08/04/16

Pengalaman Menutup Polis Asuransi

gambar payung dari Buka Lapak


Beberapa hari lalu, seorang teman cerita bahwa dia memutuskan stop membayar premi asuransi Prudential. Dia sudah membayar selama dua tahun dengan premi Rp 1.6 juta per bulan (untuk satu keluarga). Berarti total sudah lebih dari Rp 30 juta yang dia setorkan.

Teman saya ini benar-benar cuma "stop bayar premi", bukan mengurus penutupan polis ataupun cuti premi. Alhasil, dari jumlah sebanyak itu yang sudah disetorkan, dia tidak mendapatkan nilai tunai dan polisnya terancam lapse (hilang manfaat). Atau malah sudah lapse? Entah, waktu itu cuma cerita selintas, jadi nggak dapat cerita detailnya.


Saya pribadi agak menyayangkan sih. Seandainya dia mengurus penutupan polis, pasti masih ada nilai tunai yang bisa diambil, seberapapun jumlahnya. Atau kalau mengurus cuti premi, manfaat asuransi masih akan berjalan sampai "tabungan" premi habis. Mana tahu kan, ada hal-hal yang tidak diinginkan dan tercover asuransi terjadi dalam rentang waktu cuti premi ini.

Tapi memang, hal-hal seperti ini kembali ke masing-masing orang sih ya.. Saya mahfum kalau bagi sebagian orang, males banget mengurus administrasi semacam ini. Nggak jauh-jauh menunjuk orang lain, suami saya saja malas mengurus asuransi :D. Bayangan prosedur rumit, ribet.... sudah bikin ogah duluan. Padahal kalau dikerjakan sesuai prosedur sebenarnya nggak ribet-ribet amat lho. Memang sih, tetap harus mengeluarkan energi dan meluangkan waktu. Apalagi kalau semula sama sekali nggak tahu mesti ngapain, kan jadi mesti dari awal : tanya-tanya dulu cari-cari informasi.

Tapi kalau buat saya yang masih butuh duit ini, nggak apa-apa deh ribet sedikit (bahkan agak banyak :D) mengurus tutup polis. Menerima transferan nilai tunai yang seberapapun itu nilainya, bikin semua keribetan itu terasa worth it hehehe.

Seperti pengalaman saya sewaktu menutup polis asuransi Prudential atas nama suami saya di pertengahan tahun lalu. Kenapa menutup polis sudah saya ceritakan di tulisan ini yaa..
Setelah ada niat menutup polis saya tanya-tanya dulu sama agen, bagaimana prosedur penutupan. 

Agen menyarankan supaya saya datang ke kantor  Prudential terdekat. Kebetulan di Pematangsiantar ada kantor cabang Prudential. Pertama saya datang ke kantor di Jalan Sutomo. Tapi di situ saya diarahkan untuk ke kantor cabang di Jalan Wahidin.
Di sana, seorang staff menghitungkan nilai tunai yang bisa saya ambil bila polis ditutup dengan nilai unit di hari itu, yakni Rp 6, xx juta (saya lupa detail komanya). 

Ok, angka 6 juta saya catat sebagai kisaran. Karena saat datang itu saya juga belum membawa berkas apa-apa. Oh iya, sebagai info, kami sudah menyetor premi Rp 500 ribu/bulan selama dua tahun. Artinya total Rp 12 juta yang sudah kami setorkan. Nilai tunai lumayan besar mungkin karena komposisi asuransi : investasinya 50 : 50 dan pilihan investasinya total di saham.

Untuk menutup polis, berkasnya simpel kok. Yang dibutuhkan cuma :
  1. buku polis asli
  2. fotokopi KTP
  3. fotokopi buku rekening, dan 
  4. mengisi formulir penutupan polis (surrender) yang tersedia di kantor cabang.
 Sedangkan untuk cuti premi, syaratnya serupa (eh, saya lupa untuk cuti premi mesti buku polis asli atau boleh fotokopi). Tapi form-nya yang berbeda.

Masalahnya, buat kami jadi enggak simpel karena data dan tanda tangan di buku rekening suami berbeda dengan data dan tanda tangan di KTP terbaru. Maklumlah, buku rekening dibuat di zaman purba saat masih lajang, yang mana sudah lebih dari sepuluh tahun lalu. Alamat KTP saat itu masih alamat rumah mertua. Bahkan tak cuma data alamat, tapi ada data detail nama yang juga berbeda. Tampaknya kesalahan sudah bermula dari KTP yang dulu dipakai untuk membuka rekening bank.

Kalau mau mengurus koreksi buku, mesti di kantor tempat buka rekening ( di Klaten Jawa Tengah). Sementara, pencairan nilai tunai tidak bisa meminjam rekening orang lain, rekening istri sekalipun. 

Alternatif solusi adalah suami membuka rekening baru. Tapiiiii...ini pun tak simpel. Karena untuk buka rekening butuh KTP setempat sementara kami masih ber-KTP Jawa Tengah. Pihak bank menyatakan pembuatan rekening dengan KTP luar kota  harus menyertakan surat keterangan domisili dari kelurahan setempat atau surat keterangan kerja dari kantor suami.

Jiaaah...butuh waktu lagi. Urus sana-sini, akhirnya baru sekitar dua bulan kemudian kami bisa kembali ke kantor cabang untuk mengurus penutupan polis. Pada hari H pun bukannya tanpa masalah. Berkas lengkap sudah kami bawa. Tapi staff yang bisa menghitung nilai tunai sedang tak ada. Sementara staff yang menerima kami, mungkin (lagi) lelah, jadi terasa jutek gitu deh..

Waktu itu kami sudah masuk bulan ketiga nggak bayar premi. Itu berarti saldo tunai kami sudah tergerus untuk menutup pembayaran yang lowong. Plus, saat itu lagi ramai-ramainya nilai rupiah melorot ke angka Rp 13 ribuan. Jadi buat saya yang awam soal harga-harga saham, cuma bisa menduga-duga kalau kondisi ekonomi saat itu berimbas ke harga unit. Cuma bisa menduga karena kalaupun cek juga kaga bakalan ngerti hihihi. 

Si mbak juga nggak mau njelasin waktu kami tanya apakah masih ada pemotongan biaya lain-lain jika kami tutup polis. Alasannya, staff yang ngerti soal itu lagi nggak ada. Uuuuii... pengin kutraktir mie pangsit di sebelah kantor deh si mbak itu. Bukan karena saya baik, tapi karena saya males berantem...hehehehe.

Ya wes...ujung-ujungnya males ribet juga. Masakan harus datang lagi cuma buat tahu nilai tunai. Eh tapi waktu itu saya kok juga nggak kepikiran untuk telepon call centre Prudential ya.. Mana tahu bisa dihitungkan nilai tunai plus dapat keterangan lebih jelas tentang ada tidaknya potongan lain kalau tutup polis. Sudah bete duluan sih...

Akhirnya, kami buat keputusan mendadak. Bukannya mengisi formulis penutupan polis, kami justru ambil formulir cuti premi. Takutnya daripada ntar kena potongan-potongan macem-macem yang bikin nilai tunai dikit banget mending cuti premi di mana kami harus menyisakan saldo sebesar Rp 1 juta. (Mungkin) jadi rugi satu juta tapi plusnya : manfaat masih akan jalan sampai saldo habis. 

Update : penutupan polis secara langsung tidak dibebani biaya/potongan apapun. Nasabah bisa menerima sejumlah nilai tunai pada hari H pencairan oleh Prudential. Untuk mengetahui kisaran nilai tunai : tanya agen, tanya ke kantor cabang, telepon customer service, atau login ke website prudential bagi nasabah yang sudah memiliki akun. 

Ya sudah deh...gitu aja. Haha...ternyata tetap saja ya bersikap "daripada ribet". Tapi setelah keribetan soal buku rekening itu...memang jadi sudah males deh tambah keribetan. Setelah proses itu saya nggak pernah cek-cek rekening. Sebab, waktu itu itu rekening dibuat tanpa kartu ATM. Baru beberapa bulan kemudian ketika mengurus pembuatan kartu ATM sekalian cek saldo. Ternyata uangnya sudah masuk dalam jangka waktu kurang dari 14 hari kerja. 

Dengan keputusan cuti premi yang kami ambil plus situasi nilai rupiah yang drop saat itu, nilai tunai yang masuk sebesar Rp 4.8 juta. Nggak ada separuhnya dari jumlah total dana yang sudah kami setorkan. Tapi soal ini mah sudah siap mental karena memang kontrak baru jalan dua tahun. Masih lumayan lah daripada tak ada sedikitpun nilai tunai kalau kami stop bayar premi begitu saja. 

Baca pengalaman lain dengan unit link : Unit Link Setelah Sepuluh Tahun

NOTE : Terima kasih untuk semua pertanyaan yang ditujukan pada saya sehubungan dengan asuransi baik melalui kolom komentar maupun email. Namun, berhubung saya juga hanya nasabah, pengetahuan saya terbatas. Bersyukur, lewat tulisan ini juga, ada seorang sahabat blogger yang juga agen asuransi yang dengan sukarela membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masuk. Namun, sebelum menuliskan pertanyaan Anda, ada baiknya baca dulu komentar-komentar yang terdahulu. Siapa tahu pertanyaan Anda mirip dengan pertanyaan yang sudah dijawab.

Terima kasih


Baca Juga: Penjelasan Penutupan Polis Asuransi dari Prudential Syariah.
tutup polis asuransi




Cara Menutup Asuransi Prudential 
sumber: prudentialsyariah.com

120 komentar:

  1. sampai saat ini saya gak ikut asuransi apapun Mbak (kecuali asuransi kesehatan dari kantor) alasannya yah karena gak mau ribet itu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha..iya mbak ira. Maklum saya. Memang butuh energi khusus untuk mengurusnya. Terimakasih sudah berkunjung yaa :)

      Hapus
  2. Membaca cerita mbak lisdha, jadi gak minat pakai asuransi. Hihihi. Terima kasih sharingnya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi...kalau saya meski sudah kena yg ginian tetap aja suka asuransi mbak vin..cuma sekarng mungkin jd lebih bisa menimbang asuransi seperti apa yg saya butuhkan (dan disesuaikan dengan kemampuan bayar he2)

      Hapus
  3. Masih belum ikut asuransi apapun selain BPJS dan dari kantor suami sih. Tapi trims sharingnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mbak eka. Semoga saja nih BPJS terus mengalami perbaikan sistem dan pelayanan. Supaya kalau nanti suami pensiun, kita ga perlu bingung lagi ya mbak ^_^. So far saya jg masih mengandalkan dana kesehatan dari kantor suami kalau pas sakit :)

      Hapus
    2. Sama2 mbak eka. Semoga saja nih BPJS terus mengalami perbaikan sistem dan pelayanan. Supaya kalau nanti suami pensiun, kita ga perlu bingung lagi ya mbak ^_^. So far saya jg masih mengandalkan dana kesehatan dari kantor suami kalau pas sakit :)

      Hapus
  4. Saya jg ikut prudential..rencana jg mau stop..tp saya baru ikut prudential thn 2012..ikut yg 350 kalau stop cuma dapat 1.350.000 (banyak rugi). Setelah baca punya mbak saya jg mau cuti premi jd gk merasa rugi2 amat. Tapi mbak saya mau tny, kira2 prudential bisa diambil full 100% setelah tahun ke brp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mbak ratna, maaf responnya sangat terlambat nih. Dari polis saya yanh sudah 10 tahun desember 2016, ternyata nilai tunainya masih jauh di bawah total dana yang saya setorkan. Ini rencana mau saya ambil tunainya (dg disisakan 1 juta -jumlah minimal), selanjutnya akam saya bayarkan biaya asuransinya saja (tanpa investasinya). Pikir2 sayang kalau distop juga asuransinya. Tanggung...

      Hapus
    2. betul sekali langkahnya sudah benar mbak seperti itu, ambil nilai tunai sisakan 1jt, baru lanjut lagi bayar biaya asuransi tahunan aja jan ringan...

      Hapus
  5. Wah. Saya jg kepikiran mau stop premi prudential mbak tapi setelah baca punya mbak koq mikir2 ya. Apa mending cuti premi jg. Soalnya saya tanya brp yg saya dapat klo saya stop premi ternyata cuma dapat 1.350.000 padahal saya udah nabung 350 rb dari thn 2012 berarti sudah 4 thn. Kalau dipikir2 rugi ya. Makasih udah share mbak. Tapi saya mau tanya. Tabungan prudential bisa diambil 100% itu setelah tahun ke brp ya?

    BalasHapus
  6. Fitri Permata Sari12/25/2016 9:24 AM

    Maaf mba saya mau tanya proses penutupan polis dg pengembalian buku dsb itu ke pengembalian dana 14 hari ya ? Saya lg proses penutupan polis dan berkas saya sdh diterima pusat tgl 8 Desember lalu tp saya blm dihubungi lg

    BalasHapus
  7. Maaf saya mau bertanya, apakah harus mengurus sendiri langsung ke kantor prudential nya yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya tidak mbak hally. Bisa via telepon ke customer care prudential, nanti diarahkan untuk download form2 yang dibutuhkan di web prudent

      Hapus
  8. Saya mau tutup premi prudential ibu saya, udah 2kali balik ke kantor prudential barusan agennya bilang harus isi form penutupan. Form nya dikirim dari jkt. Gag bisa apa langsung dikasih formnya aja?? Alhasil harus balik lagi nanti :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan hari saya telp ke cust service prudent, bisa kok ga ke kantor atau nunggu kirim form fisik dari jkt. Bisa download dari web prudent. tapi saya belum cek ke web-nya. monggo kalau dicoba mas rizal. salam

      Hapus
    2. Telpon ke cust. Service aja mba.. ntar dikirim via pos ke alamat surat menyurat formulir penutupannya.. nanti kita kirim kembali ke kantor pusat prudential..

      Hapus
  9. Seneng bisa nemu blog mba Lisdha :). Rencananya saya jg mau nutup polis saya mba, tp stlah baca blog mba, ada pencerahan bwt saya. Utk cuti premi itu ada batas wktu periode cutinya ga mba? Utk pembayaran premi scra auto debet kira2 aman ga ya mba? Takutnya kalo cuti premi smpai akhirnya saldo kita ga cukup lg bwt nanggung biaya2 asuransi maka pihak prudential akan lgs mendebet rekening kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama ini saya autodebet mbak/mas (hahaha, maaf blm klik akunnya, jd belum tahu ini cantik apa cakep). kalau takut terdebet dan selama ini sudah autodebet, sebeum cuti pindah ke metode pembayaran manual. Sepengalaman saya dulu sih, kalau telat bayar premi dikirimi surat sama prudent (saat itu saya belum setor data email). asalkan terima surat/emailnya dan kita lgsg bayar, ga bakal lapse jadinya

      Hapus
  10. Klo prudential bangkrut nasib uang kita bgimn hhhhh sy jg bingung

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ini...lupa dulu gmn agennya jelasin soal ini. yang saya ingat malah agennya jelasin kalo prudent mah susah bangkrutnya hahaha

      Hapus
  11. Saya jg punya rencana mau tutup polis... Akhr bln maret udh mau 3th..duh kira2 dpt brp ya.. Kl cuti premi ttp bs kita ambil ga uang nya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak yuli, maaf ya slow respon. Setahu saya, asal sudah 2 tahun bisa kok ambil uangnya lalu cuti. tapi mungkin ntar cutinya ga bisa lama ya..

      Hapus
    2. mb, sy sudah krm semua data untuk pengajuan tutup polis awal okt....sy terima konsekuensix dengan kerugian hanya menerima 90 rb, tapi, bln ini rek sy terdebet kembali,,,malah 2 bln...solusinya mb, mungkin uang saya bs kembali yg 2 bln ini...krn sy sdh mengajukan penutupan polis dari bln kemarin

      Hapus
  12. halo salam kenal mmbk Lisdha.saya David.saya merencanakan tutup polis bulan ini,saya pakai auto debet mbk, tp setelah kmrn ke kantor pusat di bali dan diarahkan by phone ke CS jkt. dihitung2 cm dpt 75 ribu rupiah. saya sudah 2 tahun ikut dg premi per bulan 291 ribu.bagaimana ya?bs sharing mbk,mungkin ada pengalaman yg lain?trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau baru dua tahun memang bakalan dapat dikit banget mas david. Karena uang yg kita setorkan masih untuk biaya-biaya (salah 1nya buat komisi agen) dan asuransi. Apa mending cuti aja dulu. Tapi kalo nilai cashnya segitu cutinya juga ga bakalan bisa lama.

      Hapus
  13. Salam kenal mbk Lisdha,saya juga merencnakan tutup polis bulan ini.setelah kemarin ke kantor pusat di Bali adminnya tetap mengarahkan lewat by phone ke CS Jkt. setelah dihitung2 hanya dapat 75 ribu rupiah tunainya. dengan premi perbulannya 291 ribu. saya masih belum konsul ke agen saya di Jember. bagaimana ya?bs sharing mbk,mungkin ada pengalaman spt ini?trims

    BalasHapus
  14. Hallo bu lishda salam kenal dari sy.. Langsung aja mau nanya2 nih.. Sy rencana mau stop dari prudent dgn premi 350rb / bln sudah lebih dari 5thn.. Apakah dananya bisa narik full, ngitungnya gmn ya.. Apakah sprti biasa 350rb di kalikan 60bulan / 5thn.. Mohon infonya ya bu..😊 terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo pak/bu, untuk perhitungan detailnya saya kurang mengerti. Tapi yang jelas tidak akan bisa full premi x bulan pembayaran. Karena di tahun2 awal, masih ada biaya2 non investasi yg cukup besar. Kalau dulu komposisi nilai investasinya tidak terlalu kecil dibandingkan premi asuransinya, kemungkinan masih dapat agak banyak (di luar pengaruh harga unit dll).

      Hapus
    2. Hallo pak/bu, untuk perhitungan detailnya saya kurang mengerti. Tapi yang jelas tidak akan bisa full premi x bulan pembayaran. Karena di tahun2 awal, masih ada biaya2 non investasi yg cukup besar. Kalau dulu komposisi nilai investasinya tidak terlalu kecil dibandingkan premi asuransinya, kemungkinan masih dapat agak banyak (di luar pengaruh harga unit dll).

      Hapus
    3. Hai bu lisdha...
      Maaf sblmx
      Sy mau tanya, soal rekening penerima dana nanti, (saat tutup polis)
      Kbtulan pemegang polis orangtua saya, tpi pendebetan lgsg dri rek suami,
      Klo qt nnti mau tutup polis apa bisa memasukan data pda formulir dgn rekening pendebetan sprti biasa?
      Atau harus rekening pemegang polis (orgtua)

      Hapus
    4. Hallo bapak/ibu..setau saya harus no rekening pemegang polis, bukan pembayar premi. Krn dulu polis suami saya jg didebet dr rrekening saya. Tp dana dicairkan hrs ke rek suami saya. Salam

      Hapus
    5. Hallo bapak/ibu..setau saya harus no rekening pemegang polis, bukan pembayar premi. Krn dulu polis suami saya jg didebet dr rrekening saya. Tp dana dicairkan hrs ke rek suami saya. Salam

      Hapus
  15. Ikut nimbrung aghhh....Saya baru ikut pru pendidikan buat anak saya dan saya sendiri ikut pru dana pensiun yg saya tanyakan adalah saat mau claim ribet gak ya terkait yg saya baca di medsos banyak yg kecewa rencana saya duit yang sudah ada saya tidak claim sesuai habis kontrak yg saya TTD ni. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman tiap-tiap nasabah mungkin berbeda-beda ya Pak Sigit. Mungkin ada juga nasabah yang puas tapi nggak share pengalamannya. Supaya tidak terlalu kecewa memang harus benar-benar pahami kontrak dan syarat ketentuannya sedari awal

      Hapus
  16. Agh nimbrung dong jadi ibu", saya mau tanya saya baru ikut pru pendidikan buat anak saya dan saya sendiri ikut pru dana pensiun yg saya tanyakan saat mau claim dipersulit tidak ya terkait yg saya baca klw claim pru itu rumit bingidsss...tanks

    BalasHapus
  17. Tanya dong sist. Klw alamat yg di polis sama yg di KTP beda kira2 nanti pengurusan nya ribet gk..?tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, belum punya pengalaman yang seperti itu mas.. mesti tanya cs-nya :)

      Hapus
  18. Hi bu Lisdha

    mohon maaf, mau tanya,
    saya pemegang polis Prusyariah no. polis 08466xxx aktif sejak November 2012, sehubungan saya terkena PHK maka sekarang sulit untuk mebayar premi bulanan sebesar Rp. 500.000, saat ini status aktif,
    yang saya tanyakan:

    1.Seandainya tutup polis, berapa kira-kira saldo yang saya terima,
    2.Kalau cuti premi berapa lama maksimal masa cuti premi tersebut.

    terima kasih.

    @mas prie

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Besar saldo harus tanya langsung ke pru @mas prie. Dengan setoran bulanan dan waktu pembayaran yang sama, saldo antar nasabah bisa berbeda karena tergantung beberapa hal di kontrak awal, seperti komposisi biaya asuransi : investasi dan jenis investasi.

      2. saya agak lupa, ada ketentuan waktu atau dihitung sampai berapa lama ketersediaan dana (nilai tunai) yang akan dipakai untuk membayar asuransi

      Hapus
  19. mbak lisdha saya mau tanya,
    ibu sya sdh ikut prudential dgn polis 1 jt/bln skrg sdh berjalan 7 thn lebih. kita ada cuti premi slma 1thn lebih, ketika saya mau tutup polis dikatakan nilai investasi cuma sktr 18jt. sya sprtinya merasa rugi kalo dihitung dgn jumlah nominal yg sdh dibayarkan.mbak ada saran gak utk situasi skrg ini. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga ikut prudential sudah 3 tahun. Cuti premi 6 bulan. Nilai investasi saya cuma tinggal 1juta... Jadi rugi rasanya membayar 1juta perbulan.

      Hapus
  20. mau minta solusi dr mbak lisdha ttg polis asuransi ibu saya.polis sdh berjalan 7 thn lebih dgn premi bulanan 1 jt dan skrg sdg dlm masa cuti premi selama 1 thn. saya bertanya utk kemungkinan menutup polis dan mendapatkan info total investasi saya cuma 18 jt, jauh dari nilai yg sdh disetorkan slma ini, pertanyaannya apakah lebih baik sya tutup ato mbak ada sran yg lebih baik lagi dikarenakan sya ada masa 3 thn lagi utk asuransi trsbt.kira2kalo sya teruskan apakah lebih baik, atau lebih baik saya tutup

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, sedikit sekali ya nilai tunainya. mungkin komposisi biaya asuransinya besar sehingga nilai investasinya kecil kalau dibandingkan jumlah yang sudah disetorkan. saya merasa belum kredibel untuk memberi saran. tapi kalau menengok saran2 dari ahli finansial memang sebaiknya asuransi dan investasi dipisahkan. Dengan demikian kita akan mendapatkan manfaat maximal dari asuransi maupun investasi.

      Hapus
    2. Wahh,,,,ini kek kasus sy,,,dan sekarang sy jg lg berfikir utk tutup polis. Krn dr pertama ikut belum pernah klaim sekalipun. Nilai unit link yg d laporkan pun kecil. Klo sy sih malah kepikiran mending k reksadana aja, karena punya asuransi dr kantor. Ikut asuransi karena faktor gak enak ama temen aja hiiii��

      Hapus
  21. Haaaa,,,,jd males nerusin asuransi klo baca yg ginian,,,,secara unit link yg sy punya kenaikannya keciiillll banget :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada utk kesehatan mmg jd kecil banget ya mbak winda.

      Hapus
  22. Malem Mba Lis
    Mau tanya sedikit
    Saya ada rencana akan cuti premi setelah 6 tahun (tgl 25 Mei tahun ini) berjalan
    1. Nah, saat saldo di rekening bertambah itu ketika cuti premi? Atau saat tutup premi?
    2. Berselang berapa waktu antara cuti premi dengan tutup polis yang Mba Lis lakukan itu?
    Terimakasih atas jawabannya.

    BalasHapus
  23. Jadi gmna y mba carany kalau mau lihat saldo kalau mau qt tutup mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak, harus telp CS atau datang ke kantor cab pru

      Hapus
  24. Prudential g sesuai dg harapan banyak saya kecewa sehingga saya tutup asuransi saya bahkah setelah 2th saya ikut dg premi 1.000.000,- tidak ada penggantian sepeserpun saya sangat kecew

    BalasHapus
  25. Memang banyak nasabah beli Unit link tanpa paham detailnya ya mbak..termasuk saya salah satunya

    BalasHapus
  26. Selamat malam bu lisda syukur bisa ada yg saya tanya sy ikut asuransi prudent @350 perbulan sdh jalan 6 tahun kemaren saya tarik premi dapat 11 jt sesuai perhitungan dr prudenrial sekarang saya mau tutup kira2 masih saya dapat tidak atau tidak sama sekali karena sy sdh tarik premi trims...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam Pak Nurdin. Kalau sudah ditarik dg jumlah berdasarkan perhitungan pihak Pru, mungkin saat itu tinggal disisakan jumlah minimal (1 atau 2 juta, saya lupa). Jadi kalau skrg ditutup, jumlahnya pasti sdh berkurang atau malah habis krn bapak cuti bayar. Tapi itu asumsi saya. Saya pribadi tidak tahu bagaimana detail perhitungan untuk tutup polis. Info jelasnta harus tanya CS pru pak.

      Hapus
    2. Selamat malam Pak Nurdin. Kalau sudah ditarik dg jumlah berdasarkan perhitungan pihak Pru, mungkin saat itu tinggal disisakan jumlah minimal (1 atau 2 juta, saya lupa). Jadi kalau skrg ditutup, jumlahnya pasti sdh berkurang atau malah habis krn bapak cuti bayar. Tapi itu asumsi saya. Saya pribadi tidak tahu bagaimana detail perhitungan untuk tutup polis. Info jelasnta harus tanya CS pru pak.

      Hapus
    3. Selamat siang mbak terimakasih bisa share benar kata mbak 2jtan di dapat walau tdk sesuai uang yg saya setorkan agak nyesek tapi ya resiko kalau pemikiran pengen nambah uang dengan jalan seperti ikut asuransi jadi saya sekarang usaha dan beramal saja hehehhee

      Hapus
  27. dyan primitha5/14/2017 4:32 PM

    bu ini saya udah ikut prudent berjalan 7bulan perbulan 1juta. ini misal saya mau stop, trus kira2 uang yang kembali berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo mba dian, untuk tahu jumlah pastinya harus tanya ke CS atau kantor cab pru. Kalau baru 7 bulan, saya rasa nilai tunainya masih sangat kecil karena komposisi ke invest masih minimalis

      Hapus
  28. prudential adalah investasi jangka panjang.gali informasi sebanyak2nya biar tdk gagal paham.ksalahan yg sering trjadi.si agen dalam mmpromosikan produk kurang jelas.&nasabah yg tadinya ga paham jg cm diem ga mau nnya.jadi nya ya salah kaprah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya manajer investasi dari pruden kurang bagus, banyak beli saham yang menurut saya dalam jangka panjang justru rugi, manajer investasi pruden masih kalah dengan index saham gabungan, seperti contohnya prulink syariah equity fund yang berdiri tahun 2007 saja rata rata hasil investasi/tahun sejak 2007 adalah 9%/tahun padahal jika kita belikan saham yang bagus bagus seperti Unilever atau indofood sejak tahun 2007 kenaikan sahamnya sudah 900% dibagi 8 tahun rata rata imbal hasil 100%, asal tahu saja untuk saham unilever tahun 2007 sebesar Rp 5000 sekarang sudah 49.000 sudah berkali kali lipat, selama ini manajer investasinya dibelikan saham apa coba......

      Hapus
    2. Maaf mas Hendri Wibisono, saya masih newbie ini dalam asuransi unit link. Mungkin mas lebih ahli dalam hal asuransi unit link. Saya mau tanya:
      1. Prulink syariah equity fund itu isinya campuran saham apa saja?
      2. Porsi masing2 dari campuran saham nya itu berapa persen?
      3. Dan dari judulnya "syariah" equity fund, apa mungkin ada ketentuan nya cuma diinvest di perusahaan yang sesuai ketentuan syariah?
      4. Dan apakah prudential hanya memiliki 1 instrument investasi saja yaitu prudential syariah equity fund yang seperti mas Hendri katakan sebelumnya?

      Mohon dijawab ya mas, soalnya saya juga berencana mau buka polis prudential, sebelumnya sudah punya polis unit link di asuransi lain. Terimakasih

      Hapus
  29. Hallo mba,.saya juga ikut pru sudah mau jalan 4 tahun niatnya mau tutup polis pas udah 5 tahun tp agenny menyarankan untuk sampai 10 tahun tp saya takut kalu sampai 10 tahun pas tutup polis apa uang ny bisa di tarik semua mbak ? Takut tdk sesuai yg di harapkan atau bahkan merugi

    BalasHapus
    Balasan
    1. polis saya yang atas nama saya saya lanjut sampai 10 tahun. soalnya tanggung mau distop. kalau berdasarkan reputasi prudential dan pengalaman polis suami saya, saya percaya asal nggak ada masalah, uangnya akan dibayar

      Hapus
  30. Hallo mba,.saya juga ikut pru sudah mau jalan 4 tahun niatnya mau tutup polis pas udah 5 tahun tp agenny menyarankan untuk sampai 10 tahun tp saya takut kalu sampai 10 tahun pas tutup polis apa uang ny bisa di tarik semua mbak ? Takut tdk sesuai yg di harapkan atau bahkan merugi

    BalasHapus
  31. Hi bu Lisdha

    mohon maaf, mau tanya,
    saya pemegang polis Prudential aktif sejak Maret 2013, untuk mebayar premi bulanan sebesar Rp. 500.000, yang ini saya tanyakan:

    1.Seandainya tutup polis, berapa kira-kira uang yang saya terima,
    2.Kalau cuti premi berapa lama maksimal masa cuti premi tersebut dan berapa uang yang saya dapat.

    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. bisa ditanyakan ke prudent karena mereka yang tahu persisnya polis anda
      2. lama cuti tergantung besar nilai tunai, semakin besar nilai tunai cutinya bisa semakin lama

      Hapus
  32. bu ini saya sdh ikut asuransi prudential syariah 2 th, premi per bulan 250 rb, misal saya tutup polis dan tarik semua uang saya kira2 dpt brapa ya bu ? proses tutup polis polis ribet ngga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tutup polis tidak ribet kalau dokumen kita lengkap pak. Soal sisa uang bapak, harus ditanyakan ke prudent

      Hapus
  33. Saya sudah tutup polis. Nanti dana apa saja yang bakal saya dapat. Karna udah ikut 5th. Tapi say nggak pernah pakai mangaatnya sama sekali..

    BalasHapus
  34. Saya sudah proses penutupan polis prudential. Nanti dana apa saja yang bakal di peroleh.. secara dana asuransinya sama sekali tidak di gunakan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang akan diperoleh hanya dana tunai saja. dana yang dialokasikan untuk investasi

      Hapus
  35. Mb kok baru dua tahun udh dpt segtu ya, saya ikut pruden-sial dari 2016 saya tutup kemarin cuma dapat 8450rb aja.. Rugi saya 23jtan..bahkan sampe sekarang sy belum nerima duitnya.. Saya kapok ikut asuransi sama sekali ga ada untungnya buat saya mendingam ikut bpjs aja yg vip lagi bagus.. Kemarin bahkan sempat ada satu nasabah pruden-sial ngamuk karna duit dia di tarik sama agent nya sebesar 60jt pake ktp palsu lagi parah deh jd tambah ogah ikut asuransi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin alokasi untuk kesehatannya besar mbak Angel. Di polis suami saya, alokasinya hanya untuk asuransi jiwa dan investasi. Sebab itu nilai tunainya bisa segitu mbak..

      Hapus
    2. Kebanyakan agent prudential tidak memberikan informasi yang jelas pada saat prospek nasabah. Agent tidak menerangkan bahwa dana yg kita setorkan itu dipakai untuk 3 jenis pembayaran. 1. AKUISISI (uang yg dibayarkan untuk membeli Polis - umumnya untuk membayar komisi agen dll-. Hal ini biasanya dicantumkan didalam polis masing2. Untuk prudential setahu saya pada tahun pertama, semua dana yang disetor akan digunakan untuk AKUISISI, untuk tahun kedua akan ada penurunan persentase. 2. Biaya ASURANSI, ini adalah biaya yg rutin dibayarkan untuk menjaga agar kita tetap terdaftar di dalam program yang sudah kita ikuti (kalau Akuisisi kita anggap RUMAH, biaya ASURANSI ini adalah biaya2 bulanan seperti air, listrik dll). 3. INVESTASI, seperti sudah kita ketahui bersama elemen investasi ini yg paling sering dipromosikan, dengan memberikan ilustrasi yang MEMIKAT... tapi agen2 lupa memberitahukan/menjelaskan secara detil bahwa ada biaya akuisisi yang dibayarkan selama 5 tahun (dengan proporsi berbeda setiap tahunnya). Oleh karena itu sebagian besar akan merasa kecewa ketika setelah berjalan 2 tahun, jumlah uang yg disetor tidak sebanding dengan jumlah uang yang ada saat ini. Oleh karena itu sebisa mungkin selalu cari agent yang kooperatif dalam menjelaskan masalah asuransi ini, dan yang pasti setiap orang yg mau bergabung harus benar2 mengerti akan produk yang dibeli. Jangan sungkan bertanya tentang produk2 alternatif... seperti misalnya untuk Uang Pertanggungan Jiwa, ada 2 jenis produk... pertama yang dicover sampai umur 99, dan kedua yang dicover sampai umur tertentu (TERM). Tentunya harga produknya akan berbeda. Oleh karena itu sebisa mungkin cari informasi terlebih dahulu... Saya kebetulan punya berbagai macam Polis.. dan yang menurut saya paling bagus adalah ALLIANZ :)

      Hapus
    3. Trimakasih untuk berbagi penjelasan. Bermanfaat buat saya dan semoga juga buat temen2 yang mampir ke blog ini. Kebanyakan nasabah unit link yang saya kenal, kasusnya seperti saya dulu : sama sekali blank tentang asuransi sehingga tidak aware dengan detail semacam ini.

      Hapus
  36. Mba,saya sudah 3 thn di prudent,mau tutup tp CS bilang nilai investasinya blm ada,knp mba bisa dan saya ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sdh saya balas di email ya mbak irma

      Hapus
  37. Mba, saya rencana ingin menutup polis,untuk mendapatkan form penutupan polis apa harus telepon ke cs nya atau bisa hanya dengan download di web nya saja?.
    makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    2. Meski bisa download, tapi sepertinya lebih mantap kalau dibarengi telp CS mbak.

      Hapus
  38. Mba, saya sudah 2,5 tahun ikut prudent syariah, di 3 bulan awal premi saya 1jt, lalu lanjut sampai skarang jadi 600rb/bln, rencana saya mau tutup, namun masih dalam pertimbangan. Pertanyaan saya :
    1. Nilai yg bisa diambil jikalau saya mau tutup apakah hanya nilai unit yang ada dilaporan bulanan melalui email saja? atau dari premi bulanan yang saya bayarkan, ada yang dikembalikan?
    2. Jikalau saya tarik tunai bulan ini dengan nominal yang ada, namun saya tetap lanjut premi per bulan seperti biasa, kerugian dan manfaat apa yang saya dapatkan?

    Terima kasih atas sharing nan mencerahkan.

    Salam

    Aulia Muhaddi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas Aulia,
      Halo Mas Aulia,

      1. yang dibayarkan hanya nilai unit investasi pada hari saat penutupan (tidak dijamin sama dengan yang di email bulanan karena nilai unit berubah harian). Investasi = premi - (biaya asuransi+biaya akuisisi+biaya administrasi) CMIIW

      2. jika lanjut bayar, nasabah akan tetap mendapat manfaat asuransi dan investasinya. Kerugian : pengambilan saat baru bayar 2,5 tahun, nilai invetasinya masih sangat kecil

      Hapus
  39. Salam kenal bu lisdha, berkat blog ibu sy jd berani ambil keputusan nutup polis pruden sy. Trm ksh. Sy telp cs nya lalu dikirimi form penutupan lewat email. Kemarin sy baru urus di kantor pruden yg di Tunjungan Plaza V lt. 10. Tanpa ttd agennya juga bisa di proses kok. Prosesnya 12-14 hr krj klo tanpa ttd, klo ada ttd 7-9 hr kerja. Sy baru ikut 9 bln premi 750rb, kata csnya nanti dikembalikan sekitar 3.3 jt. Krn sy jg 50:50 komposisinya. Skrg msh nunggu hslnya, smg lancar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih sharingnya Bu Liana. Saya malah sudah lupa berapa hari-nya. karena sudah lamaaa :)

      Hapus
  40. Aku wis bukan fans asuransi lagi dik, gara-gara agen prudent-ku salah ngejelasin dan bikin rencana keuangannku berantakan. Pengen ditutup aku nggak dapat duit, nggak ditutup aku wis males bayar. Huah...sebel pokoke

    BalasHapus
    Balasan
    1. njuk akhire dikapakke mbak? aku masih ngefans siih..tp bukan UL pastinya. meski UL-ku satunya masih jalan hehehe

      Hapus
  41. Salam.... curhat dikit y mbak.mudah2an ada solusinya.
    kebetulan sy niat mo tutup 3 polis Prudential keluarga saya.belum prnh klaim satupun pdhl sdh ada yg 8 thn,5 thn dan hmpr 3thn byr premi 500rb/bln.
    Secara hitungan biaya premi saya slm ini sdh lbh dr 91jt yg dibayarkan sampai bulan Juli 2017.
    Tp laporan hrg unit yg dikirim via email total dr 3 polis per Juli 2017 cuma ada 38jt an.
    Klo saya tutup semua polis, jelas kerugian yg saya dapat sekitar 53 jutaan.
    Dan agen saya pun tdk jelas orgnya skrg,dulu sy ikut Krn gak enak sm kerabat yg nawarin.
    Solusi terbaik apa yg bs saya ambil y mbak?
    Mksh sdh boleh corat-coret disini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas atau mbak deni ini ya?
      Unit Link (UL) adl gabungan dari asuransi dan investasi. Jadi memang nilai investasinya tak sebesar uang yang sudah disetor (bahkan UL saya yg sudah 10 tahun bayar saja nilai tunainya masih di bawah akumulasi premi-nya).
      Kalau masih kuat untuk membayar dan tak ada opsi asuransi dan investasi lain, menurut saya sih sayang untuk ditutup. Karena kalau-kalau sakit, kita masih tercover asuransi (dan mudah2an klaimnya lancar). Tapi kan kita nggak berharap sakit ya..
      Lain halnya kalau sudah berat rasanya untuk membayar. Lanjut atau stop, masing2 punya plus minus, tinggal bagaimana mantapnya hati kita.

      Hapus
  42. Saya mau tanya .. Ansuransi saya sudah jalan 4 th.. Dan saya tutup polis. Premi saya 4 ratus/bulan.! Dan saya tanya katanya cuma 4 jt -+ . sementara saya udah setor sebesar 19 jt.... Ini nama nya prudensial ansuransi atau apa ya...
    Dulu katA agen wajib nabung.. 10 th... Nyatanya gini... Kapok saya masuk ansuransi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Edi, kalau baca2 komentar di atas, akan ada penjelasan mengapa hitungannya jadi demikian. Kalau saja sedari awal agen benar-benar menjelaskan dan bapak benar-benar paham, seharusnya tak ada kekagetan seperti ini ya..

      Hapus
    2. Agen asuransi kbanyakan nga pernah bahas masalah ini saya aja merasa tertipu pak edi..kbanyakan mereka cuma ngasi angin2 surga utk mnarik konsomen...bulsyettt

      Hapus
  43. Jangan percaya soal nama'nya asuransi. Karena asuransi merugikan nasabah. Bodoh amat dengan asuransi tawarrin saya. Saya jawab tidak usah. Saya malaz ikut.

    BalasHapus
  44. Jangan pernah ikut asuransi prudential, sy ikut 2 thn saat ditutup nilainya hanya balik 135 ribu doang premi sy 500 rb, benar2 tertipu sy...baru saja sy dr kantor prudent hasilnya sangat mengecewakan, bagi yg berminat urungkan niat jgn percaya mulut manis agen

    BalasHapus
  45. mbak mau tanya ni, biasanya rata2 brp tahun yaa polis bisa ditutup? terus apa semua asuransi itu uangnya pasti kembali / bisa di ambil di perjanjian tahun? makasih ya mbak saya tunggu balasannyaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya bisa ditutup kapan saja mba aliya. tapi kalau ditutup sebelum berakhirnya pembayaran premi, nilai tunainya masih sedikit. tidak sesuai dengan jumlah premi yang sudah kita setorkan

      Hapus
  46. apakah polis bisa ditutup sebelum dua tahun ? kebetulan polis saya baru berjalan 6 bulan dan saya ingin menutupnya karena beberapa hal. terimakasih mohon jawabannya.

    BalasHapus
  47. SAYA juga mau tutup polis iuran 300 rb masak mamfaatnya 15 juta padahal sudah 8 tahun

    BalasHapus
  48. Saya sudah ikut prudential dari tgl: 08 februari 2011 dan tgl:26 mei 2017 ada pengajuan penarikan dana sebesar Rp. 5.600.000, apakah masih ada dana yg bisa saya ambil atau ditutup?? Saya setiap bulannya bayar Rp. 300.000/bln atas nama anak saya dan sekarang mau saya ambil apakah masih ada sisanya dana tersebut? Karena saya sudah tidak bekerja lgi dan membutuhkanya. Mohon konfirmasi nya terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus tanya CS pak ibnu. Mereka yang tahu ada tidaknya sisa dana.

      Hapus
  49. Aku juga baru nutup polis di tgl 5 spet kemarin, skr lg nunggu cair dananya,,

    BalasHapus
  50. Mbah polis saya sudah berjalan selama 12 bulan dengan premi 1 juta/bulan,.... saya mau tutup aja... ngak kuat bayarnya... gimana ya mbak baiknya.... benar ngak tu keputusan saya ... terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah nggak kuat bayar ya gimana lagi mas.

      Hapus
  51. Selamat pagi mba Lisdha,

    Senang sekali saya membaca tulisan mba Lisdha. Tulisannya sangat informatif dan objektif.

    Saya bersyukur Prudential memiliki nasabah seperti mba Lisdha, yang mengerti dengan baik produk asuransi yang dimilikinya, juga dapat menshare pengetahuannya secara baik kepada nasabah-nasabah yang lain. Semoga balasan kebaikan terus mengiringi kehidupan mba Lisdha dan keluarga =)

    Kemudian, sebagai agent Prudential, saya juga akan berusaha memberikan penjelasan yang terbaik kepada para nasabah agar tidak terjadi kekecewaan dan terbentuk kepuasan yang maksimal. Saya pun mohon izin untuk memasukan tulisan dan komentar-komentar di website ini sebagai bahan referensi untuk website saya, apabila mba Lisdha berkenan.

    Salam hangat,

    Dinul hq
    Agent Prudential Syariah
    http://prudentialsyariah.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih apresiasinya. Silakan utk.memasukkan tulisan saya. Tapi utk komentar mohon dianonimkan karena bukan saya "pemilik" komentar-komentar tsb. Salam hangat kembali :)

      Hapus
    2. Selama pagi mba Lisdha,

      Terima kasih atas izin yang diberikan. Senang rasanya dapat kembali mengunjungi blog mba Lisdha. Sebagai salah satu penjelasan terbaik yang diberikan oleh nasabah Prudential, tulisan mba telah saya masukkan di website kami.

      Cara menutup asuransi prudential

      http://prudentialsyariah.com/asuransi-jiwa/cara-menutup-asuransi-prudential/

      Bentuknya berupa link rekomendasi untuk dibaca selanjutnya oleh pengunjung web kami, terletak di bagian bawah tulisan dan di atas komentar.

      Salam hangat,

      Hapus
  52. saya mau bertanya, alm. 2009 ibu saya sebelum meninggal memiliki polis dengan tertanggung utama adalah saya (15th saat itu). walaupun ibu saya sudah meninggal prudential tetap membayarkan premi tiap bulannya atau parent payor ya kalau tidak salah, sampai saya 25th. saat ini saya 22th, umur polis +/- 8th, nilai tabungan +/- 20jt
    - Apakah saya bisa mengambil nilai tabungan dalam polis tsb saat ini? atau krn parent payor baru bisa saat berumur 25th?
    - Jika tidak bisa, apakah saya bisa menutup polis tsb? dan dana 20jt tsb akan bisa saya terima?

    terimakasih sebelumnya:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas adit,

      Sebelumnya saya mohon izin untuk menjawab kepada mba Lisdha. Apabila berkenan, boleh kiranya diapprove balasan dari saya ini.

      Saya turut berduka cita atas kepergian almarhumah ibunda. Saya yakin ibunda adalah seorang sosok ibu yang luar biasa. Walau kini beliau telah tiada, usahanya untuk tetap memberikan dukungan finansial terbaik untuk anak2nya telah berhasil, dengan polis prudential tersebut.

      Baik, sebagai agen prudential saya akan membantu menjawab pertanyaan mas adit.

      1. Nilai tabungan tersebut dapat diambil, kapanpun saat dibutuhkan, mas adit dapat hubungi agen prudential untuk polis tsb.

      2. Parent payor sampai dengan usia 25 tahun tersebut artinya, prudential akan terus membayarkan premi (serta menambah nila tabungannya) TIAP BULANNYA SAMPAI USIA 25 TAHUN. Artinya, pengambilan dana terbaik adalah setelah mas adit berusia 25 tahun, karena saat itu klaim telah dibayarkan maksimal oleh Prudential.

      Untuk pertanyaan lebih lanjut, mas adit dapat konsultasikan polis prudential ke kami.

      Semoga bermanfaat =)

      Salam hangat,

      Dinul Haq
      Agen Prudential Syariah
      prudentialsyariah.com

      Hapus
  53. Terima kasih atas infonya sangat berguna. Kebetulan saya berkeinginan menutup semua polis asuransi saya. Kalau di hitung hitung lebih baik saya taruh uang di deposito saja ... nggak ribet. Asuransi kebanyakan di potong biaya dan kalaupun di cuti premi tapi tiap bulan biaya tetap ada dan hasilnya nilai asuransi kita berkurang... masalahnya saya tidak tinggal di indonesia .. jadi masalah penutupan akan menjadi tambah ribet

    BalasHapus
  54. Hak mbaa kalau aku ini br mau iku pru kok malah jadi mikir dua kali mau ikut asuransi atau engak.. menurut mba aku lanjut ikutan ap ada asiransi yang lebih baik lg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak Vika,

      Jikalau saya diizinkan menjawab.

      Sebaiknya dilanjutkan untuk ikut asuransinya, mengingat perlindungan finansial keluarga dari resiko meninggal, sakit kritis dan pensiun merupakan bagian penting dari perencanaan keuangan.

      Untuk perusahaan asuransi, saya rasa Prudential sudahlah yang terbaik. Selama 5 tahun berturut-turut prudential telah menyabet gelar asuransi terbaik versi majalah investor. Masyarakat pun sudah paham kalau asuransi, ya prudential.

      Sebagai saran tambahan, pilihlah agen prudential yang berkomitmen dan berdedikasi tinggi untuk melayani nasabah. Sehingga, mbak Vika bisa mendapatkan pelayanan terbaik dan terhindar dari ketidakpuasan.

      Semoga membantu menjawab =)

      Salam,
      Dinul Haq
      Agen Prudential Syariah
      Prudentialsyariah.com

      Hapus
  55. Sy rencana mau tutup asuransi, soalnya uda dpt asuransi dr kntornsuami. Baru 2th jg sih, tp ko nilainya jd kecil bgt ya, eee mlah jd ga pengen di tutup deh, syang duitnya lbh dr separo soalnya tuh potongan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pagi mba Widya,

      Terimakasih atas kepercayaannya kepada Prudential sebagai asuransi pilihan keluarga.

      Jikalau saya boleh saran, ada baiknya dikonsultasikan ke agen mba terlebih dulu sebelum ambil keputusan. Saran saya pribadi sebagai Agen, untuk melanjutkan polis tersebut, apalagi umurnya baru 2 tahun dan nilai tabungannya masih sangat kecil.

      Wajar koq mba, punya asuransi lebih dari satu, dua atau tiga. Selama total preminya tidak lebih dari 30 % penghasilan. Pengalaman saya, malah ada nasabah yang punya 15 asuransi untuk tujuan yang berbeda-beda. Semakin banyak, semakin bagus =)

      Salam,
      Dinul Haq
      Agen Prudential Syariah
      Prudentialsyariah.com

      Hapus
  56. Pagi mba,,saya sudah membayar premi 18bulan sebesar 800rb/bulan untuk kedua anak saya,saya berhenti membayar premi kira kira 8bulanan,,waktu itu saya sudah minta kejelasan sama agent bahkan saya tlpn langsung sama cs frudential,,tapi begitu mendengar penjelasan agent saya langsung emosi karna yg saya dapat kalau saya tutup polis cuma 100sama 300rb doang??sampai sekarang belum ada kejelasan kembali,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pagi mba Deti,

      Saya sangat bangga kepada mba Deti sebagai seorang ibu yang sangat peduli kepada anak-anaknya dengan memberikan mereka perlindungan asuransi. Semoga senantiasa menjadi kebaikan yang takterhitung nilainya.

      Untuk itu, saya pun turut prihatin apabila mba Deti berniat untuk menutup polisnya dengan uang kembalian yang sangat kecil.

      Nilai saldo prudential pada dasarnya memang dipengaruhi berbagai faktor. Untuk lebih jelasnya, mba Deti dapat membaca Faktor-Faktor yang membuat saldo prudential saya kecil

      Semoga membantu =)

      Salam,
      Dinul Haq
      Agen Prudential Syariah
      Prudentialsyariah.com

      Hapus
  57. Sy mw tny Mba...
    Sy ikut asuransi -/+ 7thn (@bln 350rb) tp saat ini sy msh cuti premi -/+ 2thn...
    Saat ini sy mw ttp premi sy, apkah sy hrs mlunasi cuti premi sy trlbih dulu atw tdk y...Tx sblm'y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yth. Nasabah Prudential,

      Jikalau saya diizinkan membantu menjawab.

      Untuk dapat menikmati fasilitas polis, termasuk tutup polis, polis tersebut haruslah dalam keadaan aktif (inforce).

      Kemudian, untuk mengubah statusnya dari cuti premi ke aktif, nasabah dapat mengumpulkan form berhenti cuti premi disertai membayar premi untuk satu bulan. Dengan begitu, polis aktif dan siap ditutup.

      Semoga membantu =)

      Salam,
      Dinul Haq

      Agen Prudential Syariah
      Prudentialsyariah.com

      Hapus
  58. Hallo mas dinul haq.. Salam kenal saya bayar asuransi dgn premi disetahunkan senilai 6 juta/tahun dari tahun 2010 Dan ini sdh masuk tahun ke 9 per 7 januari 2018 jika ditutup awal December in I berapa ya Dana yg akan masuk kerekening saya,, trma kasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas Furqan,

      Salam kenal. Terima kasih atas pertanyaannya kepada saya.

      Itu artinya polisnya telah berumur hampir 9 tahun ya.. Perkiraan kasar saya, nilai tunai polisnya akan berada antara kisaran 70% s.d 90% x 6 juta x 9 tahun. Dengan asumsi adanya porsi investasi saat pembuatan polis.

      Untuk nilai pastinya, silahkan kirimkan permintaan bantuan cek salod kepada kami melalui link Konsultasi Prudential.

      Dengan begitu, kami dapat membantu mengecek nilai tunainya dengan lebih akurat.

      Semoga membantu =)

      Salam,
      Dinul Haq

      Prudential Syariah
      Prudentialsyariah.com

      Hapus
  59. Mbak..karena baca pertanyaan+jawaban di kolom komentar jadi batal nanya saya..sudah ketemu jawabannya..:D

    Terima kasih infonyaaaa:)

    BalasHapus
  60. Melihat komentar komentar diatas, sedikit berkomentar saja.
    Mungkin ketika proses prospek/presentasi sama agent-nya tidak dijelaskan secara lengkap (at least singkatnya),
    mengenai apa itu unit link, alokasi dana ke asuransi atau investasi, potongan biaya akuisisi (1-5 tahun, dengan persentasinya), ILUSTRASI maslahat (Perkiraan nilai tunai/nilai investasi di tahun ke sekian), cara birokrasi (klaim, cuti premi, cara investasi, etc.), dan lain hal
    atau mungkin di awal pada saat agent presentasi, yang dibahas/dijanjikan berupa nilai tunai (di tahun sekian, uang bapak/ibu pasti sekian (?)).
    Dimana yang sebenarnya dijual adalah manfaat dari proteksi, sedangkan yang ""diiklankan hanya nilai investasi, yang pasti tidak pasti nilainya :p
    Saran saya, alangkah baiknya terbuka kepada calon nasabah mengenai hal hal seperti itu, jangan asal mengejar closing :) agar tidak terjadi kekecewaan/kesalahpahaman di kemudian hari.

    Best Regards,
    MD, Allianz Syariah

    BalasHapus

Entri Unggulan

Hari-hari Menjelang Akadku

pic : www.sewa-apartemen.net Minggu-minggu ini, aku dan Mas J semakin mendekati hari akad. Jadwal pastinya sih belum ada. Tapi kalau...

Postingan Terpopuler