Belajar Saham Via WhatsApp Bersama HBC

screenshoot iklan HBC



Teman DW pernah melihat gambar di atas muncul di beranda facebook? Mungkin karena saya nge-like beberapa fanpage saham, jadi algoritma facebook menampilkan gambar itu di beranda saya. Itu adalah advetorial alias iklan dari Happy Billionares Club (HBC). Sebuah komunitas berbayar yang mengedukasi dan mendampingi para membernya dalam menabung saham.



Jadi pengin cerita ini, karena setelah posting pertama saya soal saham, jadi ada pertanyaan tentang bagaimana memulai belajar saham. Ikut seminar online HBC mungkin bisa jadi salah satu pilihan langkah pertama.


Bagaimana kegiatan dan cara kerja komunitas ini? Saya tidak bisa cerita. Soalnya saya belum jadi member. Tapi, saya menulis ini sebagai ungkapan terima kasih setelah minggu lalu saya mengikuti seminar online mereka di grup WhatsApp. Seminarnya adalah tentang “saham untuk pemula”. Dilihat dari temanya, cocok banget nih bagi kita-kita yang sama sekali masih gelap tentang saham.

Bagaimana ceritanya saya bisa ikut? Ya itu tadi, saya lihat iklannya di facebook. Browsing singkat tentang HBC. Lalu saya komentar dan kirim nomor WA. Beberapa hari kemudian, nomor saya di-add ke sebuah grup. Langsung belajar? Tidak. Karena masih menunggu beberapa hari sampai jadwal yang mereka tetapkan. Peserta lumayan banyak, lebih dari 150 orang.


Kelas berlangsung selama sembilan hari (Sabtu-Minggu off) dari pukul 20.00 sampai selesai. Dimulai dengan pemberian materi oleh trainer, kemudian disusul sesi tanya jawab. Ada tiga trainer yang memberi materi dan menjawab pertanyaan secara bergantian. Begitu banyak peserta, jelas ada yang cuma jadi silent reader. Tapi banyak juga yang aktif bertanya sehingga interaksi di grup sangat hidup.

Teman-teman yang benar-benar masih blank tentang saham, tidak perlu khawatir kalau ikut seminar online ini. Materinya antara lain penjelasan dasar (yang sedasar-dasarnya) tentang saham, mekanisme transaksi saham, perencanaan finansial, dan mekanisme membership HBC. Materi diberikan dengan ilustrasi yang sederhana sehingga mudah diterima oleh yang belum mengenal saham sekalipun.

Seminar online ini FREE alias gratis. Nanti kalau mau join HBC baru ada biayanya. Berapa besar biayanya, rasanya saya tak etis menulis di sini yah. Lagipula, saya tidak benar-benar tahu biayanya berapa. Sebab, di training hanya disebutkan sebuah nominal. Tapi nominal itu masih bisa diskon dengan cara menghubungi trainer di jalur pribadi.


Keanggotaan HBC tidak terikat tempat karena fasilitas-fasilitas HBC bisa diakses secara online. Dengan membayar fee tahunan, member akan mendapat arahan dan panduan dalam menabung saham. Analis HBC akan memberikan rekomendasi saham-saham pilihan, juga memberikan panduan kapan harus membeli dan kapan harus menjual. Goal-nya, member bisa mendapat keuntungan optimal dari menabung saham. Fokus komunitas ini adalah lebih ke menabung saham daripada trading saham. HBC bekerja sama dengan sebuah sekuritas. Namun, HBC tidak mewajibkan member untuk memilih sekuritas tersebut kalau kelak nanti menabung saham.


Tertarik sih. Tapi di hari-hari setelah akad dan mudik ini, bujet benar-benar sedang ketat. Jadi, belum join deh. 

Baca :


Komentar

  1. Saya malah benar-benar orang yang nggak tau apa itu saham mbak, cuma kalau lihat di TV itu ada IHSG, Hang seng dll itu tuh jenis-jenis saham kali ya? Tapi pengen juga sih saya bisnis saham gini, setidaknya saya tahu dulu gimana menghasilkan uang dari saham. BTW beda jual beli saham sama trading saham itu apa mbak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas anjar. Saham memang masih asing bagi mayoritas orang ya...saya juga belum tau banyak kok ☺. Trading = jual beli. Kalau tertarik, mulai baca2 saja dulu.meski banyak yg nggak kita tahu, pasti ada saja yg kita jad tahu :)

      Hapus
  2. Saya jg ikutan grup saham, Mbak Lisdha. Investor Saham Pemula. Baru sj pnempatan reksadana saham. Baru mau buka akun di sekuritas, via online, jd cari waktu utk nge-print formulir. Hehe... Emak2 zaman now.., mainnya saham, demi masa depan gemilang ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku dulu binguung waktu daftar. Sampai lama akun aku biarin. Pas pindah medan, baru urus langsung ke kantor sekuritas hahaha. Gaptek total

      Hapus
  3. semakin mudah sarana belajarnya .. dengan aplikasi yang dipakai sehari2 ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul kak monda. Jd lebih interaktif, lebih berasa belajar bareng manusia drpd di forum2 internet yg seringnya pake nama samaran hahaha.

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya. Mohon tidak meninggalkan link hidup dalam komentar ya :)

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Menutup Polis Asuransi

Pengalaman Mencairkan Deposito

Pakai Popok Tali Dua Sampai Usia Berapa?