18/02/16

Tips : Memasak Dua Macam Nasi Sekali Klik (Magic Com)

 
 

Setelah tadi posting tips mempercepat masak nasi dengan magic com, sekarang masih nyambung topik seputar magic com. Seperti tertulis di judul, kali ini tips untuk memasak dua macam nasi sekali tekan tombol klik pada magic com. Tips simpel juga, mudah-mudahan bermanfaat.
Cerita dulu latar belakangnya yaaa.... Berdasarkan pemeriksaan laboratorium, gula darah suami saya sudah berada di level warning. Oleh sebab itu, sejak beberapa bulan lalu, pak suami memutuskan untuk mengganti menu nasi putih dengan nasi merah. Ini sebagai salah satu upaya untuk menjaga level gula darah tetap normal. Kalau makan nasi merah kan lebih awet kenyang daripada nasi putih.



Ok deh... kebetulan gampang kok dapetin beras merah. Nggak perlu ke pasar atau swalayan. Di kedai dekat rumah saja ada. Awal-awalnya sih total masak nasi merah untuk orang serumah. Tapi tak sampai lama, saya dan si sulung Al merasa bosan. Yaaah...bagaimanapun kampanye sehat si nasi merah, lidah sudah telanjur sayang sama nasi putih :D. Lagian buat saya nasi merah cuma enak pas baru matang saja (makan pertama). Buat makan kedua dan seterusnya sudah kurang enak. Lebih parah si Al, pernah nggak mau makan gara-gara nggak suka nasinya.

Bisa sih disiasati dengan mencampur beras merah dan beras putih. Lumayan rasanya, nggak setawar kalau 100 persen beras merah. Tapi si ayah jadinya makan nasi putih juga dong...
Masa mesti masak dua kali supaya bisa menyajikan dua macam nasi? Gara-gara itu jadi deh berpikir bagaimana supaya bisa jadi dua macam nasi sekali masak. Coba-coba memfungsikan sarangan plastik berlubang-lubang bawaan magic com. 

Caranya :
1. Lakukan persiapan memasak nasi dengan panci magic com seperti biasa. Terserah kita, yang mau ditaruh panci magic com si beras merah atau beras putih.
2. Ambil panci kecil yang tingginya tak melebihi tinggi sarangan plastik. Saya menggunakan panci rantang. Isi beras yang berbeda  jenis dengan beras di panci. Beri air secukupnya (saya pakai air panas).

3. Masukkan panci disusul sarangan dengan panci kecil isi beras lalu tekan tombol klik. Asal yang atas tidak over air, nanti matangnya barengan kok. Kalau si ayah lagi nggak di rumah, saya gunakan cara ini untuk memasak nasi lembek buat si bungsu El. Tapi ketika saya praktikkan ini buat nasi lembek, masih ada sedikit air. Nggak masalah, karena nasi sudah matang. Kalau dibiarkan tetap di dalam magic com, air akan kesat. Tapi kalau mau cepat, angkat nasi dan kesatkan sebentar menggunakan kompor dengan api kecil.

Dengan cara ini lumayan lebih hemat energi, hemat waktu, dan hemat biaya. Dan ketika menuliskan ini malah jadi terbersit ide untuk memasak nasi putih di bawah dan nasi kuning/lemak di atas. Kapan-kapan mau coba ah...

Update : Bagi yang tidak punya slow cooker atau apapun itu piranti untuk memasak Makanan Pendamping ASI (MPASI) bayi, cara ini juga bisa dicoba lho... buat nasi tim, daging jadi empuk. Tapi kalau mau campur sayuran, masukkan sayuran belakangan ketika nasi sudah mau masak supaya sayur tidak terlalu empuk.


8 komentar:

  1. wah benar ya mbak. baru kepikiran juga hihi... sarangan itu kan aslinya buat ngangetin sayur ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah jarang buat angetin sayur mbak. Dulunya suka buat mpasi :)

      Hapus
  2. Belum pernah nyoba tips masak seperti ini. Perlu dicoba nih :D

    BalasHapus
  3. Wow bisa ya ternyata, Punya saya, yang kayak saringan eh kukusan itu entah sudah di mana -_-

    Btw makasih ya Mbak sudah main eh berkomentar di blog saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mbak mugniar..
      terima kasih juga yaaa untuk kunjungan balasannya :)

      Hapus
  4. Kreatif, eh tapi magic com saya gak ada sarangannya karena bentuknya minimalis banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. punya mbak reni yang ukurannya kecil yaaa?

      btw..makasih ya kunjungannya. kalo mbak reni magic comnya yang minimalis, punya saya blognya yang masih minimalis ha2

      Hapus

Entri Unggulan

Hari-hari Menjelang Akadku

pic : www.sewa-apartemen.net Minggu-minggu ini, aku dan Mas J semakin mendekati hari akad. Jadwal pastinya sih belum ada. Tapi kalau...

Postingan Terpopuler