Fast Moving Consumer Goods). Jadi, cashback berasal dari “produk” dan bukan tenant/toko. Artinya, kita akan tetap dapat cashback dengan membeli produk tersebut di toko-toko mana-saja yang bekerja-sama dengan Pomona. Adapun toko yang bekerja-sama dengan Pomona, antara lain : Alfamart, Indomart, Alfamidi, Suzuya Supermarket, Berastagi Supermarket, Griya Supermarket, Yogya Supermarket, Lottemart, Hypermart, Watson, Century, dan masih banyak lagi (bisa dicek di website Pomona).

Jadi aplikasi ini cocok buat saya yang masih lebih rajin belanja offline daripada online. Tapi semoga saja Pomona juga bisa memberikan cashback dari belanja online seperti aplikasi sebelah yaa (hehehe..maunyaa).

Di bawah ini nominal program cashback yang sedang saya ikuti :



Selain cashback reguler, ada juga promo cashback untuk produk tertentu. Biasanya, nilai cashback akan lebih besar daripada program reguler, bahkan juga hadiah lain seperti gawai. Tapi promo seperti ini hanya erlaku pada periode tertentu.




Cara mendapatkan cashback-nya cukup mudah, nggak ribet, dan relatif instant. Cukup foto struk belanja, lalu unggah di web atau aplikasi Pomona. Struk yang kita unggah akan diverifikasi oleh tim Pomona dengan waktu 3x24 jam.  Pengalaman saya seminggu ini, cashback masuk dalam waktu kurang dari 24 jam.

Tapi nggak semua struk bisa lolos verifikasi ya... Berikut ketentuan dan tips dari Pomona tentang verifikasi struk :



Casback yang terkumpul bisa ditarik sebagai saldo gopay atau pulsa. Disediakan juga lho saluran altruistik, yakni menjadikan saldo sebagai donasi. Nah, kebayang kan kertas-kertas struk yang semula cuma jadi sampah ternyata juga bisa jadi sarana kebaikan?



Receh, ratusan rupiah doang. Kapan terkumpulnya? Mungkin respon kalkulatif ini serta merta muncul demi membaca nominalnya. Ya nggak salah sih.  Tapi kumpulan receh  bisa ditukar jadi lembaran uang juga kan?

Di rumah, saya adalah pengumpul receh. Uang receh kembalian belanja semua anggota keluarga, saya kumpulkan dalam wadah khusus. Kalau sudah banyak, saya pakai buat belanja. Di tempat saya, masih banyak tempat belanja yang menerima uang receh.  Warung-warung sayur, bahkan juga duo minimart yang maunya “duduk” deketan itu masih ramah sama uang receh. Lumayan banget lho, kadang dalam sekali belanja bisa full pakai kumpulan uang receh tersebut.

Pernah baca kisah tentang orang-orang yang beli sepeda motor/mobil di dealer pakai uang receh? Ya memang, uang recehnya karungan. Setidaknya, itu membuktikan bahwa uang receh juga berharga. Di masa pandemi, ketika bagi banyak orang ekonomi terasa demikian ngeri, receh pun pasti terasa sangat berarti untuk menyambung hari.

Dalam beberapa hari ini cashback saya baru terkumpul Rp 3.000 dari mengunggah   11 struk. Sembilan struk berhasil diverifikasi, sedangkan dua struk ditolak karena :  

(1) expired – saya nggak perhatikan tanggal belanja saking mau cobain upload hehehe
(2) kupon cashback saya sudah habis (terkait point verifikasi nomor 10) >> satu member punya kuota kupon cashback dalam satu periode yang akan diperbarui sesuai ketentuan promosi Pomona.
  
Intinya, jalani aja dengan selow. Nggak perlu sering-sering nengok saldo. Macam cashback di salah satu kartu member minimart yang saya diamkan saja. Sampai suatu hari jumlahnya cukup untuk sekali belanja ^-^

Dari receh saya belajar untuk peduli pada hal-hal kecil. Penerapan sederhana dari pelajaran dalam buku suci : barangsiapa setia (peduli) dalam perkara kecil, padanya dipercayakan perkara besar. (*)












 

  

15 komentar:

  1. Baru tahu nih, ada yang namanya advertising tech. Coba aku pelajari dulu, ya

    BalasHapus
  2. Sekarang banyak ya yg ngasih cashback. Bikin makin semangat belanja kan #eh :D Aku jg suka ngumpulin cashback kalo belanja di ecommerce. Pengen tau Pomona ini apa. Tertarik ah nanti liat2

    BalasHapus
  3. Aku masih belum paham terkait merchant apa aja yang berafiliasi dengan Pomona ini

    BalasHapus
  4. Kalau masa pandemi kayak gini, susah juga ya mbak belanja offline. Aku udah mau 3 bulan di rumah aja. Ga pernah belanja, karena yang belanja suami. Padahal lumayan juga cashbacknya ya mbak

    BalasHapus
  5. Aku baru tahu nih mba tentang Pamono. Kalau ada cashback begini suka bikin happy deh. Mau meluncur dulu nih

    BalasHapus
  6. cashback kalo dikumpulin sedikit demi sedikit hasilnya jadi lumayan banget lho

    BalasHapus
  7. Widyanti Yuliandari5/20/2020 1:20 PM

    Wah, kalau yang Pomona ini aku baru tahu. Suamiku biasanya yg rajin ngumpulin cashback. Scara dia yg sering belanjain online

    BalasHapus
  8. Aku baru tau nie ada pamona seperti ini karena kalau kayak gini jadi happy juga ya dapat cashback gitu kan

    BalasHapus
  9. Bener banget ini: barangsiapa setia (peduli) dalam perkara kecil, padanya dipercayakan perkara besar. Dan aku mupeng dengan programnya baik cashback reguler, promo cashback juga hadiahnya gawai...wah Pomona kepoin ah!

    BalasHapus
  10. Seru juga ya ngumpulin receh. Kalo saya sih kalo caranya mudah, biarpun recehan saya mau aja

    BalasHapus
  11. Wah keren banget nih app, bisa nambah income emak-emak 😍 telah banget aku baru tau, mau coba jg ah

    BalasHapus
  12. Kecil2 klo dikumpulin lumayan ya mba dr cashback2 ini. Mau akh coba Pomona lumayan buat ngumpulin cashback

    BalasHapus
  13. lumayan ya ada kesbek belanjanya cuma , ini banyak merchantnya mak? berarti kalau ke alfa indo dll gitu upload aja dapat kesbek ya mayannn ya

    BalasHapus
  14. Demen nih aku yang kayak gini ehehehe ada cashback di setiap belanja yang keluar
    jadi kembali lagi ke kita ya Mba.

    BalasHapus
  15. Udah sering denger Pomona ini. Tapinya belom pernah belanja di sana. Jadi kepengen nyoba deh. Apalagi ada cashback ya. Lumayan banget

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungannya. Mohon tidak meninggalkan link hidup dalam komentar ya :)