05/08/16

Ketika Oven Tak Berbunyi Ting

dok pribadi


Judulnya bikin saya ketawa sendiri karena mengingatkan pada novel-novel jadul. Tapi ini sama sekali bukan cerita fiktif sih. Ini kisah nyata ^-^
Beberapa minggu lalu, oven listrik saya bermasalah pada bagian timer-nya. Oven merk Solid ini baru dibeli bulan Februari 2016. Jadi, sampai Juli ini terhitung baru lima bulan. Sebelumnya oke-oke saja dipakai. Tetiba saya pakai buat memanggang pizza roti tawar, eh tombol timer tak mau bergerak sampai bunyi “ting” yang menandakan setelan waktu telah habis. Tombol timer pasti berhenti di setelan waktu sekitar lima menit sebelum posisi nol. Mateng-mateng sih mateng asal waktu memanggang dilebihkan sekitar lima menit. Tapi bete saja sih...Secara oven masih terhitung baru.  
Sempat terpikir, apa oven ini sedikit error saat pindahan rumah. Tapi teringatnya oven ini dibawa duluan, jadi tidak bersama-sama dengan barang-barang lain. Artinya tidak tertumpuk-tumpuk barang lain. Atau mungkin karena goncangan-goncangan selama perjalanan Siantar – Medan? Ah entahlah..
Malah jadi menyesal lagi, kenapa waktu itu beli merk ini. Padahal sudah sejak berbulan-bulan sebelumnya sudah menetapkan untuk beli merk Kirin. Merk yang punya banyak review “oke” ketika saya browsing info memilih oven listrik. Tapi nggak beli beli merk Kirin gara-gara ketika saya berniat beli selalu tak tersedia di toko. Pertama ketika ke Hypermart Siantar, lihat-lihat di situ, enggak ada merk Kirin. Kedua ketika ke Carefour Medan Mall (sekarang TransMart), stok merk Kirin sedang kosong. Ketiga, ketika ke sebuah toko di Siantar yang terkenal punya harga miring. Di situ juga nggak ada.
Hffft...sudah malas mau cari-cari lagi. Akhirnya, ya sudah beli yang ada saja :D. Iya sih, kalau beli online banyak bertebaran di mana-mana. Tapi cari toko online yang berlokasi di Medan, enggak ada. Lah, kalau tokonya di Jakarta, barang seberat itu, berapa coba ongkir ke Siantar/Medan. Sempat cari info ketika sebuah marketplace beriklan gratis ongkir. Tapiii..gratis ongkirnya cuma untuk wilayah Jabodetabek saja... Ya sudah, nggak cari-cari info lain soal gratis ongkir :D.
Sudah mikir untuk membawa si oven ke service centre Solid di Medan. Tapi browsing dulu deh.. Cari-cari info tentang masalah serupa ini. Dengan kata kunci “timer oven rusak” dan sejenisnya, nggak ada ketemu artikel yang memuat info teknis penyebab plus solusinya. Ketemunya malah sama artikel-artikel tips pemilihan/penggunaan/perawatan oven. Atau malah ketemu sama produk review yang tidak menjawab persoalan yang saya hadapi #tsaah.
Setelah klak-klik sana-sini, akhirnya ketemu deh dengan sebuah tulisan di blog yang mengisahkan pengalaman si penulisnya dengan oven Kirin. Aah, lupa bookmark, jadi nggak saya  cantumin link di sini. Intinya, si mbak empunya oven juga mengalami masalah serupa. Si timer enggak mau bunyi ting. Lantas, sebelum membawa si oven ke tempat service, si mbak berusaha dengan menepuk-nepuk si oven. Tepuk lembut yaaa...bukan pakai palu!
Eh..berhasil loh. Si timer jalan normal lagi.
Sesaat membaca, ah ini kayaknya tindakan konyol. Tapi apa salahnya dicoba yaaa... kan cuma nepuk-nepuk saja. Ya memang, bisa ada risiko tambah rusak gara-gara ditepuk-tepuk. Tapi coba aja lah....
Lalu... saya tepuk-tepuklah si oven. Asal aja milih bagian yang ditepuk, yakni bagian luar dekat tombol timer. Juga saya goncang-goncang sedikit. Terus nggak saya apa-apain. Nggak saya test juga... Beberapa hari kemudian, saya bikin prol tape. Nggak terlalu ngarep sama usaha yang kemarin. Toh usaha iseng aja...setting waktu juga saya lebihkan lima menit. Jaga-jaga kalau timernya masih ngaco.
Eh tapi ternyata.... timernya kembali bunyi ting! Langkah tepuk-tepuk berhasil juga!
Haha, legaa deeh, nggak perlu ke service centre. Terima kasih sekali kepada mbak-entah-siapa yang sudah berbagi pengalamannya itu :). Kini si oven sudah normal. Semoga nggak ngulah lagi. 
Pesan moral : langkah coba-coba tak selamanya salah kok. Kalau memang tak berisiko tinggi, coba saja, mana tahu berhasil :)

8 komentar:

  1. Hihi... solusinya ternyata dari arah yg tak terduga duga ya....😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak rita...(haduuh, komentar kapaan, balasnya kapaaan..maaf ya mbak hehehe)

      Hapus
  2. Balasan
    1. saya sendiri juga merasa lucu mbak vivit :)

      Hapus
  3. Punyaku merk kirin. udah di tepuk2 cman jalan sebentar xixixi.. Ada solusi yang lain kah hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduuuh, saya nggak ngerti lah teh Qurrotha. tak ahli soal oven hehehe

      Hapus
  4. salam perkenalan.. saya dari Malaysia, terima kasih atas saranan mbak, ternyata ia menjadi kepada oven saya... Terima kasih sekali lagi ��

    BalasHapus
  5. Haii mbakk salam kenal.. Ini oven merek solid bgs bgt.. Saya pakai udh hampir 3taon tp tetap saja awet bgt.. Pdhl pemakaian terhitung hampir tiap harii.. ;p hehe maap saya cm sekedar curhat sedikit ;p

    BalasHapus

Entri Unggulan

Hari-hari Menjelang Akadku

pic : www.sewa-apartemen.net Minggu-minggu ini, aku dan Mas J semakin mendekati hari akad. Jadwal pastinya sih belum ada. Tapi kalau...

Postingan Terpopuler