06/04/17

9 Ide Memanfaatkan Nasi Sisa


 
sisa nasi campuran beras merah dan beras putih dijemur depan rumah๐Ÿ˜ƒ
Nasi sisa. Bagi sebagian orang mungkin dibuang begitu saja. Lain hal-nya dengan orang-orang yang merasa sayang untuk "begitu saja" membuang nasi sisa. Sebelum akhirnya tersisa yang benar-benar sisa, nasi sisa diolah dulu menjadi makanan lain. Saya salah satunya. Hal yang sering saya lakukan adalah menjemur nasi sisa untuk dibuat cemilan.

Mungkin saya satu-satunya orang di kompleks Gading yang suka menjemur nasi sisa. Masih “MUNGKIN” ya, soalnya belum pernah  survey ke seluruh penghuni kompleks. Tapi sepanjang mata memandang, saya memang belum pernah melihat ada jemuran nasi sisa di depan rumah. Kecuali di tempat tinggal saya๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ. 

Awal-awalnya agak sungkan. Takut tak elok. Saya punya persepsi kalau menjemur nasi sisa itu seperti peradaban yang tak cocok di kompleks ini. Tapi terus sebodo amat lah. Risiko terburuknya paling-paling diomongin tetangga. Jadi, begitulah, di depan tempat tinggal kami, sesekali akan ditemui pemandangan jemuran alumunium kecil yang digunakan untuk menyangga tampi berisi nasi sisa. Ya, cuma sesekali saja. Soalnya nggak tiap hari ada nasi sisa dalam jumlah cukup untuk dijemur.

Butiran nasi yang sudah kering akan saya goreng. Cukup dibumbui garam halus, sudah deh jadi snack yang Ale, Elo, dan saya suka. Kriuk-kriuk gurih. Entah bergizi atau tidak, pokoknya suka saja hahaha. 

Entah kapan dan siapa yang dulu mengawali menjemur nasi sisa. Rasa-rasanya sih ini bagian dari "peradaban kemiskinan." Faktanya, menjemur nasi sisa banyak dilakukan di daerah-daerah miskin saat kesulitan pangan. Nasi sisa dijemur kering, setelah itu ditanak lagi dengan air seperti menanak beras. Hasil akhirnya dikenal sebagai nasi aking. Rasanya? Saya belum pernah mencicipi. Di kampung asal saya, sesusah-susahnya orang, sepertinya belum pernah dengar orang tersebut makan nasi aking.

Maka itu, kebiasaan menjemur nasi sisa tidak saya warisi dari keluarga kandung. Melainkan dari Mbah Uti (ibu mertua). Semasa masih sehat, Mbah Uti rajin menjemur nasi sisa. Bukan untuk dimasak lagi, melainkan dikumpulkan lalu dijual. Kata Mbah Uti, ada orang yang suka membeli nasi kering untuk pakan ternak. (Mbah Uti menjemur nasi sisa buat pakan ternak, lha saya buat pakan orang.... kasihaaan hahahaha).

Nah, selain yang di atas, berikut delapan ide untuk memanfaatkan nasi sisa supaya nggak terbuang begitu saja. Satu ditambah delapan, totalnya jadi sembilan yaa ๐Ÿ˜ƒ


1.      Nasi goreng.  Kalau ini siapa yang gak tau sih? Mungkin, berawal dari nasi sisa, aneka resep nasi goreng tercipta. Mau pakai telur, pakai teri, pakai petai, .... pakai apa saja, suka-suka kita. Kalau favorit saya sih nasi goreng teri pedas tanpa kecap.

Hasil gambar untuk nasi goreng
pic : www.sejutafakta.com

2.      Bola-bola nasi. Saya baru ngerti resep bola-bola nasi setelah punya anak ^_^. Awalnya karena cari cara untuk “mengakali” Ale yang susah makan. Browsing dan ketemulah resep ini. Asiknya, bisa dikreasikan sesuai dengan bahan-bahan yang ada di dapur. Biasanya sih saya bikin ada bahan protein dan sayurannya. Jadi camilan yang cukup berat dan lumayan lengkap. Pas buat alternatif kalau si bocah lagi malas makan.

Hasil gambar untuk bola nasi
pic : www.cookpad.com

3.      Cireng nasi. Resep yang ini juga baru saya tahu belakangan, yakni setelah saya suka cari resep di cookpad. Ini bagusnya kalau masak nasi lembek dan sisanya nggak asik kalau dibikin nasi goreng. Kalau dibuat cireng atau bola nasi, nasi lembek jadi lebih mudah dibentuk.

Hasil gambar untuk cireng nasi
pic : www.cookpad.com


4.      Pempek nasi. Jujur, saya belum pernah bikin. Tapi tetangga sebelah yang adalah orang Palembang pernah cerita bikin ini. Mungkin pada dasarnya mirip dengan cireng. Cuma bumbunya pelengkapnya pakai cuko pempek yang khas itu.

Hasil gambar untuk pempek nasi
pic : www.tabloidbintang.com

5.      Nasi bakar. Ini alternatif yang baru sekali saya coba. Soalnya males mesti bungkus-bungkus pakai daun pisang dan memanggangnya hehehe. 

Hasil gambar untuk nasi bakar sisa nasi
pic : www.buatresep.blogspot.com

6.  Kerupuk karak. Selain nasi goreng, ini adalah olahan nasi sisa yang saya kenal sejak kecil. Tapi dulu saya nggak menyebutnya “karak” melainkan “gendar”. Buat saya, cara mengolah kerupuk karak terbilang paling rumit di antara ide yang ada di sini. Nasi sisa mesti ditumbuk bersama bumbu, dibentuk, diiris tipis-tipis, lalu dijemur sampai kering. Makanya, saya belum pernah bikin. 

Hasil gambar untuk kerupuk gendar
pic : www.id-wikipedia.org
 7.  Buat pakan hewan. Ini alternatif paling gampang, soalnya nggak perlu usaha mengolah. Tinggal kasih saja dengan cinta.  Tapi gimana dong kalau nggak punya hewan peliharaan semacam guk-guk, meong, dan petok-petok? Walau nggak punya hewan tetap bisa lho melakukan ini. Seperti dulu waktu kami tinggal di Siantar. Kebetulan sebelah rumah ada kebun kakao yang sering buat lokasi main ayam-ayam tetangga. Ada juga kucing liar yang sering mampir ke situ. Jadilah nasi sisa  jadi amal-jariyah buat mereka๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜ƒ.

Hasil gambar untuk ayam kucing kartun
pic : www.andi-techno.blogspot.com

8.  Pupuk organik cair (POC). Ketemu ini ketika tempo hari kembali tergerak untuk bertanam-tanam. Sejak pindah ke Medan, saya memang nggak pernah bertanam lagi. Alasannya, seluruh area depan rumah dikeramik dan diatap. Halaman belakang juga tak ada. Jadi nggak punya lahan lagi. Hhmmh, ini sih nggak kreatif aja. Kalau mau piknik ke laman-laman pecinta tanaman, banyak tuuuh vertikultur di lahan yang tampak tak memungkinkan buat bertanam. Duuuh, jadi mupeng. Pas browsing cara hidroponik sederhana, eh ketemu cara bikin POC dari nasi bekas. Ini dia salah satu link yang saya kunjungi tentang cara pembuatan POC dari nasi bekas.




Hasil gambar untuk pupuk organik cair nasi bekas
pic www.mitalom.com


Barangkali TEMAN-TEMAN punya alternatif yang lain?? Sila tambahkan di koment ๐Ÿ˜Š


-------------------------------------------------------------------------------------------------

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan pesan bila ini bermanfaat. 
Pesan dimoderasi dulu ya...





 

2 komentar:

  1. Banyak juga yang bisa dimanfaatkan dengan sisa nasi ya. Kalo aku biasanya bikin nasi goreng, belum pernah nyoba yang lainnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di tangan mbak lianny yang cakep masak-masak, kemungkinan besar akan ada ide-ide lainnya :)..

      Hapus

Entri Unggulan

Hari-hari Menjelang Akadku

pic : www.sewa-apartemen.net Minggu-minggu ini, aku dan Mas J semakin mendekati hari akad. Jadwal pastinya sih belum ada. Tapi kalau...

Postingan Terpopuler