Pakai Popok Tali Dua Sampai Usia Berapa?



Sepertinya kebanyakan ibu-ibu kenal sama jenis popok satu ini ya... Saya sendiri menyebutnya popok-tali-dua, merujuk adanya dua tali pengikat di sebelah sisi popok. Teman-teman menyebutnya popok apa?




Saya mulai menggunakan popok ini setelah Ale lahir. Iya lah...kalau belum punya bayi, buat apa kain macam gini? Hihihi. Berguna bangeeet buat newborn yang frekuensi pee (pipis) dan pup (buang air besar)-nya masih sering. Walau ada popok sekali pakai (pospak) maupun cloth diaper yang didesain untuk newborn, saya tetap pilih popok tali dua dengan alasan frekuensi pee dan pup tadi. Masih sering pee dan pup, kalau pakai popok sekali pakai jadi banyak sampah. Dan saya itu kok gimanaaaa gitu sama sampah popok sekali pakai. Kalau bisa sih seminimal mungkin memproduksi sampah jenis ini. Sedangkan kalau pakai cloth diaper, ribet nyucinya. Terutama untuk noda pup bayi yang daya lekatnya hebat itu. Kan cloth diaper nggak bisa dicuci seperti kebanyakan kain. Dalam hal noda kuat, cloth diaper nggak bisa pakai sembarang sabun, apalagi pemutih.


Selain itu kulit newborn masih sangat rentan. Walau tidak telat ganti pospak/cloth diaper bisa saja kulitnya terkena ruam. Maka itu untuk bayi baru lahir, bagi saya popok tali dua tetap juara.


Etapi, sampai usia berapa anak dipakaikan popok tali dua?





Dulu pas bayi Ale, si tali dua ini cepet pensiunnya. Seingat saya, begitu dia bisa pakai celana pendek model kacamata (lubang kaki tampak di depan), si tali dua sudah saya masukkan lemari. Jadi kira-kira dia pakai tali dua cuma sampai umur kurang lebih enam bulan. Beda dengan si adek. Elo lebih lama pakai tali dua. Saat saya nulis ini (umur Elo tepat 1 tahun 5 bulan), dia masih saya pakaikan tali dua. Si popok ini saya fungsikan sebagai celana dalam. Berhubung anaknya mungil, jadi si tali dua masih muat-muat saja di body-nya.


Ada nggak sih aturan pakem-nya, sampai usia berapa bayi memakai tali dua?


Kalau di saya, beda anak beda penerapan karena insting saja hahaha. Pengalaman dulu si Ale, tanpa tali dua ketika belum lulus toilet training itu bikin jorok kalau pas pup. Kalau siang hari di rumah, saya memang memilih untuk tidak memakaikan pospak/cloth diaper (kecuali kasus khusus). Berhubung cuma pakai celana pendek yang longgar lubang kakinya dan belum pakai celana dalam, jadi deh kalau pee, pipisnya meluncur sampai lantai/kasur. Lantai basah memperbesar potensi terpeleset bagi si bocah yang ketrampilan jalannya pun masih dalam fase penyempurnaan. Parah lagi kalau pup, kadang fesesnya sampai jatuh. Iiiihhhhhh....


Kok ya dulu nggak kepikiran untuk nggak cepat-cepat memensiunkan si tali dua ya? Sebab, dengan memakaikan tali dua sampai usia sekarang, potensi terpeleset dan kejadian jorok seperti di masa lalu sangat minimal.




Ketika pipis, ada dua lapis kain (yakni kain tali dua dan kain celana) untuk media rembesan si urine. Jadi si urine tidak sampai mbleber ke lantai. Sedangkan ketika pup, feses juga tertahan di kain tali dua yang lekat ke pantat bayi sehingga tidak jatuh-jatuh. Dan kalau pup, melepasnya pun gampil. Tinggal buka ikatannya, lalu lepas. Sempat sih terpikir cari celana dalam buat Elo. Tapi ada nggak sih celana dalam yang ukurannya SSS?


Memang sih, dengan pergerakan bocah yang sudah aktif jalan kesana-kemari, agak ribet memakaikan tali dua ini. Karena ikatannya baru bagus kalau dipakaian dengan posisi bocah telentang dan tenang. Tapi menimbang manfaatnya, rasanya saya belum ingin mengakhiri kerja si tali dua ini.


25 komentar untuk "Pakai Popok Tali Dua Sampai Usia Berapa?"

  1. aku mah cuman 2 minggu, mbak. capek nyucinya *dasar ibu2 pemalas, hehehe...

    BalasHapus
  2. Soalny ada si embah tukang cuci mam audi...kalo ga da mungkin dua minggu doang juga hahahaha

    BalasHapus
  3. Soalny ada si embah tukang cuci mam audi...kalo ga da mungkin dua minggu doang juga hahahaha

    BalasHapus
  4. Aku cuma beberapa minggu aja, langsung pensiun deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti aku agak rekor ya mbak anisa ha2..

      Hapus
    2. Lama juga ya sampe ank bisa jalan masih pake tali 2. Kalo aku paling lama 2bulan

      Hapus
  5. Aku udah mau 3 bulan masih pake, sejak baca ini kya ny mau lbh lama lg pkenya 😀

    BalasHapus
  6. Saya usia 2 minggu udah pake celana kacamata, kalo stok celana kacamata abis baru deh pake popok 2 tali lagi

    BalasHapus
  7. trimakasih tips nya kok sy gk kepikiran sampe situ ya... klo pake si ttali dua buat celana dalam mungkin lebih efektiqF buat nyrerep pipis dn pup nya... bayi sy umur 2 bln msih pake ini poppk ino.

    BalasHapus
  8. Wohoo.. si Tali dua ini banyak juga fungsi dan tugasnya ya Mak. Kalau mak saya dulu popok tali dua ini memang lama dipakai adik sampe 6 bulanan. Tp setelah bisa merangkak, dilapis lagi dgn popok plastik (bentuknya kayak celana, dulu Mak sy dapat kado dr Malaysia) yg bisa dicuci sehingga pup dan pee nggak kemana2.

    BalasHapus
  9. Lagi kepikiran buat beli cloth diaper dan ingin pensiun dr popok tali dua. Tapi baca ini jadi mau lanjut lagi pake popok tali dua nya. Baru pake 5 bulanan :)

    BalasHapus
  10. Lagi kepikiran buat beli cloth diaper dan ingin pensiun dr popok tali dua. Tapi baca ini jadi mau lanjut lagi pake popok tali dua nya. Baru pake 5 bulanan :)

    BalasHapus
  11. Kalo anakku diselig , skrg usia 2 bulan . kalo tiap pagi udah mandi aku pakein popok tali dua sampe jam 10 siang. Udh lwt Jam 10 aku pakein pospak sampe jam 4 sore, berikut ganti kalo udah penuh. Lewat jam 4 udah aku ganti pake tali dua lagi sampe jam 10 malem . Nah lewat jam 10 pake pospak lagi deh ..Yaa begitulaah

    BalasHapus
  12. Umur anak saya baru tiga minggu, sempat kepikiran pensiunkan si tali dua. Emang sih saya selang selingi tali dua sama diapers abisnya kasihan anaknya kalo basah langsung nangis, bentar bentar pipis, terganggu tidurnya.

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah.. ada pencerahan untuk diriku calon ibu :D Tadinya masih bingung, sekarang banyak jenis popok. Curhat dikit.. ^^v Searching2 sana-sini minim banget info tentang popok tali ini, kebanyakan pada pro/rekomend clodi or pospak. Sedangkan insting aku masih pengen banget pake popok tali ini. Cuma bingungnya harus beli berapa dan kepakenya sampe kapan. Karena masih remang2 bayi itu bisa gonta-ganti berapa kali. Kalo nyetok banyak takut mubazir. Tapi sekarang setelah baca ini sudah mantap mau nyetok berapa banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyetok banyak nggak masalah sih bund ^-^..ntar bisa buat adeknya juga :)

      Hapus
  14. Saya beli 18pcs bun, buat sehari semalam alhamdulillah cukup, karena diaper hanya pakai kalau pergi saja

    BalasHapus
  15. kalau saya selang seling ,pakai popok tali dua dan celana kacamata ..nanti jam2 11an keatas baru pake pempers ,biar gak keganggu tidurnya ..dan sekarang sudah mau 3 bulan masih begitu trus

    BalasHapus
  16. Kok saya baca segitu bangak komen, gak ada yg sama kaya saya yaa..
    Saka pake popok 2 tali juga, tp dalemnya saya kasih underpad dewasa yg udh saya potong sesuai ukuran.
    Lumayan 1 potong underpad bisa buat 2x pee. Kalo kena pup tinggal buang underpadnya. Gak usah repot2 nyuci noda pup yg melekat di popok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak beli babypad aja bun? Drpd motongin underpad. Hehe

      Hapus
    2. reuse juga bagus bund :)

      Hapus
    3. Baca komen ternyata banyak yang sama ya mom. Tapi mungkin aku paling jorok kali ya hehe. Setelah belajar 3 bulanan nyuci popok tali, buat ngilangin noda pup bayi selain pakai sabun bayi, pakai matahari ternyata juga bisa lho mom (tapi aku nggak nyaranin kalau mom jijik/khawatir kenapa2 sama bayinya).
      Caranya gini: Jadi kalau adek pup, sesegera mungkin pup nya di semprot air sampai hilang, setelah itu bisa direndam air sabun/ taruh ember saja sambil nunggu popok lainnya. Saat popok sudah lumayan banyak, (kalau aku sekitar 2-6 tergantung frekuensi pup bayi atau disesuaikan jadwal mencuci) cuci dengan cara di sikat/kucek menggunakan detergen. Kalau masih tersisa noda sikat/kucek menggunakan sabun bayi. Bilas sampai air benar2 jernih. Kalau merasa sudah bersih meskipun ada noda kuning, aku biarin aja karna setelah dijemur dibawah matahari noda kuning itu ilang sendiri lho mom. Logikaku (entah benar atau tidak) feses bayi itu mengandung bilirubin, yang hilang kalau terkena sinar matahari, seperti kalau bayi kena penyakit kuning. Tapi entah kebenarannya seperti apa ya mom. Selama ini (bayiku 4 bulan) tiap hari pakai popok tali yang dicuci seperti itu alhamdulillah nggak kenapa2. Tapi kembali lagi ke insting mom masing2 ya, kalau terlihat bayinya kenapa2 segera hentikan cara tersebut 🙏🙏

      Hapus
    4. hallo mom..makasih sharingnya yaaa. sehat2 buat dedek-nya :)

      Hapus

Terima kasih atas kunjungannya. Mohon tidak meninggalkan link hidup dalam komentar ya :)