Supaya Foto dan Video WA Tidak Langsung Tersimpan di Memori Gawai


Di beranda facebook, saya ketemu status “curhat” teman tentang keriuhan WhatsApp Group (WAG) di gawainya. Ada WAG keluarga, WAG komunitas, WAG wali kelas, WAG almamater, WAG teman-teman dekat, dan masih banyak lagi. Dari WAG yang topiknya serius nan formal hingga WAG yang obrolannya ngalor ngidul nggak jelas. Hihi, curhat yang lazim banget di era chating mudah dan murah seperti saat ini kan?

Gantungkan Data-Datamu Setinggi Awan

pic : pixabay

Cita-cita perlu digantung setinggi langit. Tapi kalau data-data, cukup digantung setinggi awan. Cita-cita dan data-data mesti digantung terpisah. Kalau dua-duanya sama-sama di langit atau sama-sama di awan, ntar kerjaannya malah asik main bareng saja. Hahaha, opo seh ini? Semacam kata-kata yang absurd dan nirfaedah.  

Tips Menelpon Customer Care




Salah satu hal yang cukup menyebalkan bagi saya adalah ketika mesti menghubungi nomor telepon customer care. Sebenernya ini kelanjutan sebel dari masalah barang/jasa yang saya pakai sih. Kan biasanya telepon customer care kalau ada masalah sehubungan posisi sebagai konsumen.

I Surrender (Tentang Menutup Polis Asuransi)

picsource : cover buku polis Allianz (edited)



Hari-hari ini saya lagi menunggu transfer uang dari P. Ini bukan inisial orang, melainkan perusahaan asuransi yang identik dengan warna merah dan logo kepala diikat pita. Tahu kan asuransi apa? Ini sudah dua minggu sejak polis dan berkas isian saya diterima pihak P. Seminggu lalu, saya sudah telpon ke hotline dan katanya nggak ada masalah dengan berkas-berkas saya. Jadi ya, tunggu aja deh. Kalau beberapa hari lagi tetap belum masuk, terpaksa mesti telepon lagi.

Ada Benjolan Sebesar Kelereng di Pipi Kanan Saya, Setelah Diperiksa Ternyata...

Pipi tampak agak asimetris

Judulnya bikin ingatan melayang pada koran-koran kriminal gak sih? Judul semacam, Maling Jemuran Tertangkap, Giliran Dipukulin Pura-Pura Gila, Makin Dihajarlah atau Keasyikan Main di Rel Sampai Nggak Dengar Suara Kereta Lewat,  Terseret 50Meter, Eh Masih Hidup Tapi.... Hwa, ngarang judul saja sudah ngeri dan ngakak sendiri. Susah juga bikin judul-judul macam koran berdarah-darah gitu :D. 

Rumah Ben


Bulan kemarin, kami dikunjungi rombongan keluarga dari Simalungun. Sebanyak 14 orang, dewasa dan anak-anak, menginap satu malam saat week-end. Dengan kami empat anggota tuan rumah, berarti saat itu total ada 18 orang. Jelas senang-lah dikunjungi keluarga. Tapi di Rumah Ben, ukurannya yang minimalis nggak muat buat tidur sekian orang. Terpaksa ada yang tidur di teras. Haha..ngenes banget.

Untuk Semua Komentator, Bukan Saya Cuek Tapi...

 

 
Hasil gambar untuk im sorry
photo : angelapukh.com

Pagi ini baru sadar kalau ternyata cukup banyak komentar yang belum saya moderasi. Hwaaaa....

Mohon maaf sebesar-besarnya untuk temen-temen yang sudah kasih komentar di blog ini dan komentarnya saya cuekin.

SMS Banking, I-Banking, atau M-Banking, Pilih Mana?

 

Dulu pas sekolah dasar, hanya ada tiga kebutuhan primer yang saya tangkap dari pengajaran di sekolah, yakni sandang, pangan, papan. Sekarang, sepertinya daftar kebutuhan primer nggak cuma tiga itu, tapi bertambah hingga bilangan yang bervariasi dari  tiap-tiap individu. Yah mungkin kita sendiri sih yang memosisikannya sebagai kebutuhan primer. Menjadikan diri kita tergantung seolah tidak bisa hidup tanpa benda/jasa itu. Hihihihi, gitu nggak sih?

Pengalaman Membeli Tiket Kereta Api Online



 
Di stasiun Pematangsiantar

Cukup lama nggak ngeblog jadi bingung mau mengawali paragraf pertama dengan kalimat apa. Seperti datang ke rumah yang lama nggak ditengok. Lengang dan debu di mana-mana, jadi malah termangu #halah.

Sebenernya pengiiin banget cerita yang agak berat.Cerita situasi yang bikin blog ini vakum sekian waktu. Tapi kok ya memang berat banget menuliskannya. Sudah jadi sih nulis panjang, tapi rasanya masih belum sreg untuk publish di sini. Jadi, daripada kelamaan lengang, posting #receh dulu lah (haha, padahal memang spesialis posting #receh).

Belajar dari Soleh Solihun



Soleh Solihun. Foto ambil dari mana ya? lupa catat ^-^

Saya suka acara stand up comedy. Sekedar suka aja sih. Sekedar menikmati dan ketawa-ketiwi. Juga sekedar tahu beberapa nama komika, nggak sampai kepengin ikutan jadi komika (sadar diri sih hihihi). Komika favorit saya adalah Ernest Prakarsa dengan alasan nama Ernest sama dengan nama anak kedua saya. LOL. 

Kalau Soleh Solihun, jujur saya belum pernah lihat penampilan komika satu ini. Padahal dia sudah terhitung komika lawas yaaa... Mungkin nggak match aja waktunya. Pas ada dia tampil di TV, saya pas nggak lihat. (Selama ini kalau lihat stand up comedy emang baru dari tivi aja. Belum pernah lihat penampilan komika secara langsung).  

Apa yang Saya Lakukan Adalah Ja..hat!


Image result for heartbreak
pic : www.familyfriendpoems.com



Hallo...I’m back. Setelah berabad-abad (ya sih, ini lebay) mengabaikan blog ini, sekarang saya kembali. Meski ini masih termasuk blog yang sepi, tapi ada saja satu dua calon pembeli pembaca yang mampir. Mungkin nyasar, lalu sempatkan sedikit waktu untuk lihat-lihat sebentar sebelum lanjut blogwalking. Jadi, saya tetap merasa punya tanggung jawab untuk update post. 

Hal-Hal Tentang Medan (Selamat HUT, Medan!)



Tanggal 1 Juli lalu adalah ulang tahun Kota Medan yang ke-428. Wow...sudah sangat panjang usia kota ini. Kota yang (tidak saya sangka) menjadi bagian dari perjalanan hidup saya. Juli 2016 – Februari 2018, saya-suami-dan-anak-anak sempat menjadi penduduk Kota Medan. Setelah itu, kami sedikit bergeser dari tempat tinggal lama. Jaraknya hanya sepelemparan batu untuk sampai wilayah Kota Medan. Tapi secara administratif sudah masuk wilayah Kabupaten Deli Serdang.

Deli Serdang yang mepet-pet-pet ke area Kota Medan. Jadi, anggap saja masih tinggal di Medan hahaha. Toh masih tetap di Medan ataupun sudah geser sedikit ke Deli Serdang nggak berpengaruh banyak buat kami yang masih saja ber-KTP Jawa Tengah.

Balada Tiket Mudik





Masih ada sisa-sisa suasana hari raya nih. Masih nyambung-lah buat ngomongin tiket mudik. Tapi yang ini jelas bukan tiket mudik Lebaran lalu. Melainkan tiket mudik buat Natal yang jelas saja masih jauuuh. Tapi yaaah, persiapan jauh hari demi harga miring. Yang ternyata, persiapan jauh hari pun tetap nggak selancar jalan tol di luar waktu mudik.

Ucapan yang Sangat Terlambat



Mestinya ucapan selamat hari raya saya post minggu lalu. Saat orang saling mengucapkan dan saling bermaaf-maafan. Saat lalu lintas punya nama arus mudik dan kemudian cepat berganti arus balik. Saat kue-kue di toples-toples masih penuh. Saat baju-baju masih berbau baru. Saat mercon masih meledak-ledak. 

Tapi hari itu, saya justru tersendat untuk menulis. Padahal, sebenanya saya punya kerjaan menulis yang targetnya akan saya selesaikan selama lebaran. Tapi meleset. Bahkan, sekedar menulis ucapan untuk teman-teman pun, saya sangat minimalis.  Maka itu, maafkan jika baru hari ini, di blog ini saya mengucapkan :

Arisan, Tawaran, dan Entah Apa Saja Namanya.

Dollar, Bank Note, Banknote, Currency
Ilustrasi uang. di Amrik ada arisan gak ya?^-^ (pixabay)


Sebenarnya ini sempat jadi bagian tulisan trigger post saya di #KEBCollabwriting. Karena terlalu panjang, ini jadi bagian yang dipotong. Cukup panjang  dan ternyata satu cerita tersendiri. Dibuang sayang. Saya post di sini aja deh, buat #updateblog.

Di trigger post, saya cerita soal arisan. Saya sendiri bukan penggemar arisan. Jadi, tentang jenis-jenis arisan, kebanyakan saya sekedar tahu aja. Nggak sampai paham benar bagaimana cara mainnya. Namanya arisan hare gene kan nggak cuman kumpulin uang lalu kocok secara bergilir. Banyak banget skema arisan yang kadang perlu mengerutkan kening untuk paham cara kerjanya.

Operasi Gigi Bungsu Ketiga!!

 
berhubung utuh dan cukup besar, si gigi mesti dibelah dua

Bedah gigi bungsu ini sudah saya ingini sejak beberapa bulan lalu. Yakni sejak saya tahu kalau gigi bungsu kanan bawah ini sedikit tampak dan selalu bikin rasa nggak nyaman setelah makan. Tapi ternyata butuh waktu panjang dari mulai wacana hingga eksekusi. Mungkin karena bukan situasi yang gawat darurat, jadi nggak bener-bener memaksa untuk segera dilaksanakan.


Serba Ketinggalan



pic : pixabay


Sejak jadi anak putih abu-abu, saya sudah mulai nge-kost. Maklum tinggal di kampung pelosok yang belum ada transportasi umumnya.  Nge-kost menjadi pilihan karena jika tidak akan sangat melelahkan. Sebenarnya, dengan kendaraan sendiri, jarak dari kampung ke sekolah bisa ditempuh 30-40 menit saja. Tapi, jangankan mobil, saat itu sepeda motor atau sekedar sepeda angin pun kami tak punya.

(Bukan) Daun Ubi Tumbuk




beberapa bahan sayur daun ubi tumbuk


Hai hai hai Teman DW, saya ikutan #KEBCollabwriting lagi. 

KEBCollabWriting adalah kolaborasi menulis antar sesama member Kelompok Emak-Emak Blogger (KEB). Buat saya, ini adalah partisipasi yang kedua kali.
Semula, agak maju-mundur mau ikut. Soalnya, di sesi kemarin, beberapa tulisan saya molor dari deadline. Tapi akhirnya saya memutuskan ikut lagi dan malah jadi ketua kelompok. Huhuhu, meski hanya ketua kelompok kecil, tapi rasanya nggak pede. Secara, dalam hal blogging, saya mah apa atuuh... sebatang rumput jarum di belantara maya.

Akhirnya...Bisa Ikutan Pizza Maker Junior



pose dulu sebelum "bikin pizza"

Mungkin karena saat hamil pertama saya ngidam pizza, si Ale jadi suka banget sama makanan Italia ini. Mulai dari pizza restoran, pizza gerobak pinggir jalan, hingga pizza abal-abal bikinan emaknya, dia doyan.  Kalau saya bikin pizza (abal-abal), dia selalu hepi bantu-bantu di dapur. Makanya, saya jadi pengin dia bisa merasakan suasana dapur pizza beneran.

Dinner for Two




Di berbagai artikel tentang keluarga, saya mendapati anjuran “kencan untuk pasangan yang sudah menikah.” Ohoo, saya setujuuuu bangeeet. Kencan memang bukan untuk pasangan yang belum menikah saja. Kencan berdua saja setelah menikah itu salah satu upaya untuk menjaga api cinta tetap memercik-mercik manja (tsaaah). Apalagi untuk pemegang prinsip “pacaran setelah menikah.” Jelas saja, kencan itu hanya boleh dilakukan setelah pernikahan.  

Jalan-Jalan : R-Zoo di Serdang Bedagai, Sumut



Jalan-jalan ke R-Zoo, Serdang Bedagai ini adalah  karena sebuah ketidaksengajaan. Seperti yang saya ceritakan sebelumnya, Minggu (15/4/2017), tujuan kami adalah berkunjung ke“Kampung Hindu” di Pegajahan. Namun, di perjalanan, kami lihat ada R-Zoo yang kami datangi sepulang dari pura di “Kampung Hindu.”

Jalan-Jalan : Kampung Hindu (?) di Pegajahan




Jalan-jalan seputar Medan kali ini kembali mengunjungi daerah yang secara administratif bukan di Kota Medan-nya (sah-sah saja, namanya juga “seputar” hehehe). Desa Pegajahan, Kecamatan Pegajahan terletak di kabupaten sebelah, yakni Serdang Bedagai. Pengin ke sini gara-gara “terprovokasi” artikel di internet sih. Dengan judul “kampung hindu” dan foto pura yang cantik, sepertinya ini destinasi yang menarik. Kok judulnya pakai "tanda tanya"? Baca dulu yak..

Buku : Catatan Harian EMAK-EMAK Trader

pic by me


Sebenarnya ini tulisan dari bulan lalu. Tapi sebelum selesai, aku keburu didera malas yang akut. Alhasil, file tulisan ini cukup lama jadi penghuni folder draft. Dan sekarang, ketika aku sudah berhasil keluar dari kubangan malas, filenya aku keluarkan lagi. Belum jamuran kok (hihihi, emangnya roti). Cukup dipermak sedikit, bisa deh dipakai diposting (hahaha, emangnya jeans).

Jalan-Jalan : Taman Air Percut


 
 video by The Dj


Sejak dengar cerita mantan tetangga sebelah, kami pengin pergi ke Taman Air Percut (makasih ya Ummu Aura). Hihi, jujur kami baru tahu, padahal tempat wisata ini sudah beroperasi sejak Lebaran 2017. Setelah sempat dua kali batal, hari Sabtu (7 April 2018) kesampaian juga kesana.  

Sesuai namanya, obyek wisata ini memang menawarkan “air” sebagai tema utama. Taman Air Percut digadang-gadang sebagai destinasi wisata Medan dan sekitarnya. Namun secara administratif lokasinya bukan di Kota Medan melainkan di Kabupaten Deli Serdang. Tepatnya di Jalan Paluh Gelombang, Tanjung Rejo, Percut Sei Tuan.

Balada Malas Las Lassss....


Baymax, robot impianku. Pic by www.whisper.sh




Huft....berminggu-minggu terjebak dalam zona malas yang teramat sangat. Malas mengurus blog, malas belajar, malas belanja, malas menabung, malas eksekusi ide-ide, et te ce. Rutinitasku adalah pekerjaan-pekerjaan domestik dan itu semata-mata karena HARUS. Harus siapkan makanan, harus beres-beres rumah, harus antar jemput anak, harus temani belajar. I did it all like a robot..

Petak Umpet Telur Paskah





Umat Kristiani baru saja merayakan Paskah, yakni kebangkitan Yesus Kristus dari kematian. Meski tak ada referensi teologisnya, perayaan Paskah telanjur identik dengan telur. Di Alkitab, nggak ada lho perintah untuk merayakan Paskah dengan telur. Mungkin, keberadaan telur pada Paskah mungkin seperti ketupat di hari raya lebaran (CMIIW).

Selamat Ulang Tahun Lisdha... (2)





Judul yang sama (Selamat Ulang Tahun, Lisdha) juga saya pakai di postingan sebelum ini. Bedanya, tulisan ini part 2, sementara sebelumnya part 1. Bagian pertama saya share di facebook dengan keterangan : hati-hati jebet (jebakan betmen). Beberapa teman yang tahu ultah saya,  jadi mempertanyakan. Sementara, sebagian lain kasih ucapan selamat di komentar dan menulis di dinding. Bahkan, ada sahabat lama yang sampai telpon gara-gara baca status itu :D

Kena jebet deh....

Selamat Ulang Tahun, Lisdha....(1)


Selamat ulang tahun, pic : www.alihamdan.id



Beberapa hari lalu, salah satu teman saya berulang tahun. Jujur, saya nggak ingat kalau hari itu adalah ulang tahunnya. Saya tahunya dari facebook. Kan di facebook ada pemberitahuan siapa saja teman yang berulang tahun di hari itu (bahkan hingga beberapa hari ke depan).  

Gendongan Anti Pegal (2)


pic : Nest-Batik (www.bukalapak.com)


Nyambung postingan sebelumnya tentang gendongan. Kali ini aku mau menulis tentang gendongan sepanjang masa, yakni jarit. Semua emak-emak di Indonesia Raya ini pasti tahu apa itu jarit. Kalaupun tidak “semua”, sebagian besar emak-emak pasti tahu apa itu jarit. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jarit adalah kain batik panjang. Dalam dunia emak-emak, jarit biasa digunakan untuk menggendong bayi/anak.

Gendongan Anti Pegal (1)




kolase foto dari berbagai situs

Sewaktu Ale beranjak meninggalkan besar, aku menyimpan baju-baju maupun perlengkapan bayi lain yang menurut standarku masih layak pakai. Simpan dulu, mana tahu nanti punya adik.

Puji Tuhan, empat tahun kemudian, Elo lahir.  Dan Elo harus terima nasib bukan-anak-sulung dari #EmakIrit. Banyak barang-barang yang adalah turunan dari Ale. Ada sih sebagian yang beli baru. Tapi jelas tidak seperti Ale dulu, yang nyaris semuanya serba baru.

Pengalaman Ikut Sekolah Pasar Modal








sesi foto setelah acara



Hallo Teman DW, 
Hmmh..sudah dua mingguan aku nggak update blog. Coba makanan, ini blog pasti sudah jamuran. Jamur yang bikin hiiiiiiii...yiks jijiks. Mending kalau jamur wulan atau jamur truffle, bisa dimasak dan dimakan. Kalau jamur di makanan basi???? Siapa mau sentuh, ya kan....

Jamuran, Jamur, Jamur Wulan, Jamur Truffle



pic : www.mainantradisionalindonesia.com

Hallo teman DW, hendak menulis tentang ini membuatku samar-samar teringat dolanan anak-anak : JAMURAN. Rrrrr, dulu aku sering main jamuran nggak ya? Kok aku tidak punya ingatan jelas tentang permainan ini. Padahal, masa kecilku masih akrab dengan berbagai permainan tradisional. Jelas beda lah dengan masa kecil zaman now yang banyakan akrab dengan gadget. Permainan tradisional itu cuma ada dalam pentas seni atau event-event tertentu #sigh.

Menunggu "Lahiran" Si Gigi Bungsu

pic : www.countydentalcare.com


Meski sepertinya tidak menimbulkan keluhan berarti, tapi aku jadi kepikiran juga soal si gigi bungsu. Apalagi, ketika dua hari berturut-turut aku merasa pusing di kepala bagian belakang, tepatnya di daerah sekitar tengkuk. Kemarin-kemarin, paling-paling aku berpikir, “ah masuk angin” atau “kurang darah”. Sejak si bungsu tampak, jadi tambah item dugaannya, yakni “mungkin karena gigi bungsu nih.”

Si Bungsu Yang Selalu Bermasalah

pic :www.winnetnews.com



Sebenarnya, cerita ini adalah pengembangan dari status facebook-ku. Tadinya mau cerita panjang lebar di status facebook saja. Tapi hape mungilku sudah lemot, tak mau diajak ngetik cepat-cepat. Ya sudah, ngetik seadanya saja. Nanti lanjut panjang lebar di blog sampai puas, puas, puas #IntonasiAlaTukulArwana.

Belajar Saham Via WhatsApp Bersama HBC

screenshoot iklan HBC



Teman DW pernah melihat gambar di atas muncul di beranda facebook? Mungkin karena saya nge-like beberapa fanpage saham, jadi algoritma facebook menampilkan gambar itu di beranda saya. Itu adalah advetorial alias iklan dari Happy Billionares Club (HBC). Sebuah komunitas berbayar yang mengedukasi dan mendampingi para membernya dalam menabung saham.

Pengalaman Pertama Membeli Saham

Pic : www.gastag.net


Hallo teman DW, sebenarnya masih ada beberapa bahan untuk posting #cemud alias cerita mudik. Tapi karena sudah terlalu lama, malah saya bosen sendiri.  Sekarang posting tentang yang lain dulu. Kali ini mau cerita tentang saham. Mudah-mudahan ada manfaat buat teman DW yang saat-saat ini lagi menimbang-nimbang buat menjajal investasi saham.

Embung Kledung, Kolam Besar di Antara Dua Gunung


Gunung Sindoro dengan bayangannya yang jatuh di embung

Lanjut postingan beberapa hari lalu tentang jalan-jalan saat mudik. Ampuun, mudiknya sudah mau lewat sebulan, tapi ceritanya masih ada saja yaa. Haha, postingnya nggak setiap hari sih. Masih belum bisa memaksa diri buat ODOP alias One Day One Post #tutupmukapakaipashmina.

Menunggu Sunrise di Posong

Cemud #4
Taman atas

Hallo, teman DW. Ketemu lagi di cemud alias cerita mudik yaaah. Kali ini ngomongin jalan-jalan saat mudik kemarin.

Sebagai seseorang yang pernah jatuh cinta pada gunung, saya jelas kepincut saat saudara dan teman-teman di Temanggung berbagi cerita atau foto tentang Posong.  Tempat yang terletak di lereng Gunung Sindoro ini sepertinya cukup ngehits. Browsing kata Posong di internet, sudah cukup banyak ulasan yang bisa dibaca. Bahkan, konon kata berita, Posong jadi lokasi sebagian scene film Filosofi Kopi 2. Hhhmmh...seperti apa sih Posong?

Mudik Pakai Taksi Online



pic : www.tribunnews.com (edited)
Cemud #3

Transportasi era digital melahirkan istilah ojol dan taxol. Teman-teman pasti sudah tahu apa kepanjangannya. Yups, ojol adalah ojek online. Sedangkan taxol adalah taxi online. Keduanya sudah booming sejak beberapa tahun belakangan. Tapi jujur, untuk ojol maupun taxol saya bisa dibilang termasuk late-user. Pertama (dan belum pernah lagi) pakai ojol adalah beberapa bulan lalu akibat mis-komunikasi yang terbilang konyol. Sedangkan taxol, pengalaman pertama kali pakai adalah saat mudik kemarin. See...pantes kan dibilang pengguna akhir?

Mudik, Ngapain Aja?

Cemud #2

Masih lanjut topik Cemud alias cerita mudik nih. Berhubung mudiknya terbilang jarang, jadi sejak jauh hari biasanya sudah punya angan-angan tentang hal-hal yang ingin dilakukan di rumah. Namanya angan-angan, tidak disusun sistematis seperti halnya itinerary sih. Mikirnya, fleksibel aja lah. Soalnya masih ada  anak kecil, seringkali ada keadaan di luar rencana.

Pulang

jalan depan rumah 
Cemud #1

Hallo....lama sekali saya absen mengisi blog. Selama mudik Natal dan Tahun Baru, bisa dibilang saya minim sekali melakukan kegiatan seputar blogging, baik itu mengurus blog sendiri maupun sekedar blogwalking. Sekarang, sudah di Medan lagi dan kembali dengan rutinitas harian lagi. Banyak cerita yang bisa disampaikan seputar mudik. Mudah-mudahan beberapa waktu ke depan bisa lancar jaya posting dalam serial cemud alias cerita mudik :)