Entri Unggulan

Nama Blog : Mengapa Daily Wife?

Horeee, Gajian dari Adsense

pic by pixabay, edited by snapseed


Di akhir Januari ini saya memperpanjang domain www.daily-wife.com. Ini renewal yang kedua. Jadilah saya anggap sebagai 2nd birthday. Yipiiie...Happy Birthday!!! Tiup lilin. Potong kue. Hahaha, nggak ada sih acara gitu-gitu. Terlebih, secara de facto, blog ini sebenernya jauh berusia lebih tua. Ada beberapa tahun ketika blog ini masih menggunakan tempelan nama “blogspot” dan.....hiatus L

(Melongok kamus, hiatus adalah kata dari bahasa Latin yang berarti gap. Apabila diartikan dalam Bahasa Indonesia, setara dengan celah atau renggangan. Hiatus bisa juga diartikan rehat sejenak, penundaan, atau penangguhan, berpisah sementara, atau maksud yang sejenis dengan kalimat tersebut).

Jadi, kalau diibaratkan manusia, blog ini mungkin seperti warga lanjut usia dalam gambaran umum. Mereka tua. Dan lambat.  Gambaran umum karena selalu ada pengecualian, ya kan? Maia Estianty misalnya, si bunda yang gemar pakai hestek #MakinTuaMakinBahagia. Pasti ada juga yang #MakinTuaMakinProduktif. Uhuiii saya mauuu kelak kayak gituuπŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

Bukan bermaksud pesimis kalau saya bikin gambaran "tua dan lambat". Soalnya, banyak orang yang sudah dapat buanyaaak hal dari ngeblog. Dapat jaringan pertemanan, jaringan pekerjaan, uang, beraneka hadiah, dan lebih lagi adalah hal-hal non-material yang tidak bisa dinilai dengan uang.

Lha blog saya?? Duuuh... masih jauh dari harapan.

Tapi bukan berarti saya nggak bersyukur. Meski belum optimal, at least blog ini masih eksis. Yups,  meski lambat tapi bukan berarti sekarat. Saya seneng karena ada orang-orang yang mengontak saya, mengaku mendapat manfaat dari tulisan-tulisan saya yang belum seberapa. Plus, di ulang tahun yang kedua ada kabar baik lainnya. Yakni, untuk pertama kalinya saya gajian dari adsense!!

Yuhuuuu, jangan bayangkan gaji berjuta-juta laiknya blogger-blogger andal yah. Ini pun baru gajian setelah kurang lebih setahun adsense mulai dipasang (selooo bangeet).  Tapi kok ya pas timingnya, yakni pas mesti renewal domain.  Jumlah transferan-nya cukup untuk bayar domain plus masih sisa buat beli paket data. 

Ya lah, jelas belum seberapa bila dibandingkan gajian para jagoan adsense. Tapi ini bukan tentang jumlah. Pun, motivasi awal saya ngeblog bukanlah untuk uang. Tapi ini lebih ke perasaan yang menyadarkan bahwa “heiii, kamu mampu lho bikin langkah maju.” Kamu nggak se-stag yang kamu duga. Kamu mampu asal kamu mau.

Kalau saja bisa, saya kepengin menyimpan perasaan ini dalam toples dan memberinya banyak gula. Atau garam. Pilihan pengawet yang lebih mudah dan murah daripada mesti beli formalin hahaha.  

Jadi, buat saya, nilainya jauuuuh lebih tinggi daripada nominal yang tertera. Mudah-mudahan bisa jadi stimulan supaya lebih aktif lagi ngeblog-nya. Bisa mengatur waktu, bisa membuat skala prioritas. Karena sebagai emak-emak di rumah saja, soal waktu justru sering terlena. Merasa nggak perlu bikin manajemen waktu. Alhasil malah jadi nggak sempat update blog. 

Selain itu, yang lebih penting adalah menguasai mood. Huhuhuhu, buat saya yang masih writing by mood, penting sekali untuk menjaga mood tetap stabil. Bagi sebagian orang, kesedihan atau kekecewaan atau kejatuhan, whatever itu mood yang buruk malah jadi kondisi yang bagus untuk nulis. Sebaliknya di saya, bad mood justru bikin saya stagnan menulis. Tapi kayaknya juga perlu banget untuk belajar menulis tanpa tergantung mood :)

Oh ya, gajian memang menyenangkan. Tapi harus mengingatkan diri dari awal nih : jangan sampai karena ngejar gajian, ngejar hadiah, eh malah jadi kehilangan niat awal untuk bersenang-senang dalam ngeblog. Lebih parah lagi kehilangan kejujuran. Akan sungguh merugi jika ternyata saya jadi menghalalkan segala cara (misal copy paste tulisan demi frekuensi updateblog). Juga bahaya jika saya jadi melalaikan prioritas selaku emak-emak rumah tangga. Ya bolehlah jadi emak-emak sendu alias seneng duit. Tapi ya jangan kebangetan sendu-nya hahaha.

Eh ya, meski sudah gajian dari adsense, jangan tanya saya gimana-gimana soal adsense ini yaah. Soalnya, jujur saja, saya enggak mengurus soal adsense ini. Jadi gimana kok bisa gajian? Ya karena ada seseorang yang menolong saya mengurus soal adsense ini from A to Z. Seseorang yang saya yakin bisa dipercaya meski kami belum pernah bertemu muka. Katakanlah itu semacam bentuk kerja-sama. Tentu saja, dengan pola ini saya nggak full menerima honor adsense saya. Ada sharing jumlah yang sudah kami sepakati.

Mungkin akan ada yang bilang, kok mau sih begitu? Kerjain sendiri aja, nggak susah kok. Yayaya, bagi mereka mungkin ini perkara mudah. Tapi tidak bagi saya yang untuk fokus ke tulisan saja masih payah. Pengalaman dulu-dulu, belajar printhilan-printhilan blogging itu memang menyenangkan. Selalu mendapat sesuatu yang terasa sebagai pengetahuan baru. Tapi karena saya belum canggih manajemen waktu, proses belajar itu malah bikin enggak nulis-nulis. Seumpama jualan, keasyikan utak-utik warung malah bikin lupa ngisi barang :D.

So far saya maunya nulis aja. Nggak mau pusing urusan produksi (di luar tulisan) dan distribusi. Kalau ada yang mengalami masalah serupa dalam blogging, mungkin cara ini bisa dicoba. Jadi, buat saya ini adalah simbiosis mutualisme yang tidak melulu soal uang. Saya yang masih suka angot-angotan ngeblognya, minimal jadi segan tiap kali disapa soal update blog hahaha. Beliau-nya juga nggak pelit berbagi ilmu dan motivasi. Saya-nya aja yang masih belum banyak nanyak-nanyak juga nggak segera gerak cepat (sigh). 

Finally, di ulang tahun kedua ini saya merasa ada energi yang berbeda. Saya berdoa agar ini serupa energi terbarukan, yang tidak akan habis meski saya terus memakainya.





   



Komentar

  1. xixixi.. jadi kepo dapat berapaan transferannya? Bener banget ya bun. menulis ngandelin mood aja duh rasanya gak bisa maju.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha...aih malu sama keponya..ntar aja ya kalo kopdar aku bisikin. yup soal mood, mari2 jadi #pejuanglawanmood hahaj

      Hapus
  2. wah alhamdulillah..saya ngeblog dimonetize dari 2013 tp belum gajian2 juga..hehe..harus belajar lagi SEO dan buat konten yg bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak nia, kalau saya urus sendiri mungkin jg belum gajian nih ^_^

      Hapus
  3. Happy Birthday buat blognya semoga semakin cettar dan banyak manfaat.. dan jadi jalan rejeki yang berkah.. amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih mb diane. amiiin amiin amiin

      Hapus
  4. Balasan
    1. trimakasih ito. sukses dg blognya yaa..

      Hapus
  5. Wahh inget aja mba renewal tahun kedua :D aku tiap tahun perpanjang gak inget blog aku udah brp tahun :) pas cek DA/PA baru deh tau udah tahun ke berapa :D

    Anw, selamat ya udah gajian dr ads. Semoga jd pemicu makin semangat ngeblognya yaaa.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbak oline. aslinya kan ini blog sudah jauh lebih tua hahaha. sok2an dimudain jd 2th

      Hapus
  6. meskipun ga disebutjn nominal, tapi kalau baru pertama berarti baru ngelewati limit bisa ditarik ya mbak, 1,3 juta... heheh...

    kalau saya sendiri masih belum payout. hitungannya sih bulan april nanti baru pas setahun pasang adsense... dan untuk mencapai nilai payout butuh waktu 2 bulan lagi, itupun kalau hasilnya tiap ga turun ya,

    kalau turun berarti saya harus nunggu lebib lama lagi deh.

    btw selamat udah gajian and hbd buat ke dua tahun atas blognya

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih mas. haha, estimasinya over. apalagi saya kan ada share dg teman. semoga segera pay out juga ya mas.

      Hapus
  7. Jappy Birthday buat blognya
    Makin rajin nulisnya, makain bahagia dengan blognya.
    Btw, berapapun nilai yang didapat yang utama bukan besarannya tapi seberapa besar akan memantik energi agar kita lebih semangat lagi...Bukan begitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya betul mb dian. apalagi semula saya ga pede samasekali utk memonetisasi blog ini.

      Hapus
  8. Wah senangnya, kalau saya boro-boro dapat gaji, daftar adsense saja selalu ditolak. Jadilah blog saya non-profit bloganization πŸ˜‚.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga masalah mas abeng. jd sarana berbagi kan juga bagussss. rezeki bisa dr mana saja.

      Hapus
  9. Lah kalau dirimua tua & lambat, aku apaan dong? Aku belum pernah gajian dari adsense meski pasang udah lama banget. Selamat ya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. aiih jd malu sama mb lusi. blog mb lusi doong...produktiiiif

      Hapus
  10. Wuih, keren. Aku sendiri masih belom pede apply adsense. Takut ditolak Google. :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin krn ga urus sendiri jd tembus. entah kalau urus sendiri mbak nia haha

      Hapus
  11. Yey selamat yaa mba.. diriku masih belajar nih.. otw kesana.. hehe bismillah 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbak. saya golongan malas nih. malah belum belajar. diurusin aja hahaj

      Hapus
  12. Waaaa selamat ya mbak. Aku masih nggak terlalu paham masalah adsense gini sih. Seperti mbak juga, aq pengennya fokus nulis aja. Wong udah kayak gitu aja, nulis masih suka keteteran. Jd mau benahi satu2 dulu deh. Btw boleh bisikin nggak, yang bantuin ngurus adsense nya sapa? kali aku bisa mnt tolong juga. hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha beneran mau dibisikin? boleh2 aja kalau mau.

      Hapus
  13. Waah asik. Selamat mbak. Aku belum berhasil" euy daftar adsense jdi belum pernah merasakan gajian dari adsense huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat terus mencoba ya mbak. saya kalau blog ini sudah stabil, baru deh mau coba sendiri hihihi

      Hapus
  14. Tetap bersyukur berapa pun yang kita dapatkan dari ngeblog ya. Tapi napa kalo gajian dari Adsense kok berasa beda ya. Gajianku dari Adsense masih dikit, dikumpulkan dulu aja deh. Ntar kalo ada sejuta baru diambil, hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, berasa beda-nya itu yang mahaal. even itu mungkin nominal receh bagi sebagian orang

      Hapus
  15. Aku belum.kepikiran mba tentang adsense ini, karena nulis pun fokusnya masih terpecah antara ngurus keluarga, kerjaan rumah dan jadwal 3 bocah

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia yg jd alasan dulu saya mau diurusin adsense-nya. dan meski gajiannya masih kecil ternyata jd booster buat ngeblog

      Hapus
  16. berrti usia blognya sudah 2 tahun yah kak,waah bisa sekonsisten ini, selamat kak, semoga tetap menginspirasi melalui tulisan-tulisannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aslinya jauuh lebih tua mb ain. tp sempat hiatus lamaa :D

      Hapus
  17. Wah dhvlm bgt ngeblog mba.. Bandingkn sy yg br 3 bln.. Boro"mkr duit.. bs berbagi dn ada yg komen aja udh hepi 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. aslinya bisa berbagi manfaat aja uda seneng kok mbak..adsensenya bonusss krn saya lan ga ngerasain susah payah ngurus adsense-nya

      Hapus
  18. Alhamdulillah... senangnyaaa... selamat ya Mbak. Moga makin bermanfaat ngeblognya.

    BalasHapus
  19. Wah kefen... Jadu motivasi nih..
    Salam kenal mba, kunjungi balik jika berkenan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap kunbal mas hafizh. terima kasih kunjungannya :)

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya. Mohon tidak meninggalkan link hidup dalam komentar ya :)