Pengalaman Menutup Polis Asuransi

gambar payung dari Buka Lapak


Beberapa hari lalu, seorang teman cerita bahwa dia memutuskan stop membayar premi asuransi Prudential. Dia sudah membayar selama dua tahun dengan premi Rp 1.6 juta per bulan (untuk satu keluarga). Berarti total sudah lebih dari Rp 30 juta yang dia setorkan.

Teman saya ini benar-benar cuma "stop bayar premi", bukan mengurus penutupan polis ataupun cuti premi. Alhasil, dari jumlah sebanyak itu yang sudah disetorkan, dia tidak mendapatkan nilai tunai dan polisnya terancam lapse (hilang manfaat). Atau malah sudah lapse? Entah, waktu itu cuma cerita selintas, jadi nggak dapat cerita detailnya.


Saya pribadi agak menyayangkan sih. Seandainya dia mengurus penutupan polis, pasti masih ada nilai tunai yang bisa diambil, seberapapun jumlahnya. Atau kalau mengurus cuti premi, manfaat asuransi masih akan berjalan sampai "tabungan" premi habis. Mana tahu kan, ada hal-hal yang tidak diinginkan dan tercover asuransi terjadi dalam rentang waktu cuti premi ini.

Tapi memang, hal-hal seperti ini kembali ke masing-masing orang sih ya.. Saya mahfum kalau bagi sebagian orang, males banget mengurus administrasi semacam ini. Nggak jauh-jauh menunjuk orang lain, suami saya saja malas mengurus asuransi :D. Bayangan prosedur rumit, ribet.... sudah bikin ogah duluan. Padahal kalau dikerjakan sesuai prosedur sebenarnya nggak ribet-ribet amat lho. Memang sih, tetap harus mengeluarkan energi dan meluangkan waktu. Apalagi kalau semula sama sekali nggak tahu mesti ngapain, kan jadi mesti dari awal : tanya-tanya dulu cari-cari informasi.

Tapi kalau buat saya yang masih butuh duit ini, nggak apa-apa deh ribet sedikit (bahkan agak banyak :D) mengurus tutup polis. Menerima transferan nilai tunai yang seberapapun itu nilainya, bikin semua keribetan itu terasa worth it hehehe.


Seperti pengalaman saya sewaktu menutup polis asuransi Prudential atas nama suami saya di pertengahan tahun lalu. Kenapa menutup polis sudah saya ceritakan di tulisan ini yaa..
Setelah ada niat menutup polis saya tanya-tanya dulu sama agen, bagaimana prosedur penutupan. 

Agen menyarankan supaya saya datang ke kantor  Prudential terdekat. Kebetulan di Pematangsiantar ada kantor cabang Prudential. Pertama saya datang ke kantor di Jalan Sutomo. Tapi di situ saya diarahkan untuk ke kantor cabang di Jalan Wahidin.
Di sana, seorang staff menghitungkan nilai tunai yang bisa saya ambil bila polis ditutup dengan nilai unit di hari itu, yakni Rp 6, xx juta (saya lupa detail komanya). 

Ok, angka 6 juta saya catat sebagai kisaran. Karena saat datang itu saya juga belum membawa berkas apa-apa. Oh iya, sebagai info, kami sudah menyetor premi Rp 500 ribu/bulan selama dua tahun. Artinya total Rp 12 juta yang sudah kami setorkan. Nilai tunai lumayan besar mungkin karena komposisi asuransi : investasinya 50 : 50 dan pilihan investasinya total di saham.


Untuk menutup polis, berkasnya simpel kok. Yang dibutuhkan cuma :
  1. buku polis asli
  2. fotokopi KTP
  3. fotokopi buku rekening, dan 
  4. mengisi formulir penutupan polis (surrender) yang tersedia di kantor cabang.
 Sedangkan untuk cuti premi, syaratnya serupa (eh, saya lupa untuk cuti premi mesti buku polis asli atau boleh fotokopi). Tapi form-nya yang berbeda.

Masalahnya, buat kami jadi enggak simpel karena data dan tanda tangan di buku rekening suami berbeda dengan data dan tanda tangan di KTP terbaru. Maklumlah, buku rekening dibuat di zaman purba saat masih lajang, yang mana sudah lebih dari sepuluh tahun lalu. Alamat KTP saat itu masih alamat rumah mertua. Bahkan tak cuma data alamat, tapi ada data detail nama yang juga berbeda. Tampaknya kesalahan sudah bermula dari KTP yang dulu dipakai untuk membuka rekening bank.

Kalau mau mengurus koreksi buku, mesti di kantor tempat buka rekening ( di Klaten Jawa Tengah). Sementara, pencairan nilai tunai tidak bisa meminjam rekening orang lain, rekening istri sekalipun. 

Alternatif solusi adalah suami membuka rekening baru. Tapiiiii...ini pun tak simpel. Karena untuk buka rekening butuh KTP setempat sementara kami masih ber-KTP Jawa Tengah. Pihak bank menyatakan pembuatan rekening dengan KTP luar kota  harus menyertakan surat keterangan domisili dari kelurahan setempat atau surat keterangan kerja dari kantor suami.


Jiaaah...butuh waktu lagi. Urus sana-sini, akhirnya baru sekitar dua bulan kemudian kami bisa kembali ke kantor cabang untuk mengurus penutupan polis. Pada hari H pun bukannya tanpa masalah. Berkas lengkap sudah kami bawa. Tapi staff yang bisa menghitung nilai tunai sedang tak ada. Sementara staff yang menerima kami, mungkin (lagi) lelah, jadi terasa jutek gitu deh..

Waktu itu kami sudah masuk bulan ketiga nggak bayar premi. Itu berarti saldo tunai kami sudah tergerus untuk menutup pembayaran yang lowong. Plus, saat itu lagi ramai-ramainya nilai rupiah melorot ke angka Rp 13 ribuan. Jadi buat saya yang awam soal harga-harga saham, cuma bisa menduga-duga kalau kondisi ekonomi saat itu berimbas ke harga unit. Cuma bisa menduga karena kalaupun cek juga kaga bakalan ngerti hihihi. 

Si mbak juga nggak mau njelasin waktu kami tanya apakah masih ada pemotongan biaya lain-lain jika kami tutup polis. Alasannya, staff yang ngerti soal itu lagi nggak ada. Uuuuii... pengin kutraktir mie pangsit di sebelah kantor deh si mbak itu. Bukan karena saya baik, tapi karena saya males berantem...hehehehe.

Ya wes...ujung-ujungnya males ribet juga. Masakan harus datang lagi cuma buat tahu nilai tunai. Eh tapi waktu itu saya kok juga nggak kepikiran untuk telepon call centre Prudential ya.. Mana tahu bisa dihitungkan nilai tunai plus dapat keterangan lebih jelas tentang ada tidaknya potongan lain kalau tutup polis. Sudah bete duluan sih...

Akhirnya, kami buat keputusan mendadak. Bukannya mengisi formulis penutupan polis, kami justru ambil formulir cuti premi. Takutnya daripada ntar kena potongan-potongan macem-macem yang bikin nilai tunai dikit banget mending cuti premi di mana kami harus menyisakan saldo sebesar Rp 1 juta. (Mungkin) jadi rugi satu juta tapi plusnya : manfaat masih akan jalan sampai saldo habis. 



Update : penutupan polis secara langsung tidak dibebani biaya/potongan apapun. Nasabah bisa menerima sejumlah nilai tunai pada hari H pencairan oleh Prudential. Untuk mengetahui kisaran nilai tunai : tanya agen, tanya ke kantor cabang, telepon customer service, atau login ke website prudential bagi nasabah yang sudah memiliki akun. 

Ya sudah deh...gitu aja. Haha...ternyata tetap saja ya bersikap "daripada ribet". Tapi setelah keribetan soal buku rekening itu...memang jadi sudah males deh tambah keribetan. Setelah proses itu saya nggak pernah cek-cek rekening. Sebab, waktu itu itu rekening dibuat tanpa kartu ATM. Baru beberapa bulan kemudian ketika mengurus pembuatan kartu ATM sekalian cek saldo. Ternyata uangnya sudah masuk dalam jangka waktu kurang dari 14 hari kerja. 

Dengan keputusan cuti premi yang kami ambil plus situasi nilai rupiah yang drop saat itu, nilai tunai yang masuk sebesar Rp 4.8 juta. Nggak ada separuhnya dari jumlah total dana yang sudah kami setorkan. Tapi soal ini mah sudah siap mental karena memang kontrak baru jalan dua tahun. Masih lumayan lah daripada tak ada sedikitpun nilai tunai kalau kami stop bayar premi begitu saja. 

Baca pengalaman lain dengan unit link : Unit Link Setelah Sepuluh Tahun


NOTE : Terima kasih untuk semua pertanyaan yang ditujukan pada saya sehubungan dengan asuransi baik melalui kolom komentar maupun email. Namun, berhubung saya juga hanya nasabah, pengetahuan saya terbatas. Bersyukur, lewat tulisan ini juga, ada seorang sahabat blogger yang juga agen asuransi yang dengan sukarela membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masuk. Namun, sebelum menuliskan pertanyaan Anda, ada baiknya baca dulu komentar-komentar yang terdahulu. Siapa tahu pertanyaan Anda mirip dengan pertanyaan yang sudah dijawab.

Terima kasih


Baca Juga: Penjelasan Penutupan Polis Asuransi dari Prudential Syariah.
tutup polis asuransi




Cara Menutup Asuransi Prudential 
sumber: prudentialsyariah.com

114 komentar untuk "Pengalaman Menutup Polis Asuransi"

  1. sampai saat ini saya gak ikut asuransi apapun Mbak (kecuali asuransi kesehatan dari kantor) alasannya yah karena gak mau ribet itu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha..iya mbak ira. Maklum saya. Memang butuh energi khusus untuk mengurusnya. Terimakasih sudah berkunjung yaa :)

      Hapus
  2. Membaca cerita mbak lisdha, jadi gak minat pakai asuransi. Hihihi. Terima kasih sharingnya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi...kalau saya meski sudah kena yg ginian tetap aja suka asuransi mbak vin..cuma sekarng mungkin jd lebih bisa menimbang asuransi seperti apa yg saya butuhkan (dan disesuaikan dengan kemampuan bayar he2)

      Hapus
  3. Masih belum ikut asuransi apapun selain BPJS dan dari kantor suami sih. Tapi trims sharingnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mbak eka. Semoga saja nih BPJS terus mengalami perbaikan sistem dan pelayanan. Supaya kalau nanti suami pensiun, kita ga perlu bingung lagi ya mbak ^_^. So far saya jg masih mengandalkan dana kesehatan dari kantor suami kalau pas sakit :)

      Hapus
    2. Sama2 mbak eka. Semoga saja nih BPJS terus mengalami perbaikan sistem dan pelayanan. Supaya kalau nanti suami pensiun, kita ga perlu bingung lagi ya mbak ^_^. So far saya jg masih mengandalkan dana kesehatan dari kantor suami kalau pas sakit :)

      Hapus
  4. Saya jg ikut prudential..rencana jg mau stop..tp saya baru ikut prudential thn 2012..ikut yg 350 kalau stop cuma dapat 1.350.000 (banyak rugi). Setelah baca punya mbak saya jg mau cuti premi jd gk merasa rugi2 amat. Tapi mbak saya mau tny, kira2 prudential bisa diambil full 100% setelah tahun ke brp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mbak ratna, maaf responnya sangat terlambat nih. Dari polis saya yanh sudah 10 tahun desember 2016, ternyata nilai tunainya masih jauh di bawah total dana yang saya setorkan. Ini rencana mau saya ambil tunainya (dg disisakan 1 juta -jumlah minimal), selanjutnya akam saya bayarkan biaya asuransinya saja (tanpa investasinya). Pikir2 sayang kalau distop juga asuransinya. Tanggung...

      Hapus
    2. Manfat asuransi hanya bisa dirasakan saat ada resiko selebihnya tidak ada manfaatnya sama sekali yang hanya rugi sekian :(

      Hapus
  5. Wah. Saya jg kepikiran mau stop premi prudential mbak tapi setelah baca punya mbak koq mikir2 ya. Apa mending cuti premi jg. Soalnya saya tanya brp yg saya dapat klo saya stop premi ternyata cuma dapat 1.350.000 padahal saya udah nabung 350 rb dari thn 2012 berarti sudah 4 thn. Kalau dipikir2 rugi ya. Makasih udah share mbak. Tapi saya mau tanya. Tabungan prudential bisa diambil 100% itu setelah tahun ke brp ya?

    BalasHapus
  6. Fitri Permata SariDesember 25, 2016 8:24 AM

    Maaf mba saya mau tanya proses penutupan polis dg pengembalian buku dsb itu ke pengembalian dana 14 hari ya ? Saya lg proses penutupan polis dan berkas saya sdh diterima pusat tgl 8 Desember lalu tp saya blm dihubungi lg

    BalasHapus
  7. Seneng bisa nemu blog mba Lisdha :). Rencananya saya jg mau nutup polis saya mba, tp stlah baca blog mba, ada pencerahan bwt saya. Utk cuti premi itu ada batas wktu periode cutinya ga mba? Utk pembayaran premi scra auto debet kira2 aman ga ya mba? Takutnya kalo cuti premi smpai akhirnya saldo kita ga cukup lg bwt nanggung biaya2 asuransi maka pihak prudential akan lgs mendebet rekening kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama ini saya autodebet mbak/mas (hahaha, maaf blm klik akunnya, jd belum tahu ini cantik apa cakep). kalau takut terdebet dan selama ini sudah autodebet, sebeum cuti pindah ke metode pembayaran manual. Sepengalaman saya dulu sih, kalau telat bayar premi dikirimi surat sama prudent (saat itu saya belum setor data email). asalkan terima surat/emailnya dan kita lgsg bayar, ga bakal lapse jadinya

      Hapus
  8. Hallo bu lishda salam kenal dari sy.. Langsung aja mau nanya2 nih.. Sy rencana mau stop dari prudent dgn premi 350rb / bln sudah lebih dari 5thn.. Apakah dananya bisa narik full, ngitungnya gmn ya.. Apakah sprti biasa 350rb di kalikan 60bulan / 5thn.. Mohon infonya ya bu..😊 terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo pak/bu, untuk perhitungan detailnya saya kurang mengerti. Tapi yang jelas tidak akan bisa full premi x bulan pembayaran. Karena di tahun2 awal, masih ada biaya2 non investasi yg cukup besar. Kalau dulu komposisi nilai investasinya tidak terlalu kecil dibandingkan premi asuransinya, kemungkinan masih dapat agak banyak (di luar pengaruh harga unit dll).

      Hapus
    2. Hai bu lisdha...
      Maaf sblmx
      Sy mau tanya, soal rekening penerima dana nanti, (saat tutup polis)
      Kbtulan pemegang polis orangtua saya, tpi pendebetan lgsg dri rek suami,
      Klo qt nnti mau tutup polis apa bisa memasukan data pda formulir dgn rekening pendebetan sprti biasa?
      Atau harus rekening pemegang polis (orgtua)

      Hapus
    3. Hallo bapak/ibu..setau saya harus no rekening pemegang polis, bukan pembayar premi. Krn dulu polis suami saya jg didebet dr rrekening saya. Tp dana dicairkan hrs ke rek suami saya. Salam

      Hapus
    4. Hallo bapak/ibu..setau saya harus no rekening pemegang polis, bukan pembayar premi. Krn dulu polis suami saya jg didebet dr rrekening saya. Tp dana dicairkan hrs ke rek suami saya. Salam

      Hapus
  9. Agh nimbrung dong jadi ibu", saya mau tanya saya baru ikut pru pendidikan buat anak saya dan saya sendiri ikut pru dana pensiun yg saya tanyakan saat mau claim dipersulit tidak ya terkait yg saya baca klw claim pru itu rumit bingidsss...tanks

    BalasHapus
  10. mau minta solusi dr mbak lisdha ttg polis asuransi ibu saya.polis sdh berjalan 7 thn lebih dgn premi bulanan 1 jt dan skrg sdg dlm masa cuti premi selama 1 thn. saya bertanya utk kemungkinan menutup polis dan mendapatkan info total investasi saya cuma 18 jt, jauh dari nilai yg sdh disetorkan slma ini, pertanyaannya apakah lebih baik sya tutup ato mbak ada sran yg lebih baik lagi dikarenakan sya ada masa 3 thn lagi utk asuransi trsbt.kira2kalo sya teruskan apakah lebih baik, atau lebih baik saya tutup

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh,,,,ini kek kasus sy,,,dan sekarang sy jg lg berfikir utk tutup polis. Krn dr pertama ikut belum pernah klaim sekalipun. Nilai unit link yg d laporkan pun kecil. Klo sy sih malah kepikiran mending k reksadana aja, karena punya asuransi dr kantor. Ikut asuransi karena faktor gak enak ama temen aja hiiii��

      Hapus
    2. halo smuany ikut nimbrung y sy ikut asuransi prudential ikut yg perbulan 600rb nah suami 400rb dlm jngka wktu 2thn sy tu2p polis dan akhirny sy urus d kntor pusat d jakrta dan trnyta sy hnya dpt 1.7an sy tny k ageny dan dia hnya mnjwab y segituu bu dpatny sungguh2 amat tidak brtnggung jwab dan sy nysel ikut2 asuransi bgitu jd agak2 trauma sdngkan suami hny dpt 900rb gilaaa khn sy gk ngertii perhitungany spertii ap????smpe detikk ini agak2 ngerii sich sma asuransi klo ad yg ngertiii coba d jlasiiin mksh

      Hapus
    3. halo smuany ikut nimbrung y sy ikut asuransi prudential ikut yg perbulan 600rb nah suami 400rb dlm jngka wktu 2thn sy tu2p polis dan akhirny sy urus d kntor pusat d jakrta dan trnyta sy hnya dpt 1.7an sy tny k ageny dan dia hnya mnjwab y segituu bu dpatny sungguh2 amat tidak brtnggung jwab dan sy nysel ikut2 asuransi bgitu jd agak2 trauma sdngkan suami hny dpt 900rb gilaaa khn sy gk ngertii perhitungany spertii ap????smpe detikk ini agak2 ngerii sich sma asuransi klo ad yg ngertiii coba d jlasiiin mksh

      Hapus
  11. Haaaa,,,,jd males nerusin asuransi klo baca yg ginian,,,,secara unit link yg sy punya kenaikannya keciiillll banget :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada utk kesehatan mmg jd kecil banget ya mbak winda.

      Hapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  13. Jadi gmna y mba carany kalau mau lihat saldo kalau mau qt tutup mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak, harus telp CS atau datang ke kantor cab pru

      Hapus
  14. Memang banyak nasabah beli Unit link tanpa paham detailnya ya mbak..termasuk saya salah satunya

    BalasHapus
  15. Selamat malam bu lisda syukur bisa ada yg saya tanya sy ikut asuransi prudent @350 perbulan sdh jalan 6 tahun kemaren saya tarik premi dapat 11 jt sesuai perhitungan dr prudenrial sekarang saya mau tutup kira2 masih saya dapat tidak atau tidak sama sekali karena sy sdh tarik premi trims...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam Pak Nurdin. Kalau sudah ditarik dg jumlah berdasarkan perhitungan pihak Pru, mungkin saat itu tinggal disisakan jumlah minimal (1 atau 2 juta, saya lupa). Jadi kalau skrg ditutup, jumlahnya pasti sdh berkurang atau malah habis krn bapak cuti bayar. Tapi itu asumsi saya. Saya pribadi tidak tahu bagaimana detail perhitungan untuk tutup polis. Info jelasnta harus tanya CS pru pak.

      Hapus
    2. Selamat malam Pak Nurdin. Kalau sudah ditarik dg jumlah berdasarkan perhitungan pihak Pru, mungkin saat itu tinggal disisakan jumlah minimal (1 atau 2 juta, saya lupa). Jadi kalau skrg ditutup, jumlahnya pasti sdh berkurang atau malah habis krn bapak cuti bayar. Tapi itu asumsi saya. Saya pribadi tidak tahu bagaimana detail perhitungan untuk tutup polis. Info jelasnta harus tanya CS pru pak.

      Hapus
    3. Selamat siang mbak terimakasih bisa share benar kata mbak 2jtan di dapat walau tdk sesuai uang yg saya setorkan agak nyesek tapi ya resiko kalau pemikiran pengen nambah uang dengan jalan seperti ikut asuransi jadi saya sekarang usaha dan beramal saja hehehhee

      Hapus
  16. bu ini saya udah ikut prudent berjalan 7bulan perbulan 1juta. ini misal saya mau stop, trus kira2 uang yang kembali berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo mba dian, untuk tahu jumlah pastinya harus tanya ke CS atau kantor cab pru. Kalau baru 7 bulan, saya rasa nilai tunainya masih sangat kecil karena komposisi ke invest masih minimalis

      Hapus
  17. prudential adalah investasi jangka panjang.gali informasi sebanyak2nya biar tdk gagal paham.ksalahan yg sering trjadi.si agen dalam mmpromosikan produk kurang jelas.&nasabah yg tadinya ga paham jg cm diem ga mau nnya.jadi nya ya salah kaprah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya manajer investasi dari pruden kurang bagus, banyak beli saham yang menurut saya dalam jangka panjang justru rugi, manajer investasi pruden masih kalah dengan index saham gabungan, seperti contohnya prulink syariah equity fund yang berdiri tahun 2007 saja rata rata hasil investasi/tahun sejak 2007 adalah 9%/tahun padahal jika kita belikan saham yang bagus bagus seperti Unilever atau indofood sejak tahun 2007 kenaikan sahamnya sudah 900% dibagi 8 tahun rata rata imbal hasil 100%, asal tahu saja untuk saham unilever tahun 2007 sebesar Rp 5000 sekarang sudah 49.000 sudah berkali kali lipat, selama ini manajer investasinya dibelikan saham apa coba......

      Hapus
    2. Maaf mas Hendri Wibisono, saya masih newbie ini dalam asuransi unit link. Mungkin mas lebih ahli dalam hal asuransi unit link. Saya mau tanya:
      1. Prulink syariah equity fund itu isinya campuran saham apa saja?
      2. Porsi masing2 dari campuran saham nya itu berapa persen?
      3. Dan dari judulnya "syariah" equity fund, apa mungkin ada ketentuan nya cuma diinvest di perusahaan yang sesuai ketentuan syariah?
      4. Dan apakah prudential hanya memiliki 1 instrument investasi saja yaitu prudential syariah equity fund yang seperti mas Hendri katakan sebelumnya?

      Mohon dijawab ya mas, soalnya saya juga berencana mau buka polis prudential, sebelumnya sudah punya polis unit link di asuransi lain. Terimakasih

      Hapus
  18. Hallo mba,.saya juga ikut pru sudah mau jalan 4 tahun niatnya mau tutup polis pas udah 5 tahun tp agenny menyarankan untuk sampai 10 tahun tp saya takut kalu sampai 10 tahun pas tutup polis apa uang ny bisa di tarik semua mbak ? Takut tdk sesuai yg di harapkan atau bahkan merugi

    BalasHapus
    Balasan
    1. polis saya yang atas nama saya saya lanjut sampai 10 tahun. soalnya tanggung mau distop. kalau berdasarkan reputasi prudential dan pengalaman polis suami saya, saya percaya asal nggak ada masalah, uangnya akan dibayar

      Hapus
  19. Hallo mba,.saya juga ikut pru sudah mau jalan 4 tahun niatnya mau tutup polis pas udah 5 tahun tp agenny menyarankan untuk sampai 10 tahun tp saya takut kalu sampai 10 tahun pas tutup polis apa uang ny bisa di tarik semua mbak ? Takut tdk sesuai yg di harapkan atau bahkan merugi

    BalasHapus
  20. Hi bu Lisdha

    mohon maaf, mau tanya,
    saya pemegang polis Prudential aktif sejak Maret 2013, untuk mebayar premi bulanan sebesar Rp. 500.000, yang ini saya tanyakan:

    1.Seandainya tutup polis, berapa kira-kira uang yang saya terima,
    2.Kalau cuti premi berapa lama maksimal masa cuti premi tersebut dan berapa uang yang saya dapat.

    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. bisa ditanyakan ke prudent karena mereka yang tahu persisnya polis anda
      2. lama cuti tergantung besar nilai tunai, semakin besar nilai tunai cutinya bisa semakin lama

      Hapus
  21. bu ini saya sdh ikut asuransi prudential syariah 2 th, premi per bulan 250 rb, misal saya tutup polis dan tarik semua uang saya kira2 dpt brapa ya bu ? proses tutup polis polis ribet ngga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tutup polis tidak ribet kalau dokumen kita lengkap pak. Soal sisa uang bapak, harus ditanyakan ke prudent

      Hapus
  22. Saya sudah tutup polis. Nanti dana apa saja yang bakal saya dapat. Karna udah ikut 5th. Tapi say nggak pernah pakai mangaatnya sama sekali..

    BalasHapus
  23. Saya sudah proses penutupan polis prudential. Nanti dana apa saja yang bakal di peroleh.. secara dana asuransinya sama sekali tidak di gunakan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang akan diperoleh hanya dana tunai saja. dana yang dialokasikan untuk investasi

      Hapus
  24. Mba,saya sudah 3 thn di prudent,mau tutup tp CS bilang nilai investasinya blm ada,knp mba bisa dan saya ga ya?

    BalasHapus
  25. Mba, saya rencana ingin menutup polis,untuk mendapatkan form penutupan polis apa harus telepon ke cs nya atau bisa hanya dengan download di web nya saja?.
    makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    2. Meski bisa download, tapi sepertinya lebih mantap kalau dibarengi telp CS mbak.

      Hapus
  26. Mba, saya sudah 2,5 tahun ikut prudent syariah, di 3 bulan awal premi saya 1jt, lalu lanjut sampai skarang jadi 600rb/bln, rencana saya mau tutup, namun masih dalam pertimbangan. Pertanyaan saya :
    1. Nilai yg bisa diambil jikalau saya mau tutup apakah hanya nilai unit yang ada dilaporan bulanan melalui email saja? atau dari premi bulanan yang saya bayarkan, ada yang dikembalikan?
    2. Jikalau saya tarik tunai bulan ini dengan nominal yang ada, namun saya tetap lanjut premi per bulan seperti biasa, kerugian dan manfaat apa yang saya dapatkan?

    Terima kasih atas sharing nan mencerahkan.

    Salam

    Aulia Muhaddi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas Aulia,
      Halo Mas Aulia,

      1. yang dibayarkan hanya nilai unit investasi pada hari saat penutupan (tidak dijamin sama dengan yang di email bulanan karena nilai unit berubah harian). Investasi = premi - (biaya asuransi+biaya akuisisi+biaya administrasi) CMIIW

      2. jika lanjut bayar, nasabah akan tetap mendapat manfaat asuransi dan investasinya. Kerugian : pengambilan saat baru bayar 2,5 tahun, nilai invetasinya masih sangat kecil

      Hapus
  27. Aku wis bukan fans asuransi lagi dik, gara-gara agen prudent-ku salah ngejelasin dan bikin rencana keuangannku berantakan. Pengen ditutup aku nggak dapat duit, nggak ditutup aku wis males bayar. Huah...sebel pokoke

    BalasHapus
    Balasan
    1. njuk akhire dikapakke mbak? aku masih ngefans siih..tp bukan UL pastinya. meski UL-ku satunya masih jalan hehehe

      Hapus
  28. Salam.... curhat dikit y mbak.mudah2an ada solusinya.
    kebetulan sy niat mo tutup 3 polis Prudential keluarga saya.belum prnh klaim satupun pdhl sdh ada yg 8 thn,5 thn dan hmpr 3thn byr premi 500rb/bln.
    Secara hitungan biaya premi saya slm ini sdh lbh dr 91jt yg dibayarkan sampai bulan Juli 2017.
    Tp laporan hrg unit yg dikirim via email total dr 3 polis per Juli 2017 cuma ada 38jt an.
    Klo saya tutup semua polis, jelas kerugian yg saya dapat sekitar 53 jutaan.
    Dan agen saya pun tdk jelas orgnya skrg,dulu sy ikut Krn gak enak sm kerabat yg nawarin.
    Solusi terbaik apa yg bs saya ambil y mbak?
    Mksh sdh boleh corat-coret disini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas atau mbak deni ini ya?
      Unit Link (UL) adl gabungan dari asuransi dan investasi. Jadi memang nilai investasinya tak sebesar uang yang sudah disetor (bahkan UL saya yg sudah 10 tahun bayar saja nilai tunainya masih di bawah akumulasi premi-nya).
      Kalau masih kuat untuk membayar dan tak ada opsi asuransi dan investasi lain, menurut saya sih sayang untuk ditutup. Karena kalau-kalau sakit, kita masih tercover asuransi (dan mudah2an klaimnya lancar). Tapi kan kita nggak berharap sakit ya..
      Lain halnya kalau sudah berat rasanya untuk membayar. Lanjut atau stop, masing2 punya plus minus, tinggal bagaimana mantapnya hati kita.

      Hapus
  29. Saya mau tanya .. Ansuransi saya sudah jalan 4 th.. Dan saya tutup polis. Premi saya 4 ratus/bulan.! Dan saya tanya katanya cuma 4 jt -+ . sementara saya udah setor sebesar 19 jt.... Ini nama nya prudensial ansuransi atau apa ya...
    Dulu katA agen wajib nabung.. 10 th... Nyatanya gini... Kapok saya masuk ansuransi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Edi, kalau baca2 komentar di atas, akan ada penjelasan mengapa hitungannya jadi demikian. Kalau saja sedari awal agen benar-benar menjelaskan dan bapak benar-benar paham, seharusnya tak ada kekagetan seperti ini ya..

      Hapus
    2. Agen asuransi kbanyakan nga pernah bahas masalah ini saya aja merasa tertipu pak edi..kbanyakan mereka cuma ngasi angin2 surga utk mnarik konsomen...bulsyettt

      Hapus
  30. Jangan percaya soal nama'nya asuransi. Karena asuransi merugikan nasabah. Bodoh amat dengan asuransi tawarrin saya. Saya jawab tidak usah. Saya malaz ikut.

    BalasHapus
  31. Jangan pernah ikut asuransi prudential, sy ikut 2 thn saat ditutup nilainya hanya balik 135 ribu doang premi sy 500 rb, benar2 tertipu sy...baru saja sy dr kantor prudent hasilnya sangat mengecewakan, bagi yg berminat urungkan niat jgn percaya mulut manis agen

    BalasHapus
  32. mbak mau tanya ni, biasanya rata2 brp tahun yaa polis bisa ditutup? terus apa semua asuransi itu uangnya pasti kembali / bisa di ambil di perjanjian tahun? makasih ya mbak saya tunggu balasannyaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya bisa ditutup kapan saja mba aliya. tapi kalau ditutup sebelum berakhirnya pembayaran premi, nilai tunainya masih sedikit. tidak sesuai dengan jumlah premi yang sudah kita setorkan

      Hapus
  33. apakah polis bisa ditutup sebelum dua tahun ? kebetulan polis saya baru berjalan 6 bulan dan saya ingin menutupnya karena beberapa hal. terimakasih mohon jawabannya.

    BalasHapus
  34. SAYA juga mau tutup polis iuran 300 rb masak mamfaatnya 15 juta padahal sudah 8 tahun

    BalasHapus
  35. Selamat pagi mba Lisdha,

    Senang sekali saya membaca tulisan mba Lisdha. Tulisannya sangat informatif dan objektif.

    Saya bersyukur Prudential memiliki nasabah seperti mba Lisdha, yang mengerti dengan baik produk asuransi yang dimilikinya, juga dapat menshare pengetahuannya secara baik kepada nasabah-nasabah yang lain. Semoga balasan kebaikan terus mengiringi kehidupan mba Lisdha dan keluarga =)

    Kemudian, sebagai agent Prudential, saya juga akan berusaha memberikan penjelasan yang terbaik kepada para nasabah agar tidak terjadi kekecewaan dan terbentuk kepuasan yang maksimal. Saya pun mohon izin untuk memasukan tulisan dan komentar-komentar di website ini sebagai bahan referensi untuk website saya, apabila mba Lisdha berkenan.

    Salam hangat,

    Dinul hq
    Agent Prudential Syariah
    http://prudentialsyariah.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih apresiasinya. Silakan utk.memasukkan tulisan saya. Tapi utk komentar mohon dianonimkan karena bukan saya "pemilik" komentar-komentar tsb. Salam hangat kembali :)

      Hapus
    2. Selama pagi mba Lisdha,

      Terima kasih atas izin yang diberikan. Senang rasanya dapat kembali mengunjungi blog mba Lisdha. Sebagai salah satu penjelasan terbaik yang diberikan oleh nasabah Prudential, tulisan mba telah saya masukkan di website kami.

      Cara menutup asuransi prudential

      http://prudentialsyariah.com/asuransi-jiwa/cara-menutup-asuransi-prudential/

      Bentuknya berupa link rekomendasi untuk dibaca selanjutnya oleh pengunjung web kami, terletak di bagian bawah tulisan dan di atas komentar.

      Salam hangat,

      Hapus
  36. saya mau bertanya, alm. 2009 ibu saya sebelum meninggal memiliki polis dengan tertanggung utama adalah saya (15th saat itu). walaupun ibu saya sudah meninggal prudential tetap membayarkan premi tiap bulannya atau parent payor ya kalau tidak salah, sampai saya 25th. saat ini saya 22th, umur polis +/- 8th, nilai tabungan +/- 20jt
    - Apakah saya bisa mengambil nilai tabungan dalam polis tsb saat ini? atau krn parent payor baru bisa saat berumur 25th?
    - Jika tidak bisa, apakah saya bisa menutup polis tsb? dan dana 20jt tsb akan bisa saya terima?

    terimakasih sebelumnya:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas adit,

      Sebelumnya saya mohon izin untuk menjawab kepada mba Lisdha. Apabila berkenan, boleh kiranya diapprove balasan dari saya ini.

      Saya turut berduka cita atas kepergian almarhumah ibunda. Saya yakin ibunda adalah seorang sosok ibu yang luar biasa. Walau kini beliau telah tiada, usahanya untuk tetap memberikan dukungan finansial terbaik untuk anak2nya telah berhasil, dengan polis prudential tersebut.

      Baik, sebagai agen prudential saya akan membantu menjawab pertanyaan mas adit.

      1. Nilai tabungan tersebut dapat diambil, kapanpun saat dibutuhkan, mas adit dapat hubungi agen prudential untuk polis tsb.

      2. Parent payor sampai dengan usia 25 tahun tersebut artinya, prudential akan terus membayarkan premi (serta menambah nila tabungannya) TIAP BULANNYA SAMPAI USIA 25 TAHUN. Artinya, pengambilan dana terbaik adalah setelah mas adit berusia 25 tahun, karena saat itu klaim telah dibayarkan maksimal oleh Prudential.

      Untuk pertanyaan lebih lanjut, mas adit dapat konsultasikan polis prudential ke kami.

      Semoga bermanfaat =)

      Salam hangat,

      Dinul Haq
      Agen Prudential Syariah
      prudentialsyariah.com

      Hapus
  37. Terima kasih atas infonya sangat berguna. Kebetulan saya berkeinginan menutup semua polis asuransi saya. Kalau di hitung hitung lebih baik saya taruh uang di deposito saja ... nggak ribet. Asuransi kebanyakan di potong biaya dan kalaupun di cuti premi tapi tiap bulan biaya tetap ada dan hasilnya nilai asuransi kita berkurang... masalahnya saya tidak tinggal di indonesia .. jadi masalah penutupan akan menjadi tambah ribet

    BalasHapus
  38. Hak mbaa kalau aku ini br mau iku pru kok malah jadi mikir dua kali mau ikut asuransi atau engak.. menurut mba aku lanjut ikutan ap ada asiransi yang lebih baik lg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak Vika,

      Jikalau saya diizinkan menjawab.

      Sebaiknya dilanjutkan untuk ikut asuransinya, mengingat perlindungan finansial keluarga dari resiko meninggal, sakit kritis dan pensiun merupakan bagian penting dari perencanaan keuangan.

      Untuk perusahaan asuransi, saya rasa Prudential sudahlah yang terbaik. Selama 5 tahun berturut-turut prudential telah menyabet gelar asuransi terbaik versi majalah investor. Masyarakat pun sudah paham kalau asuransi, ya prudential.

      Sebagai saran tambahan, pilihlah agen prudential yang berkomitmen dan berdedikasi tinggi untuk melayani nasabah. Sehingga, mbak Vika bisa mendapatkan pelayanan terbaik dan terhindar dari ketidakpuasan.

      Semoga membantu menjawab =)

      Salam,
      Dinul Haq
      Agen Prudential Syariah
      Prudentialsyariah.com

      Hapus
    2. Susah kalo para agen prudential pada ikut nimbrung. Berharap dapet pencerahan eh malah banyak promosinya. Promosiin produk baru lagi yg nanti ujung ujungnya gak seberapa jelas penjelasannya. Dan kasian para nasabah yg hanya sekedar modal ikut tanpa dijelaskan secara detailnya.

      Hapus
    3. saya malah bersyukur ada mas dinul yang mau bantu2 jawab. soalnya, pertanyaannya banyak yang teknis2. mana saya bisa jawab ya kan?

      Hapus
  39. Sy rencana mau tutup asuransi, soalnya uda dpt asuransi dr kntornsuami. Baru 2th jg sih, tp ko nilainya jd kecil bgt ya, eee mlah jd ga pengen di tutup deh, syang duitnya lbh dr separo soalnya tuh potongan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pagi mba Widya,

      Terimakasih atas kepercayaannya kepada Prudential sebagai asuransi pilihan keluarga.

      Jikalau saya boleh saran, ada baiknya dikonsultasikan ke agen mba terlebih dulu sebelum ambil keputusan. Saran saya pribadi sebagai Agen, untuk melanjutkan polis tersebut, apalagi umurnya baru 2 tahun dan nilai tabungannya masih sangat kecil.

      Wajar koq mba, punya asuransi lebih dari satu, dua atau tiga. Selama total preminya tidak lebih dari 30 % penghasilan. Pengalaman saya, malah ada nasabah yang punya 15 asuransi untuk tujuan yang berbeda-beda. Semakin banyak, semakin bagus =)

      Salam,
      Dinul Haq
      Agen Prudential Syariah
      Prudentialsyariah.com

      Hapus
  40. Pagi mba,,saya sudah membayar premi 18bulan sebesar 800rb/bulan untuk kedua anak saya,saya berhenti membayar premi kira kira 8bulanan,,waktu itu saya sudah minta kejelasan sama agent bahkan saya tlpn langsung sama cs frudential,,tapi begitu mendengar penjelasan agent saya langsung emosi karna yg saya dapat kalau saya tutup polis cuma 100sama 300rb doang??sampai sekarang belum ada kejelasan kembali,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pagi mba Deti,

      Saya sangat bangga kepada mba Deti sebagai seorang ibu yang sangat peduli kepada anak-anaknya dengan memberikan mereka perlindungan asuransi. Semoga senantiasa menjadi kebaikan yang takterhitung nilainya.

      Untuk itu, saya pun turut prihatin apabila mba Deti berniat untuk menutup polisnya dengan uang kembalian yang sangat kecil.

      Nilai saldo prudential pada dasarnya memang dipengaruhi berbagai faktor. Untuk lebih jelasnya, mba Deti dapat membaca Faktor-Faktor yang membuat saldo prudential saya kecil

      Semoga membantu =)

      Salam,
      Dinul Haq
      Agen Prudential Syariah
      Prudentialsyariah.com

      Hapus
  41. Yth. Nasabah Prudential,

    Jikalau saya diizinkan membantu menjawab.

    Untuk dapat menikmati fasilitas polis, termasuk tutup polis, polis tersebut haruslah dalam keadaan aktif (inforce).

    Kemudian, untuk mengubah statusnya dari cuti premi ke aktif, nasabah dapat mengumpulkan form berhenti cuti premi disertai membayar premi untuk satu bulan. Dengan begitu, polis aktif dan siap ditutup.

    Semoga membantu =)

    Salam,
    Dinul Haq

    Agen Prudential Syariah
    Prudentialsyariah.com

    BalasHapus
  42. Hallo mas dinul haq.. Salam kenal saya bayar asuransi dgn premi disetahunkan senilai 6 juta/tahun dari tahun 2010 Dan ini sdh masuk tahun ke 9 per 7 januari 2018 jika ditutup awal December in I berapa ya Dana yg akan masuk kerekening saya,, trma kasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas Furqan,

      Salam kenal. Terima kasih atas pertanyaannya kepada saya.

      Itu artinya polisnya telah berumur hampir 9 tahun ya.. Perkiraan kasar saya, nilai tunai polisnya akan berada antara kisaran 70% s.d 90% x 6 juta x 9 tahun. Dengan asumsi adanya porsi investasi saat pembuatan polis.

      Untuk nilai pastinya, silahkan kirimkan permintaan bantuan cek salod kepada kami melalui link Konsultasi Prudential.

      Dengan begitu, kami dapat membantu mengecek nilai tunainya dengan lebih akurat.

      Semoga membantu =)

      Salam,
      Dinul Haq

      Prudential Syariah
      Prudentialsyariah.com

      Hapus
  43. Mbak..karena baca pertanyaan+jawaban di kolom komentar jadi batal nanya saya..sudah ketemu jawabannya..:D

    Terima kasih infonyaaaa:)

    BalasHapus
  44. Melihat komentar komentar diatas, sedikit berkomentar saja.
    Mungkin ketika proses prospek/presentasi sama agent-nya tidak dijelaskan secara lengkap (at least singkatnya),
    mengenai apa itu unit link, alokasi dana ke asuransi atau investasi, potongan biaya akuisisi (1-5 tahun, dengan persentasinya), ILUSTRASI maslahat (Perkiraan nilai tunai/nilai investasi di tahun ke sekian), cara birokrasi (klaim, cuti premi, cara investasi, etc.), dan lain hal
    atau mungkin di awal pada saat agent presentasi, yang dibahas/dijanjikan berupa nilai tunai (di tahun sekian, uang bapak/ibu pasti sekian (?)).
    Dimana yang sebenarnya dijual adalah manfaat dari proteksi, sedangkan yang ""diiklankan hanya nilai investasi, yang pasti tidak pasti nilainya :p
    Saran saya, alangkah baiknya terbuka kepada calon nasabah mengenai hal hal seperti itu, jangan asal mengejar closing :) agar tidak terjadi kekecewaan/kesalahpahaman di kemudian hari.

    Best Regards,
    MD, Allianz Syariah

    BalasHapus
  45. mw tanya nih...sy ikut prudential dari juli 2013 premi 350rb..bulan 2 2017 saya cuti premi selama 7 bulan, dengan sebelumnya menarik dana 4 jt rupiah. kemudian di bln 11 2017 sy kmbli bayar premi, tp bulan ini rasax sy ingin tutup saja, berhubung ada masalah keuangan. kira2 sy masih bs dapat nilai tunai gak yah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pagi mba Ana,

      Jikalau saya diizinkan menjawab.

      Setelah cuti premi dan penarikan dana tersebut, bisa jadi nilai tunainya telah habis.

      Untuk mengetahui nilai pastinya, mba ana dapat melihat caranya pada Cara Cek Saldo Prudential.

      Semoga membantu =)

      Salam,
      Dinul Hq
      Agen Prudential Syariah
      Prudentialsyariah.com

      Hapus
  46. Mb ibu sya jga ikut dt nov 14 sampai skrng 18..klo mau nutup tp yg ngurus sya sbgai ank gmna ya????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yth. Nasabah Prudential,

      Jikalau saya diizinkan menjawab.

      Bisa koq ibu apabila diurus anaknya. Pastikan saja data-data yang dibutuhkan seperti Fotokopi KTP dan Buku Rekening, adalah atas nama ibu, jika ibu sebagai pemegang polis.

      Untuk mempelajari hal ini lebih lanjut, ibu dapat melihat Cara Penutupan Asuransi Prudential.

      Semoga membantu =)

      Salam,
      Dinul Hq
      Agen Prudential Syariah
      Prudentialsyariah.com

      Hapus
  47. Saya baru dapet 1tahunan.. dg premi 500rb/bulan. Misal ditarik tunai gitu dapet berapa yaaa..?? Atau ada option lain.. bisa ikut cuti premi tidak untuk umur masih 1tahunan ikut asuransinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pagi mba Azka,

      Jikalau saya diizinkan menjawab.

      Untuk asuransi yang baru berumur 1 tahun, tidak ada pilihan selain melanjutkan atau berhenti. Fasilitas cuti premi hanya berlaku untuk polis yang telah berusia dua tahun.

      Semoga membantu =)

      Salam,
      Dinul Hq
      Agen Prudential Syariah
      Prudentialsyariah.com

      Hapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  49. Mba klo premi baru 4 bln itu bisa nutup premi g... n apakah uang kmbli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau baru 4 bulan sepertinya nilai tunainya kecil bangettt atau malah masih nol deh mbak. Bisa ditanyakan ke cs

      Hapus
  50. hai mba lisdha, saya mau tanya. kalo kita pernah mengajukan tarik tunai & tidak melanjutkan bayar premi bulanan sampai nilai premi tsb habis untuk mengcover premi yg tidak dibayarkan, apakah kita harus menutup akun prudential kita? apa resikonya apabila akun tsb tidak ditutup & dibiarkan begitu saja? apakah jumlah premi yg tidak kita bayarkan akan terus terakumulasi menjadi hutang/tunggakan yg harus dibayarkan suatu saat nanti/bagaimana statusnya ya? bukankah apabila nilai premi sudah habis & polis menjadi lapse (tdk aktif), otomatis polis tsb akan batal dgn sendirinya ya? mohon pencerahannya. terima kasih. raihana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya, kalau nilai tunai habis, polis akan otomatis lapse pak. Jadi ngga perlu menutup polis.

      Hapus
    2. Mba kalo kita niat nya untuk cover kesehatan sambil investasi., saat nanti sudah membayar premi selama 10 tahun apakah memang menguntungkan untuk kita? Mohon pencerahan nya mba,.

      Hapus
  51. permisi mba lisda saya mau tanya. inikan saya ada ikut asurasi sama ibu. nah umurnya itu udh 10thn lebih. yg saya 3jt sama 6jt pertahun. kalo mau tutup kira2 balik 100% gak yah ? sayang juga soal nya gk pernah kepake sama sekali. kalo di itung2 kan lumayan 90jtan gitu total nya :( mending dipake modal usaha sendiri hehe

    BalasHapus
  52. Mbak apakah nilai tunai di laporan kita itu adalah jumlah total uang yg bisa kita dapat kalo tutup polis?

    BalasHapus
  53. Dari sekian banyak yg share., mayoritas pengguna prudent kecewa terhadap pilihan yg sudah diambil. Saya cuma mau tanya mba lisdha., saya baru aktif satu tahun ini. Dengan premi satu juta perbulan. Saya mencoba mencari beberapa orng yg berhasil atau puas dengan hasil investasi yg ditawarkan pihak agen agen prudential. Rasanya jarang sekali saya temukan. Pertanyaan nya apakah memang bisa dianggap investasi kalau kita bener bener menyelesaikan premi sampai 10 tahun kedepan. Atau hanya buang buang uang ga jelas mengingat inflasi ke depan juga makin tinggi. Mohon penjelasan nya bagi yg sudah berpengalaman dan punya informasi lebih terkait beberapa orang yg sudah menyelesaikan premi nya selama 10 tahun.

    BalasHapus
  54. Slamat sore mba lisdha... sy jg ikut asuransi prudensial tapi syariah (katanya sih sama aja sama yg pruden biasa). Sy sudah ikut pruden ini dr 2013 akhir. Sy bayar 500rb/bln untuk hari tua dan kesehatan (50:50). Tiap bulan sy dikirimkan rekap pembayaran sy dan terakhir klo tidak salah dana sy ada 9jt-an. Jika saya ingin tutup polis kira2 berapa ya yang sy bisa dapat dr pencairan dana tsb? Mohon pencerahannya mba.

    BalasHapus
  55. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  56. Mba sya mau curhat
    Sya ikut asuransi prudential slm 4 thn dr awal thn 2017 sampe kmrn feb 2018sbsar 500rb/bln krn pekerjaan suami yg trun jabatan dn pengeluaran semakin bnyk untuk setor rumah dn bayar sekolah anak sya memutuskan untk cuti dn menarik dna 7juta sbm cuti dn skrg sdh 7bln berlalu sya blm bsa setor asuransi lg dn memutuskn tutup polis dn ternyata kta agen aaldo sya sdh hbs sya kecewa uang sya hilang 20jutaan pdhl slma ni kmi hidup hemat supaya bsa membayar asuransi pendidikan buat anak sya agar anak sya bsa kuliah kedokteran

    BalasHapus

  57. Saya terpaksa ikut polis kerena ketidak tahuan, angsuran sudah berjalan 1x penarikan. Jika saya mengosongkan atm dgn niat untuk berhenti ikut ansuransi tersebut apakah saya akan di denda atau memang bisa berhenti secara otomatis ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mau tanya...saya ikut asuransi pruden sudah mau hampir 6 thn..kenapa saldo bru 16 juta ..saya sudah coba ambil 13 juta itu jg 2 kali ambil karna harus sisa 3 juta...cara itungannya gmn ya??ada ga dsnii yg sudah 10 thn trs uangnya ada yg full...malah dulu katanya bs berlipat2 yaaa keuntungannya..tks sblmnya

      Hapus
  58. Aku teringat jaman kuliah, terniat banget urus2 segala macemnya krn aku waktu itu ga terdaftar di tempat kos. Kalo ga salah sih pertama kalinya nyoblos makanya excited hahaha.

    BalasHapus
  59. Mbak, mau tanya dunk.. proses verifikasi data untuk penutupan polis tuh berapa lama ya ? kemarin saya sudah masukin berkas untuk penutupan polis 1 kel (7 org ). info dari Agennya : verifikasi memakan waktu 1 bulan. apakah benar, mbak ? need help.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pas saya dulu sih infonya 14 hari kerja. mgkin agen kasih spare waktu spy kakak ga memburu2.

      Hapus
  60. Maaf mbak. Saya pemegang polis Prudential juga. Dengan premi 3jt perbulan, dan sudah berjalan 5 tahun. Ketika saya cek, saldo nya hanya 37jt. Apa yg harus saya lakukan ya mbak, mending menutup polis nya atau cuti agar uang nya bisa kembali? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya saya bingung kalau ditanya "apa yg harus saya lakukan", sebab sebuah keputusan sebaiknya ada alasannya. Kalau saya dulu menutup karena sudah ada rencana lain untuk investasi dan juga sudah ada asuransi dari kantor suami. Saya juga paham dan bisa menerima jika akan kehilangan sejumlah uang akibat penutupan polis.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya. Mohon tidak meninggalkan link hidup dalam komentar ya :)